Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Laptop lemot memiliki banyak faktor mengapa laptop bisa lemot. Untuk cara mengatasi laptop lemot pun cukup beragam. Cara yang tepat untuk mengatasi laptop lemot adalah dengan mengetahui masalah sebenarnya yang menyebabkan laptop lemot.

Pengetahuan akan komputer atau laptop itu sendiri cukup penting terlebih di era saat ini perkembangan software aplikasi desktop cukup berkembanga maka user harus beradaptasi dengan mengugrade beberapa komponen yang dirasa sudah usang untuk digunakan pada saat ini.

Tidak semua laptop dapat diupgrade komponen, terdapat komponen yang tidak sesuai atau tidak terdapat pembaharuan dan sebagainya.

Namun kali ini Kami hanya memberikan solusi dari hal-hal sederhana yang membuat laptop lemot dan cara tepat untuk mengatasinya.

Untuk cara mengatasi laptop kentang yang lemot silahkan simak ulasan dibawah.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Untuk mengatasi laptop yang lemot terdapat beberapa faktor yang harus diketahui oleh pengguna sebelum mengikuti beberapa langkah dibawah, silahkan disimak.

Spesifikasi Laptop

Spek laptop sangat mempengaruhi kinerja dari laptop itu sendiri. Apabila menggunakan laptop untuk kegiatan ringan maka laptop akan berjalan lancar-lancar saja namun untuk menjalan kegiatan berat seperti edit video atau foto dengan menggunakan aplikasi yang cukup berat maka laptop-pun akan terasa lambat atau lemot. 

Baca Juga: Cara Menghapus Aplikasi Startup "Program" di Taks Manager

Pertama yang harus diperhatikan adalah spesifikasi yang digunakan pada laptop Anda sebelum menggunakan berbagai aplikasi untuk dijalankan.

Laptop Kentang

Laptop dengan spesifikasi rendah sudah seharusnya sadar diri untuk tidak menggunakan aplikasi berat. Melakukan optimasi rutin supaya mendapatkan kecepatan baca, bukan dan lainnya cukup lancar. Menggunakan aplikasi berat sama saja membuat kinerja laptop harus bekerja ekstra dan tidak akan mampu menjalankannya.

Terdapat cara untuk mengatasi laptop lemot adalah dengan meringankan icon yang digunakan. 

Windows biasanya akan memberikan icon atau fitur terbaik setelah windows diinstal ulang maka dari itu pengguna harus menyesuaikannya supaya mendapatkan icon,pindah satu aplikasi ke aplikasinya lebih ringan.

Namun kami tidak akan mengulas panjang lebar mainkan langsung memberikan satu pranala untuk Anda, silahkan dipraktekkan XX.

Cara tersebut selalu Kami praktekkan untuk laptop kentang supaya mendapatkan performa terbaiknya. Tidak harus bekerja ekstra untuk tampilan bagus namun menyesuaikan saja. Sederhana tetapi masih berjalan dengan lancar.

Upgrade Komponen Laptop

Laptop yang lemot sudah seharusnya diganti dengan yang baru namun untuk mendapat performa yang lancar tidak harus mengganti semuanya. salah satu diantaranya yang harus diganti adalah memori internal. Apabila masih menggunakan harddisk sebagai memori internal sudah seharusnya beralih kepada ssd. Kecepatan hardisk dan ssd terpaut jauh, oleh karena itu pengguna yang laptopnya lemot sudah seharusnya mengganti kepada SSD.

Selain itu pengguna juga harus mengupgrade yang namanya RAM, apabila masih menggunakan RAM 2gb tingkatkan jadi 4gb, apabila masih lemot tingkatkan jadi 8gb. Untuk penggunaan sehari-hari tanpa memainkan game RAM 8gb sudah sangat cukup.

Menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas dan beberapa pekerjaan seperti menulis atau kegiatan yang ringan maka upgrade ram tidak harus terlalu tinggi. mengapa demikian? karena tidak digunakan segitu banyaknya.

Baca Juga: Cara Mengganti Bahasa Di Laptop Windows 10

Apabila ram diupgrade untuk memainkan game, pengguna harus mengupgrade sekaligus prosesornya dan tidak semua laptop support untuk upgrade processor.

Optimasi Performance

Salah satu cara supaya laptop agak-agak fresh saat dibuka. Caranya dengan tekan tombol ctrl+shift+esc kemudian klik bagian performance. Apabila pada up time CPU terlalu tinggi maka kedepannya pengguna mematikan laptop dengan menekan tombol shift kemudian klik shutdown supaya laptop benar-benar mati.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Format JPG dan PNG

Apabila tidak dilakukan laptop masuk mode sleep walaupun bukan masuk mode sleep sebenarnya. Laptop bekerja demikian supaya pengguna saat membukanya kembali lebih cepat tanpa memakan banyak waktu tetapi jika sudah melebihi batas waktu laptop juga akan lemot.

Kesimpulan

Untuk cara mengatasi laptop lemot dapat dilakukan dengan optimasi software tanpa harus melakukan upgrade komponen laptop.

Cara yang paling benar adalah dengan mengupgrade beberapa komponen yang dirasa penting seperti beralih kepada ssd dan mengupgrade ram.

Virus juga termasuk kepada salah satu penyebab yang membuat laptop menjadi lemot.

Penggunaan antivirus juga berguna untuk mengatasi laptop lemot, cukup gunakan antivirus bawaan laptop tanpa harus menggunakan antivirus pihak ketiga.

Baca Juga: Cara Mengatasi Layar Berkedip Saat Main Game di Windows

Boleh digunakan antivirus pihak ketiga dengan catatan antivirus tersebut merupakan antivirus premium. Sekian, terimakasih.


Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Laptop Lemot"