Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengetahui Cakupan Jaringan 4G Plus di Tempat Asal

Mengetahui Cakupan Jaringan 4G Plus di Tempat Asal

4G+ merupakan salah satu jaringan paling tinggi di indonesia yang sudah dapat dinikmati namun untuk mengaktifkan jaringan 4g maka harus mengetahui apakah jaringan 4G+ mencakup wilayah Anda atau tidak. Jika tidak maka 4G+ tidak dapat diaktifkan

Jika memaksa 4G+ tetap diaktifkan maka jaringan sinyal internet tidak akan muncul. Untuk pembahasan lengkap tentang pengaktifan 4G+ sudah Kami bahas melalui artikel berikut: Cara Mengaktifkan 4G Plus Android dan Cara Mudah Lock 4G Xiaomi Semua Tipe

Lantas apa tujuan mengetahui cakupan 4G+ di wilayah sendiri? tujuannya supaya 4G+ dimaksimalkan. Mengapa demikian? Apabila gadget yang Anda gunakan tidak mengaktifkan jaringan terbaik yaitu 4G+ yang memang mencakupi wilayah tempat asal maka amat disayangkan.

Berbeda cerita apabila gadget Anda tidak support dengan jaringan 4G+. Sebelumnya untuk mengetahui apakah gadget yang Anda gunakan support dengan 4G+, Anda dapat menanyakan di forum-forum facebook atau lainnya. Bisa juga mencarinya di internet.

Perbedaan Menggunakan 4G biasa dengan 4G Plus

4G Biasa tentu memiliki kelebihan tersendiri yaitu cakupan yang lebih luas, apalagi saat ini jaringan 3g sudah mulai dihilangkan dari beberapa wilayah. Kecepatan yang dihasilkan oleh 4G biasa tentu tidak secepat 4G+ yang memiliki kecepatan diatasnya. Menggunakan 4G biasa seharusnya sudah mencukupi kestabilan jelajah internet tanpa adanya hambatan yang berarti.

Namun ada juga yang masih memiliki hambatan walaupun menggunakan 4G biasanya, itu kembali lagi kepada provider yang digunakan dan cakupan jaringan dari provider masing-masing.

Mengetahui cakupan 4G+ adalah untuk memaksimalkan apa yang telah disediakan oleh provider itu sendiri. Apabila jaringan 4G+ mencakupi wilayah tempat asal maka sebagai pengguna yang memiliki gadget yang support dengan hal itu sudah seharusnya mengaktifkan. 

Baca Juga: 5 Aplikasi Terbaik Untuk Kompres JPG

4G+ menjadi sangat cepat daripada jaringan dibawahnya salah satunya disebabkan oleh masih tidak banyaknya pengguna yang menggunakan jaringan tersebut walaupun 4G+ dinilai cukup cepat dalam transmisi data.

Banyak tidaknya pengguna yang menggunakan 4G+ dinilai tidak berpengaruh pada kecepatan tetapi bagi Kami banyak tidaknya orang yang menggunakan jaringan 4G+ tetap memberikan pengaruh walaupun amat sangat kecil.

Sebagai contoh yaitu menggunakan jaringan yang sama pada jam-jam sibuk pasti kecepatan yang dihasilkan akan turun daripada jam-jam senggang atau larut malam.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Ukuran Foto Online Tanpa Mengurangi Kualitas

Berikut cara mengetahui cakupan jaringan 4G+ yang sudah masuk wilayah Anda atau belum:

Cara Mengetahui Cakupan Jaringan 4G Plus di Tempat Tinggal

  • Pertama mengakses website penyedia maps www.nperf.com/id/map/ID/-/-/signal/
  • Kedua pilih negara dan operator, disini Kami memilih Telkomsel
  • Ketiga lihatlah peta wilayah Anda dengan cakupan jaringan 4G+
Mengetahui Cakupan Jaringan 4G Plus di Tempat Asal
  • Selesai.

Selain cakupan jaringan situs Nperf juga memberikan bitrate unduhan, Anda dapat melihatnya disamping pilihan cakupan jaringan. Terdapat beberapa logo di bawah peta yang memberikan informasi bahwa tidak ada jaringan logo silang, 2g warna biru, 3g hijau, 4g oren, 4g+ merah, dan 5g ungu.

Logo tersebut akan sangat membantu Anda dalam melihat wilayah Anda apakah mencakup dengan jaringan 4G Plus atau tidak.

Baca Juga: Solusi The requested URL was rejected Telkomsel

Penting Tidaknya Mengetahui Cakupan 4G Plus Daerah Sendiri

Penting bagi Anda penikmat atau penyuka internet berkecepatan tinggi dan ingin melihat infrastruktur yang telah dibangun di daerah yang tidak terdengar informasinya.

Kedua menjadi penting disaat 4G Plus terdapat di wilayah Anda namun smartphone yang digunakan tidak support mode switch. Switch mode yaitu apabila hp menerima jenis jaringan lebih baik dari sebelumnya dengan otomatis hp tersebut akan memilih jaringan terbaik.

Oleh karena itu sebagai pengguna ada yang mencari tau tentang cakupan 4G Plus di daerah untuk memaksimalkan kecepatan internet. Seharusnya menggunakan 4G Plus akan lebih stabil daripada menggunakan 4G biasa.

Baca Juga: Panduan Perpanjang Domain Rumahweb

Perlu diketahui juga bahwa 4G Plus masih belum menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Masih dalam proses perluasan jaringan, untuk itu harap bersabar. Jika ingin mencobanya diharuskan untuk mendatangi kota-kota besar atau tempat yang memang sudah mencakup 4G Plus.

Memaksa jaringan 4G Plus dengan lock band atau sejenisnya merupakan tindakan yang tidak tepat apabila jaringan 4G Plus tidak mencakupi wilayah Anda yang ada malah jaringan yang dikunci tidak akan muncul.

Kesimpulan

Mengetahui cakupan 4G Plus di tempat asal merupakan hal yang baik untuk menikmati infrastruktur yang telah dibangun. Bagi sebagian hp yang sudah ada mode switch akan lebih mudah tanpa harus mengecek cakupan 4G Plus di daerahnya.

Baca Juga: Cara Nonton TV di HP Tahun 2023

Untuk hp yang tidak memiliki mode switch namun mencakupi 4g+ maka mode kunci jaringan adalah pilihan yang tepat. Sekian, terimakasih.

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Mengetahui Cakupan Jaringan 4G Plus di Tempat Asal"