Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Handphone Tidak Ada Suara

Cara Mengatasi Handphone Tidak Ada Suara

Handphone tidak ada suara, apa penyebabnya? Penyebab hp tidak ada suara memiliki banyak penyebab salah satunya adalah kerusakan hardware yang berhubungan dengan audio hp.

Namun memvonis kerusakan pada sound handphone ada baiknya mencoba berbagai cara untuk melihat dimana letak masalah sehingga menyebabkan tidak adanya suara pada hp.

Cara mengatasi handphone tidak ada suaranya terbilang mudah apabila Anda mengetahui letak masalah audio atau sound pada hp Anda.

Untuk itu pengguna harus mencoba satu persatu atau mencari letak masalahnya supaya penyelesaian dapat dengan mudah dilakukan. Adapun cara untuk mengatasi hp tidak ada suaranya dapat disimak sebagai berikut.

Cara Mengatasi Handphone Tidak Ada Suara

Terdapat beberapa hal yang harus di cek oleh pengguna untuk menemukan masalah pada suara hp, mengapa suaranya tidak muncul. Silahkan ikuti tahapan berikut.

1. Periksa Pengaturan Suara Pada Handphone

Pengaturan suara adalah yang terpenting, siapa tahu suara dalam keadaan mati atau 0% sehingga suara tidak muncul atau beberapa persen sehingga suara tidak kedengaran.

Setelah pengecekan pada pengaturan suara hp dirasa baik-baik saja maka dapat dipastikan masalah sound hp tidak terletak pada pengaturan dasar suara hp.

2. Periksa Pengaturan Suara Pada Aplikasi

Terkadang pengguna lupa atau salah menekan tombol saat menggunakan aplikasi tertentu. Paling sering saat memainkan game, aplikasi game memang menyediakan pengaturan suara untuk aplikasi tersendiri supaya pengguna tidak terganggu dengan suara atau notifikasi dari game oleh karena itu pengguna perlu mengecek suara pada pengaturan aplikasi atau game yang dimainkan.

Apabila menggunakan aplikasi musik dapat timbul suara namun menggunakan aplikasi yang dimainkan seperti game atau sebagainya tidak bersuara maka dapat dipastikan masalahnya terletak pada pengaturan suara aplikasi yang dimainkan.

Baca Juga: Cara Mengirimkaan Aplikasi dari Bluetooth

Pengguna perlu menghidupkan suara pada aplikasi yang dimainkan, biasanya terletak pada pengaturan aplikasi yang dimainkan.

3. Restart Handphone

Reboot hp merupakan langkah yang perlu dicoba, terlebih sebagai pengguna yang tidak pernah mematikan handphonenya dalam jangka waktu yang lama.

Handphone harus sesekali di restart supaya mendapatkan penyegaran dari sistem dan berjalan sebagaimana awalnya operasi dilakukan.

Sebagaimana manusia tidur kemudian bagun dipagi hari. Melakukan restart, apabila masih bermasalah silahkan matikan handphone kemudian hidupkan kembali.

4. Periksa Pengaturan Bluetooth

Handphone yang sering terkoneksikan dengan bluetooth terutama pada earphone yang terkoneksi dengan bluetooth akan mengalami masalah audio hp.

Sangat jarang namun ada saja kasusnya. Penggunaan bluetooth untuk mendengarkan suara handphone sebenarnya tidak memiliki masalah namun terkadang terjadinya bug yang bisa dipulihkan langsung melalui restart.

Baca Juga: Cara Menggunakan Aplikasi Ampere

Kecuali bluetooth secara terus menerus hidup kemudian earphone bluetooth pun sudah dimatikan namun masih terkoneksikan dengan hp maka melakukan restart adalah solusinya.

5. Bersihkan Lubang Earphone

Penggunaan hp yang masih memiliki lubang earphone mungkin akan akan mengalami kasus yang sama yakni earphone sudah dicabut namun logo atau icon earphone masih tampil di hp.

Hal disebabkan kotornya lubang earphone. Langkah yang harus diambil adalah membersihkan lubang earphone sehingga icon earphone tidak muncul lagi di tampilan handphone.

6. Solusi Terakhir Handphone Tidak Ada Suara

Semua cara sudah dilakukan namun belum berhasil maka saran kami silahkan bawa ke teknisi untuk di cek dimana letak masalah sehingga suara hp tidak ada. Apabila terletak pada hardware handphone, solusinya adalah mengganti hardware audio tersebut.

Baca Juga: Cara Menggunakan RDP di Android

Tidak ada cara lain apabila kerusakan terletak pada hardware hp. Untuk kisaran biaya yang harus dikeluarkan kami pun tidak mengetahuinya disebabkan setiap hp memiliki komponen audio yang berbeda-beda dan harga yang berbeda.

Kesimpulan

Cara mengatasi handphone yang tidak ada suaranya adalah dengan mencari letak masalah mengapa suara tidak muncul. Dengan menemukan letak masalahnya maka Anda dapat dengan mudah menemukan solusi dari masalah tersebut.

Akhir dari perjalanan memperbaiki hp yang tidak ada suaranya adalah membawa ke teknisi untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Potong Video Android

Terkadang suara tidak muncul disebabkan ketumpahan air sehingga menimbulkan korosi pada alat elektronik audio di dalam hp yang menyebabkan tidak sampainya arus ke hardware audio. Sekian, terimakasih.

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

4 komentar untuk "Cara Mengatasi Handphone Tidak Ada Suara"

  1. Ilmu penting ini bagi saya yang tidak begitu memahami tentang seluk-beluk HP. Terima kasih banyak ya.

    BalasHapus
  2. Ada pengalaman lucu, pengalaman sy sendiri, ada gambar telpon masuk, saya klik, pas saya jawab halo"tapi ga da kedengeran suara sama sekali,,ga nyadar kalo colokan headset yg kecil masih nyantol di hp,,kebiasaan dengerin lagu tapi colokan ga di lepas🤦,makasih infonya mas

    BalasHapus
  3. Ilmu penting. Mesti cari tahu dulu penyebab tidak ada suara yang keluar. Kalau lagi mainkan musik bisa dicoba dengan pause atau stop sementara musik. Kmudian dinyalakan lagi.

    BalasHapus
  4. Kalau saya punya hape yang tools gambat pesawat tak mau mati
    terimakasih sudah berbagi ilmu, semoga hape saya dalam kondisi baik baik terus

    BalasHapus