Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Panduan Mengganti Tema Typora

Panduan Mengganti Tema Typora

Typora merupakan aplikasi tulis menulis menggunakan format markdown (.md). Salah satu format penulisan yang populer di kalangan MAC OS. 

Sepak terjang Typora cukup menarik, haha.. Dulunya Typora adalah aplikasi gratis yang dapat dicoba oleh semua pengguna. 

Typora dapat di operasikan baik MAC maupun Windows, saat ini Typora hanya dapat dinikmati oleh mereka yang membayarnya. 

Banyaknya aplikasi yang menjadi alternatif Notepad Windows, Typora menjadi pilihan terbaik dengan segala kelengkapan fitur yang disediakan. 

Baca Juga: Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Format JPG dan PNG

Lamban laun Typora menjadi aplikasi berbayar dan tak menutup kemungkinan kepada user yang telah mencoba dari versi beta yakni gratis untuk mencoba versi premium. 

Typora mengharuskan usernya untuk beralih premium, jika Anda ingin menggunakan versi beta untuk coba-coba dulu maka hal tersebut tidak dapat dilakukan lagi. 

Typora juga memberikan mode trial untuk penggunanya terutama untuk pengguna baru untuk mendapat experience menggunakan aplikasi buatan mereka. 

Setelah masa trial berakhir pengguna diharuskan untuk membayar. Adapun fokus pembahasan yakni cara mengganti tema Typora.

Baca Juga: Ekstensi Chrome Yang Membuat New Tab Chrome Anda Menarik

Theme Typora memberikan banyak pilihan kepada penjunanya supaya kegiatan tulis menulis tidak membosankan.

Untuk tema yang disediakan oleh Typora cukup beragam bahkan versi terbaru dari Typora memberikan kesempatan kepada pengguna untuk dapat mengkostumisasi sendiri temanya namun menggunakan CSS. 

Penggunaan CSS hanya orang yang memahami bahasa program saja yang dapat melakukannya. Tanpa panjang lebar lebar berikut cara mengubah/mengganti tema di Typora:

Panduan Mengganti Tema Typora

  • Pertama, pergi ke galeri tema typora berikut: 
  • Unduh tema yang disukai
  • Setelah mengunduh, ekstrak temanya.
  • Copy Folder dan file css-nya saja
  • Buka Typora Klik File Kemudian klik Preference
  • Lalu klik Appearance dan klik Open Theme Folder 
Panduan Mengganti Tema Typora
  • Paste-kan file tema yang sudah di copy
  • Close Typora kemudian buka kembali Typora dan klik Themes pada bar menu untuk melihat daftar tema yang sudah ditambahkan
  • Selesai.

Demikian cara mengganti tema typora. Ikuti secara perlahan supaya tidak menemukan error di tengah perjalanan. Setelah mencoba banyak tema dari typora tetap saja menemukan kendala atau masalah saat mengekspor tema untuk digunakan pada aplikasi typora, berikut ulasannya:

Baca Juga: Mengulik Fitur-Fitur Pada Media Player MusicBee

Kendala saat Mengganti Tema Typora

Masalah mengganti tema tidak terletak pada aplikasinya namun pada author pembuat tema tersebut, sebagai contoh Kami mencoba menggunakan tema Notion, setelah mengunduh dan mengekstrak file CSS tidak ditemukan pada foldernya. Oleh karena itu tema notion tidak akan tampil di typora saat pemilihan tema. 

Selain Notion Kami tidak menemukan kendala, tema yang diunduh sesuai format dengan tema-tema lainnya. Jika Ada menemukan solusi dari permasalahan yang Kami utarakan silahkan beri solusi di komentar. 

Baca Juga: Tempat Mencari Music Bebas Hak Cipta

Keunggulan Typora

Typora memiliki keunggulan pada temanya bahkan lebih dari itu. Namun Kami hanya memerlukan tampilan yang berbeda dari Notepad walaupun Typora memberikan fitur yang belum kami ulik sepenuhnya. 

Salah satu alternatif Notepad Windows terbaik jatuh kepada Typora walaupun berbayar, setidaknya memberikan pengalaman menulis yang berbeda dibandingkan menggunakan Notepad polos ataupun menggunakan Microsoft Word yang membosankan, haha.. 

Kembali lagi kepada pengguna masing-masing, selain Typora banyak aplikasi serupa yang memberikan pengalaman menulis mirip-mirip dengan Typora dan aplikasi tersebut gratis.

Baca Juga: Cara Screenshot Fullpage di Semua Browser Pc

Alternatif Typora lain kali akan Kami bahas. Sejauh penggunaan Typora, aplikasi satu ini juga memiliki kekurangan yakni format md. Tulisan format md saat di copy formatnya akan ikut terbawa oleh karena itu Notepad bawaan Windows masih digunakan untuk menghilangkan format .md seperti # untuk H1 dan lainnya. Selebihnya Typora merupakan aplikasi tulis menulis yang nyaman. 

Sebelumnya Kami telah mengulas alternatif untuk mengganti Notepad bawaan Windows, silahkan dibaca untuk menambah referensi Alternatif Notepad, Selain Notepad Bawaan Windows

Kesimpulan

Panduan mengganti tema typora bertujuan untuk memberikan pengalaman lebih baru dari menulis yakni tidak menggunakan tema gelap ataupun terang selalu namun memberikan gaya tulisan dan format tulisan baru sehingga menulispun ikut terpacu. Sekian, terima kasih telah berkunjung.



Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Panduan Mengganti Tema Typora"