Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Video Menjadi Dokumen

Cara Membuat Video Menjadi Dokumen

Membuat video menjadi dokumen akhir-akhir ini menjadi mudah disebabkan adanya AI yang membantu memudahkan manusia dalam mengerjakan berbagai tugas.

Namun bahasan ini tidak akan bersinggungan dengan AI melainkan melihat cara lain yang mungkin lebih mudah. Menggunakan alat bantu seperti AI belum sesempurna akal dan tindakan yang dilakukan oleh manusia.

Cara membuat video menjadi dokumen dapat dilakukan dengan dua cara namun cara tersebut akan memakan banyak waktu.

Tidak mengapa supaya Anda mengetahui alurnya sehingga video menjadi dokumen. Adapun pembuat AI juga harus mempelajari alurnya supaya AI dapat di program dengan baik sehingga berjalan dengan semestinya.

Baca Juga: Perbaiki Pembayaran By.U Menggunakan Dana Sebagai Pembayaran Instan

Adapun cara membuat video menjadi dokumen, simak ulasan berikut

Cara Membuat Video Menjadi Dokumen Dengan Layar Tangkap

  • Pertama tonton video yang akan dijadikan dokumen
  • Kemudian Screenshot video yang akan dijadikan dokumen
  • Perlu diperhatikan cara ini hanya bisa untuk video-video yang berisi visual teks. Jika suara maka tidak akan bisa
  • Setelah di screenshot beberapa gambar kemudian buka https://www.pdf2go.com/jpg-to-pdf setelah itu upload lalu lihat hasilnya yakni gambar yang ditangkap sudah dimasukkan atau digabungkan menjadi pdf.
  • Selesai

Apabila video yang berisi teks ingin menjadikan teks sebenarnya yang dapat di copy maka lakukan ocr teks. Setelah di screenshot kemudian masukkan ke halaman berikut https://www.onlineocr.net/ kemudian pilih output Text Plain tunggu hingga proses selesai dan lihat hasil teksnya yang dapat di copy seperti teks pada umumnya. Setelah mendapatkan teks silahkan masuk ke dokumen baik ke word atau lainnya.

Cara Membuat Video Menjadi Dokumen Dengan Audio Teks

  • Apabila video yang dijadikan dokumen berisi suara saja maka ikuti langkah berikut
  • Pertama ubah video tersebut menjadi mp3 melalui halaman https://www.freeconvert.com/convert/video-to-mp3
  • Setelah mendapatkan file audio dari video yang akan diubah menjadi dokumen
  • Selanjutkan masukkan mp3 ke halaman https://www.notta.ai/en/tools/audio-to-text-converter
  • Setelah mendapatkan hasil teks, saatnya memasukkan ke dalam dokumen dan merapikannya. Yakni dimasukkan ke dalam word atau aplikasi office sejenisnya.
  • Selesai.

Demikian dua cara yang dapat Kami sarankan untuk cara membuat video menjadi dokumen.

Kedua cara diatas dapat dilakukan dengan mudah namun membutuhkan waktu yang sedikit lama namun sudah cukup membantu Anda dalam membuat dokumen atau menjadikan teks pada sebuah video.

Baca Juga: Panduan Perpanjang Domain Rumahweb

Perbandingan Video To Teks dengan Audio to Teks

Jika menggunakan video yang berisi visual teks hal tersebut lebih mudah disebabkan teks lebih mudah dikenali oleh bantuan ocr daripada audio yang terkadang developer yang membuat audio to teks bukan berasal dari Indonesia.

Lebih mudah jika video yang akan dijadikan dokumen adalah video berbahasa inggris.

Jika dilihat ulasan diatas seakan-akan banyak yang harus diubah masuk ke halaman ini itu, apakah ada cara lebih mudah? jawabannya ada-ada saja jika Anda ingin mencarinya.

Tetapi apa yang Anda inginkan tersebut adalah alat berbayar yang tidak diberikan secara cuma-cuma oleh banyak developer.

Baca Juga: Operator Robot Telkomsel Whatsapp - Update

Untuk mencari video to text saja membutuhkan login yang membuat pengguna enggan melakukannya dan lebih memilih untuk mengubah format menjadi mp3 supaya dapat melakukan secara langsung tanpa harus daftar menjadi pengguna ada halaman tertentu.

Kesimpulan

Cara membuat video menjadi dokumen terkadang Anda akan mengalami kesulitan namun ikuti saja secara pelan-pelan supaya mendapatkan hasil yang baik.

Perlu diingat hasil dari ocr to teks atau audio to teks tidak akan dideskripsikan secara sempurna melainkan banyak kekurangan di dalamnya.

Baca Juga: Mengunduh Audio No Copyright Milik Youtube

Oleh karena itu Anda tidak dapat langsung meng-copy hasil teks secara mentah-mentah melainkan harus melakukan pengecekan ulang untuk melihat dimana letak kesalahan daripada penerjemahan audio ke teks maupun gambar ke teks. Sekian, terimakasih.


Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Video Menjadi Dokumen"