Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Cek Typo di Google Docs

Cara Cek Typo di Google Docs

Typo atau kesalahan dalam penulisan tepatnya pengetikan. Penulisan jarang sekali typo melainkan bacaan yang tidak terbaca saja sehingga terjadinya kesalahan. 

Google docs menyematkan fitur cek typo pada office worknya. Untuk caranya sendiri tergolong mudah untuk dilakukan cukup dengan menulis panjang lebar atau menempelkan tulisan yang sudah diketik kemudian di cek melalui google docs.

Cara cek typo di google docs mudah dilakukan apabila internet berjalan dengan lancar berbeda dengan menggunakan aplikasi microsoft yang mana fitur pengecekan typo sudah bisa dimanfaatkan tanpa adanya bantuan internet. Jadi bagus mana punya microsoft atau punya google? 

Sama-sama bagus tergantung pengguna nyaman menggunakan yang mana. Pembahasan ini hanya fokus pada pengecekan typo yang dilakukan pada google docs. Untuk pengecekan typo pada microsoft word lain kali akan Kami bahas.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Kuota Gratis Telkomsel

Adapun cara cepat cek typo di google docs simak ulasan di bawah

Cara Cek Typo di Google Docs

  • Pertama buka google dokumen
  • Cepatnya akses pranala berikut https://docs.google.com/document/u/0/
  • Kemudian klik dokumen kosong
  • Anda dapat langsung mengetik di pada dokumen kosong tersebut atau menempelkan tulisan yang sudah ditulis sebelumnya
  • Kemudian lihat menu yang bertuliskan Alat kemudian klik
  • Setelah itu Klik Ejaan dan tata bahasa lalu klik Pemeriksaan ejaan dan tata bahasa
  • Selesai

Perlu dicatat sedikit untuk mengecek typo bahasa Indonesia pastikan google docs berbahasa Indonesia, cara klik File Kemudian Klik Bahasa Lalu pilih Bahasa Indonesia. Selesai.

Itulah cepat cepat pengecekan typo melalui google docs. Google docs lebih baik digunakan menggunakan browser bawaannya seperti browser chrome. Mengapa demikian? supaya fitur yang terdapat pada google docs dapat keluar semua atau tidak ada yang dihambat oleh google itu sendiri.

Entah dihambat tidaknya, melihat pada artikel sebelumnya sepertinya google kurang suka dengan browser lain, haha.. Itu masih menjadi misteri.

Keunggulan Melakukan Pengecekan typo di google docs adalah kosa kata yang sudah dipercaya. Kebanyakan masyarakat Indonesia mengecek typo malah melalui google pencarian. 

Google sendiri merikan saran untuk menggunakan kata yang tepat pada penulisan penggunanya supaya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan KBBI.

Keunggulan lainnya adalah google docs dapat diakses baik melalui handphone maupun melalui desktop. 

Baca Juga: Cara Mengubah Doc Menjadi Pdf di HP dan Laptop

Melalui handphone sekalipun google docs dapat diakses dengan mudah menggunakan browser chrome dengan mode desktop. 

Penggunaan mode seluler tidak disarankan karena akan mengganggu proses atau tampilan yang kecil saat ditampilkan bahan tidak dapat ditampilkan secara baik oleh chrome itu sendiri. Menggunakan mode desktop pada chrome mobile adalah solusi untuk mengecek typo pada google docs.

Caranya sendiri masih sama dengan apa yang Kami ulas diatas. Silahkan mencoba dan praktekkan semoga tidak ada lagi typo-typo saat menulis.

Tujuan Pengecekan Typo Pada Tulisan

Tujuannya sangat beragam salah satunya penulisan karya ilmiah, seharusnya dalam penulisan karya ilmiah penulis sudah memperhatikan tulisannya sebelum melakukan pengecekan ulang. Tujuan lainnya adalah mengecek typo pada tugas yang diberikan supaya terlebih lebih rapi dan profesional.

Menggunakan bahasa Indonesia sesuai kaidah KBBI akan terlebih lebih daripada menggunakan bahasa indonesia yang tidak sesuai dan banyak kesalahan dalam pengetikan. 

Baca Juga: Cara Scan Barcode Semua Tipe HP

Kesalahan dalam pengetikan sendiri bisa disalah artikan terutama jika terdapat pada dokumen penting ataupun pada pres rilis.

Kesimpulan

Cara cek typo di google docs dapat dilakukan dengan mudah dengan stabilnya internet dan memperhatikan bahasa yang digunakan saat melakukan pengecekan typo di google docs.

Baca Juga: Cara Membuat Video Menjadi Dokumen

Selain google pengecekan typo sangat banyak tool online lainnya dan microsoft word sendiri juga menyediakan hal serupa supaya pengguna mudah dalam memperbaiki kesalahan pengetikan. Sekian, terimakasih. 


Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Typo di Google Docs"