Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengcovert Dokumen ke Pdf Android

Cara Mengcovert Dokumen ke Pdf Android

Cara mengcovert dokumen ke pdf android - Sebagian android dapat mengubah format dokumen seperti docx langsung ke pdf tetapi tidak semua handphone support atau dapat melakukan convert tersebut.

Tidak semua hp terutama hp low entry dilengkapi fitur tersebut pada tool office. Adapun cara mudah menconvert ke pdf adalah melalui online. Yakni menggunakan bantuan alat online supaya lebih mudah dan praktis.

Menggunakan alat online lebih memudahkan Anda sebagai pengguna daripada harus menggunakan aplikasi tambahan untuk mengubah format menjadi pdf.

Penggunaan aplikasi tambahan ditujukan untuk mengubah format menjadi pdf apabila dokumen yang akan di convert menjadi pdf terlalu banyak. 

Sehingga akan memudahkan. Jika hanya satu dua dokumen yang akan diubah formatnya ke pdf lebih baik menggunakan alat online saja.

Tujuan menconvert ke pdf disebabkan format pdf adalah format baku "bahasa kami" Pdf tidak akan berubah-ubah formatnya apabila dikirim ke orang lain. 

Berbeda dengan format dokumen lain, terkadang malah berantakan karena tidak sesuai versi aplikasi yang digunakan atau beda aplikasi saat membuka dokumen.

Format dokumen pdf sama seperti format lainnya yang memiliki keamanan yakni dapat disisipkan sandi untuk mengamankan dari orang yang tidak perlu melihatnya. 

Selain itu keamanan sandi dokumen pdf juga dapat menolak untuk di copy paste oleh orang yang membacanya. 

Baca Juga: Cara Mengganti Bahasa Aplikasi Start Microsoft

Apabila pembaca ingin meng-copy tulisan pada pdf maka harus ditulis ulang walaupun di convert ke docx tetap tidak akan bisa karena format yang jadi nantinya adalah gambar. Berikut cara menconvert dokumen ke pdf Android.

Cara Mengconvert Dokumen ke Pdf Android

  • Pertama buka chrome kemudian masuk ke website berikut www.zamzar.com/converters/document/pdf/
  • Kemudian lihat pada bagian Convert to PDF
  • Lalu pilih format yang akan diubah formatnya menjadi pdf
  • Sebagai contoh doc ke pdf kemudian klik
Cara Mengcovert Dokumen ke Pdf Android
  • Masukkan file dokumen word dengan choose files
  • Terakhir klik Convert Now dan unduh
  • Selesai.

Demikian cara menconvert pdf di Android. Cara yang amat sederhana dan mudah untuk dilakukan tanpa harus mengeluarkan banyak kuota cukup dengan alat online Anda sudah dapat mengubah format docx ke pdf.

Baca Juga: Cara Mengganti Browser Bawaan Xiaomi

Perlu diketahui bahwa website tersebut menyediakan banyak format untuk convert ke pdf. Cara diatas hanya sebagai contoh anda dapat melihat banyak format yang dapat diubah ke pdf pada bagian Convert to PDF.

Keunggulan dan Kekurangan Format Dokumen PDF

PDF adalah format paling banyak digunakan saat ini terutama untuk mengirim file dokumen yang sudah jadi. 

Untuk anda yang sering mengirim file dokumen lebih baik format word yakni doc diubah terlebih dahulu ke dalam pdf supaya penerima dokumen tidak menerima dokumen yang berantakan yang disebabkan tidak sesuai versi aplikasi word atau beda aplikasi yang digunakan.

Penggunaan format pdf sangat membantu walaupun juga memiliki kekurangan yaitu ukuran file yang terlalu besar. Kualitas yang dihasilkan memang cukup baik untuk dibaca kembali atau disimpan dalam jangka waktu lama.

Ukuran file yang menjadi alasan mengapa pdf masih ada kekurangan. Ukuran file untuk saat ini bukan hambatan yang berarti tetapi masih saja ukuran file masih menjadi tolak ukur mengapa format pdf tidak dikirim dan lebih memilih format doc dan lainnya.

Baca Juga: Panduan Mengganti Email di Mi Akun

Dibalik format pdf yang sukses ternyata ada format yang lebih dari pdf. Jika dinilai dari ukuran file yang di ubah. Format tersebut adalah format djvu, format satu ini akan mengkompres lebih daripada pdf itu sendiri. 

Walaupun format ini tidak didukung oleh banyak aplikasi pembaca dokumen. Cukup disayangkan format file djvu kalah populer dengan format pdf. 

Kami sendiri pernah mengulas tentang format djvu, silahkan dibaca Dokumen Format DjVu di Android

Kesimpulan

Banyaknya cara mengcovert dokumen ke pdf android baik menggunakan aplikasi maupun melalui alat online sama-sama memiliki tujuan yang sama yakni mengubah format dokumen menjadi format pdf. 

Format pdf seringkali dipakai untuk menyimpan dokumen supaya lebih rapi dan tertata saat membukanya kembali. 

Baca Juga: Cara Ampuh Mengganti Lampu Notifikasi Xiaomi

Tidak hanya itu format satu ini banyak digunakan untuk mengirim file dokumen karena format yang tidak akan merusak tata atau struktur yang telah dibuat. 

Pdf masih menjadi format dokumen populer untuk saat ini. Lantas apakah format pdf akan tergantikan oleh format baru nantinya? siapa tahu. Sekian, terimakasih.

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Mengcovert Dokumen ke Pdf Android"