Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatur Spasi di Google Docs

Cara Mengatur Spasi di Google Docs

Spasi merupakan bagian penting dari penulisan terutama penulisan ilmiah disebabkan adanya aturan tertentu yang dibuat supaya terlihat rapi saat dibaca oleh pembaca. Cara mengatur spasi di google docs terbilang mudah hanya saja pengguna yang menggunakan google docs tidak mengetahui penempatan pengaturan spasi tersebut.

Berbeda halnya dengan pengaturan spasi yang terdapat di microsoft word yang mana word sudah sering digunakan oleh orang banyak dan penempatan pengaturan spasi sudah diketahui. Perbedaan tampilan google docs dan microsoft word menjadi salah satu alasan mengapa penempatan aturan spasi dan lainnya tidak diketahui.

Tidak diketahui bukan berarti tidak ada karena baik word maupun google docs tentunya memberikan pengaturan dasar pada aplikasi tulisannya. 

Baca Juga: Cara Memasukkan Pdf ke Word di Laptop

Mengatur spasi di google docs tidak hanya dipakai oleh mereka yang menulis karya ilmiah tetapi juga dipakai oleh orang yang memiliki kerapian dalam penulisan atau mengerti cara menulis yang baik di komputer.

Jika terdapat perbedaan pada satu baris dengan baris lainnya maka akan terlihat berantakan tidak seperti penulisan orang-orang yang menerapkan aturan spasi tersebut. Bisa jadi juga pengaturan spasi diperlukan saat spasi terlalu berdempetan dengan baris lainnya sehingga tidak elok dipandang.

Mengatur spasi memiliki tujuan yang amat sangat baik yakni selain enak dipandang oleh penulis itu sendiri dan juga nyaman dibaca oleh pembaca. 

Mengatur spasi yang merupakan salah satu opsi supaya pembaca nyaman pembaca dimana banyak opsi lainnya yang menjadikan pembaca nyaman dan betah dalam membaca tulisan/artikel.

Baca Juga: Cara Memperbesar Volume Suara Youtube di Laptop

Adapun cara mengatur spasi di google docs dapat diikuti sebagaimana cara dibawah ini.

Cara Mengatur Spasi di Google Docs Dengan Mudah

  • Pertama kunjungi lama google docs https://docs.google.com
  • Kemudian pilih Kosong untuk membuat docs baru
  • Klik Format kemudian klik Jarak Antarbaris dan Antarparagraf (bahasa Indonesia)
  • Kemudian pilih 1,5
Cara Mengatur Spasi di Google Docs
  • Selesai.

Demikian cara mengatur spasi di google docs, cara diatas menggunakan format bahasa Indonesia jadi untuk pengguna yang menggunakan google docs bahasa inggris dapat melakukan hal yang sama hanya saja bahasa yang berbeda untuk penempatan tombol sama saja.

Baca Juga: Cara Mengatasi Layar Berkedip Saat Main Game di Windows

Perbedaan Word dengan Docs

Terdapat perbedaan yang mencolok dari microsoft word maupun google docs terutama pada tampilannya. Walaupun word sudah sangat banyak digunakan oleh masyarakat dunia tetapi google mencoba menyainginya dengan adanya google docs. 

Docs mengusung tampilan yang amat sangat ringan untuk digunakan oleh banyak pengguna terutama pengguna yang memiliki akun google.

Baca Juga: Cara Menghapus Aplikasi Startup "Program" di Taks Manager

Kelebihan Google Docs

Penyederhanaan inilah yang membuat banyak orang menggunakan google docs dibandingkan word dan satu lagi yaitu dokumen docs akan disimpan dalam cloud sedangkan word disimpan dalam komputer atau offline.

Kelebihan dapat disimpan secara online memudahkan sekali untuk sharing dokumen kepada teman yang melihat dokumen yang dibagi tanpa harus mengunduhnya terlebih dulu. 

Microsoft word juga terkadang jika dibagikan dokumen maka dokumen yang terlihat di pembaca lainnya akan berbeda format atau malah format yang menjadi berantakan. Itu disebabkan perbedaan versi dari word itu sendiri.

Baca Juga: Panduan Mengganti Tema Typora

Perlu diketahui bahwa docs tidak selengkap word namun docs sudah memberikan alat-alat dasar untuk menunjang penulisan yang baik dan benar. 

Dengan adanya fitur dikte dan pemeriksaan ejaan tentu docs memiliki kelebihan tersendiri walaupun word juga memiliki hal tersebut.

Kesimpulan

Spasi menjadi hal penting yang harus diperhatikan supaya tidak adanya perbedaan format atau dinilai tidak rapi oleh pembaca atau oleh mereka yang menilai karya ilmiah. 

Dengan mengatur spasi dengan rapi maka pembaca yang membaca juga akan nyaman dengan karya yang dibacanya.

Baca Juga: Cara Menambah Volume di Laptop saat Nonton Film

Walaupun nyamannya pembaca tidak diukur dari format spasi tetapi spasi masih menjadi salah satu dari sekian banyak penentu pembaca nyaman membaca suatu tulisan. Sekian terima kasih.


Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur Spasi di Google Docs"