Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Layar Berkedip Saat Main Game di Windows

Cara Mengatasi Layar Berkedip Saat Main Game di Windows

Cara Mengatasi Layar Berkedip Saat Main Game di Windows - Masalah layar berkedip saat main hanya terjadi pada beberapa game saja namun masalah tersebut bisa saja terjadi pada semua aplikasi yang dijalankan. Umumnya hanya terjadi pada game yang sedang dijalankan. 

Sebagai contoh memainkan game NFS versi jadul yang memungkinkan penggunanya menjalankan game tersebut dengan lancar tanpa adanya hambatan. Mengingat spesifikasi PC untuk menjalankan game tersebut terpenuhi. Sebagian besar permasalahan layar kedip terjadi akibat driver yang tidak diupdate secara berskala.

Selain driver sebenarnya ada satu hal yang dilupakan saat menjalankan baik game ataupun aplikasi lainnya yang mengalami layar kedip. Adapun settingan yang harus dilakukan tersebut (harisdiscussion) tidak memahaminya secara detail, ikuti aja dah, hehe..

Sebelum mempelajari cara mengatasi layar berkedip saat main game di Windows ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut:

Perhatikan Sebelum Jalankan Tutorial Mengatasi Layar Berkedip Saat Main Game di Windows Sesungguhnya

Driver

Permasalahan diatas dapat diatasi dengan mudah jika driver sudah di-update. Versi terbaru dari driver akan mempengaruhi layar saat digunakan untuk menjalankan aplikasi. Lantas driver apa yang harus di update? jawabannya yaitu driver display. Untuk caranya cukup klik kanan pada windows pilih Device Manager klik 2x pada Display Adapters lalu Klik kanan pada opsi dibawahnya seperti Intel(R) HD Graphics Family pilih update driver. Selesai. 

Diatas merupakan salah satu cara untuk mengetahui driver display paling baru silahkan cek langsung di situs merk PC/laptop. Jika merasa kesusahan silahkan gunakan pihak ketiga untuk mengeceknya dan pastikandari situs resmi.

Baca Juga: 4 Permasalahan .Net Framework dan Solusinya

Spesifikasi Perangkat

Selain driver yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi yang Anda gunakan untuk menjalankan game atau aplikasi. Jika spesifikasi belum mencukupi rekomendasi yang disarankan untuk menjalan game tersebut maka kemungkinan besar permasalahannya di spesifikasi yang belum mencukupi. Solusinya upgrade hardware. Adapun spesifikasi terpenuhi untuk menjalankan game namun masih saja mengalami layar berkedip saat bermain game maka solusi satu-satunya yang harus dilakukan ada di bawah ini, silahkan disimak:

Cara Mengatasi Layar Berkedip Saat Main Game di Windows

  • Klik Kanan pada shortcut kamudian klik Open File Location (hingga menemukan tempat asal aplikasi/game tersebut)
  • Klik kanan pada game (bukan shortcut) yang berasal dari tempat asalnya (C:\Program Files (x86\NSF blblabla) kemudian pilih Properties 
  • Lalu pilih Compatibilty lalu centang Disable Fullscreen Optimizations 
Cara Mengatasi Layar Berkedip Saat Main Game di Windows
  • Klik Apply dan klik OK
  • Selesai.

Setelah centang Disable Fullscreen Optimizations game siap untuk dimainkan. Kedap kedip layar saat game dijalankan sudah hilang. Permasalahan utama terjadinya kedap-kedip selain dari driver yang tidak diperbaharui Kami sendiri belum mengetahui secara rinci. Menyatakan driver penyebab terjadinya kedip-kedip juga bukan karena driver sudah diperbaharui. 

Kedip-kedip saat Main Game

Kedipan sepersekian detik yang berlangsung terus menerus akan mengganggu pengguna, terlebih pengguna yang memainkan game perang atau game lainnya yang membutuhkan fokus ekstra. Cara diatas dapat dilakukan dengan mudah tanpa membutuhkan bantuan dari pihak ketiga. 

Baca Juga: AddOns Chrome Untuk SEO Blogger

Kesimpulan

Cara Mengatasi Layar Berkedip Saat Main Game di Windows dapat dilakukan dengan mudah jika diikuti dengan seksama tanpa ada hal yang dilewati yang membuat masalah baru, hehe.. Oiya driver yang sudah di update jangan lupa PC/laptopnya di restart supaya driver dijalankan dalam versi terbaiknya. Sekian, terima kasih telah berkunjung.

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Layar Berkedip Saat Main Game di Windows"