Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Cara Melihat Spesifikasi Laptop Dengan Mudah

3 Cara Melihat Spesifikasi Laptop Dengan Mudah

Terlalu lama memegang sebuah laptop yang lancar-lancar saja tanpa adanya hambatan membuat pengguna penasaran mengenai spesifikasi laptop yang dimilikinya. Lantas bagaimana cara melihat spek laptop?

Laptop sendiri memiliki spesifikasi berbeda-beda di setiap perangkatnya. Laptop memiliki ragam varian spesifikasi untuk menunjang aktivitas Anda. Sama seperti hp yang memiliki spesifikasi yang beragam. Tentu dengan ragamnya spek maka harga-pun bervariasi di pasaran.

Mulai dari harga low entry hingga level tertinggi yang memiliki harga cukup tinggi. Melihat kelangkaan hardware seperti chipset yang dapat mempengaruhi harga dari laptop atau perangkat elektronik lainnya.

Jika Anda cermat memperhatikan penjualan handphone dengan spesifikasi tinggi dengan harga yang murah beredar di toko online maka dapat disimpulkan bahwa hp tersebut adalah hp gadungan, haha.. Hp yang jual murah dengan iming-iming spek tinggi namun perangkat yang dibeli tidak sesuai dengan keterangan yang diberikan oleh toko online yang menjualnya.

Baca Juga: Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Pada Excel Tanpa Rumus

Maraknya kejadian tersebut maka diperlukan pengecekan mendalam dengan menggunakan berbagai aplikasi supaya mengetahui spek sebenarnya dari hp tersebut. Kejadian di atas juga berlaku kepada perangkat Laptop.

Untuk saat ini laptop memang jarang ada yang memalsukan barang namun kemungkinannya tetap ada yakni dengan harga miring namun kualitas oke. Untuk mengetahui spek laptop simak ulasan di bawah ini.

1. Cara Melihat Spesifikasi Laptop

  • Untuk melihat spesifikasi laptop Anda dapat menggunakan command berikut
  • Pertama tekan Logo Windows pada Keyboard dan R, singkatnya Win + R.
  • Kemudian masukkan kata dxdiag
  • Maka akan muncul spesifikasi laptop yang sedang Anda gunakan
3 Cara Melihat Spesifikasi Laptop Dengan Mudah
  • Selesai.

Cara pertama terlalu mudah untuk dipraktekkan ternyata ada cara lain namun memiliki keterangan atau spesifikasi tidak kalah lengkap simak ulasan berikut.

2. Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Menggunakan CPU Z

  • Pertama pasang dulu aplikasi CPU Z
  • Anda dapat memilikinya melalui google pencarian atau bing sekalipun
  • Setelah dipasang kemudian buka aplikasi tersebut
  • Maka spesifikasi laptop Anda akan terpampang dengan jelas dan rapi.
  • Selesai.

Cara diatas adalah cara apabila Anda sudah memiliki laptop atau sedang mengoperasikan laptop. Lantas bagaimana cara mengetahui spesifikasi laptop yang belum dimiliki atau hanya sekedar tau namanya saja.

Mengetahui namanya saja contoh Asus maka merek laptop asus memiliki avrian yang sangat banyak dengan kode di depannya. Sebaiknya Anda juga mengetahui kode didepan merek laptop yang Anda maksud supaya memudahkan dalam pencarian nantinya.

Baca Juga: Cara Membuka Banyak Akun Mozilla Firefox Terbaru

Memang terdapat cara untuk laptop yang Anda sendiri hanya mengetahui nama tanpa kode di depan maupun belakangnya. Berikut cara mengetahui spek laptop yang belum dimiliki.

3. Cara Mengetahui Detail Spesifikasi Laptop Dengan Mereknya Saja

  • Cara ini tidak akan selalu berhasil disebabkan updatenya situs resmi dari merek laptop yang anda cari.
  • Pertama buka laman resmi laptop anda. Caranya ketik di pencarian baik bing atau google dengan merek laptop yang akan dicari speknya
  • Sebagai contoh Asus kemudian masuk ke laman resmi situsnya
  • Kemudian klik product. Biasanya laman resminya akn selalu mengikutsertakan menu laptop atau gadget.
  • Setelah itu cari laptop yang spesifikasi yang Anda inginkan.
  • Selesai

Mencari melalui halaman resmi merek sebuah laptop pastinya memiliki hambatan disebabkan banyak produk yang dijual sehingga untuk menemukan laptop yang sudah dilihat sebelumnya akan sedikit sulit namun itu sangat membantu daripada mencari di situs lain. 

Terkadang pada situs resminya untuk laptop jadul atau produk yang sudah tidak dijual tidak lagi ditampilkan. lagi-lagi bagi pengguna perlu mengetahui kode dari laptop yang dicarinya.

Baca Juga: Cara Memperbesar Volume Suara Youtube di Laptop

Beda cerita jika brand laptop masih baru yakni masih mengeluarkan satu dua laptop. Jika demikian maka untuk menemukan laptop yang anda cari akan sangat mudah.

Kesimpulan

Terdapat dua maksud dari mencari spesifikasi laptop, pertama laptop yang sudah ada ditangan pengguna, kedua pengguna yang mencari laptop namun hanya mengetahui mereknya saja yakni tidak mengetahui nama lengkap dari laptop tersebut. 

Jika mengetahui nama lengkap dari sebuah laptop maka sangat mudah ditemukan untuk spesifikasi detail dari laptopnya. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Layar Berkedip Saat Main Game di Windows

Perlu diingat kembali bahwa merek laptop yang tidak terkenal perlu anda cek-cek lagi sebelum membelinya terutama membeli di toko online untuk meminimalisir ekspektasi yang terlalu tinggi terhadap produk dengan harga miring tetapi menginginkan kualitas dan jeroan yang oke. Sekian, terimakasih.

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "3 Cara Melihat Spesifikasi Laptop Dengan Mudah"