Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Online Tanpa Mengurangi Kualitas

cara perkecil ukuran foto tanpa mengurangi kualitas foto

Perkecil ukuran foto, mengurangi ukuran foto namun hasilnya harus tetap bagus sebagaimana foto tersebut di tangkap. 

Hal tersebut bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Perlu diingat bahwa kecilkan ukuran foto sudah pasti mengurangi kualitas dari foto itu sendiri. Walaupun sekilas dari yang dilihat tidak mengurangi kualitas.

Lantas mengapa banyak orang yang kompres ukuran foto? Pertama disebabkan oleh konektivitas internet yang tidak memadai untuk mengunggah foto dengan ukuran besar. Mengurangi ukuran foto adalah salah satu jalan terbaik untuk ditempuh. 

Kedua memenuhi ruang memori hp. Menggunakan hp dengan spesifikasi tinggi sekalipun akhirnya juga akan penuh apalagi yang menggunakan hp spek rendah dengan storage kecil 32gb. Perkecil ukuran foto dapat membantu ruang memori mendapatkan space foto lebih banyak. 

Baca Juga: Cara Masuk Instagram Tanpa Kata Sandi

Ketiga kompres foto dilakukan supaya akses pembaca di situs yang dikelolanya lebih cepat. Dengan mengkompres foto dengan ukuran kecil namun masih bisa dibaca maka loading website akan lebih ringan terutama kepada pengguna dengan internet yang kurang memadai.

Adapun cara mengecilkan ukuran foto online tanpa mengurangi kualitas foto itu sendiri terdapat pada aspek penglihatan dan device yang digunakan untuk melihat foto yang di kompres. Sebagai contoh ukuran foto persegi memiliki 5000x5000px dengan ukuran file 7mb. 

Tentu ukuran foto tersebut sangat besar untuk dilihat pada hp dengan spek kentang. Untuk kegunaan foto itu sendiri akan berbeda-beda. Jika foto tersebut adalah banner maka jelas ukuran file fotonya akan besar supaya hasil printing jelas dan tidak pecah-pecah. 

Apabila foto dengan ukuran 7 mb dilihat pada hp kentang terkadang hp spek rendah tidak mampu memproses gambar tersebut. Oleh karena itu perkecil ukuran foto sangat diperlukan.

Dengan mengubah ukuran foto dari 7 mb menjadi 2 mb maka foto saat dilihat jelas tidak ada perbedaan yang signifikan tetapi dalam dunia foto jelas itu adalah pengurangan yang besar. 

Baca Juga: Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100kb

Dampak terbesar disaat dibandingkan pada proses pengeditan. Foto dengan ukuran file 7mb memiliki akurasi cahaya lebih baik untuk memproses fotonya karena file 7mb masih menyimpan data lebih banyak dibandingkan foto yang sudah di kompres. Berikut cara mengecilkan ukuran foto online tanpa mengurangi kualitas:

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Online Tanpa Mengurangi Kualitas

  • Pertama buka pranala berikut: onlineimagetool.com/id/compress-png-jpg-webp-gif
  • Unggah foto yang akan dikompres
  • Kemudian tunggu proses kompres foto online hingga selesai
  • Terakhir klik unduh untuk menyimpannya
  • Selesai.

Langkah mengecilkan ukuran foto online tanpa mengurangi kualitas dapat dilakukan baik di laptop maupun di hp. Situs dapat dijangkau dengan leluasa baik di desktop atau di hp. 

Baca Juga: Mengunduh Audio No Copyright Milik Youtube

Jika mengalami kendala saat mengoperasikan tatacara diatas menggunakan hp, saran kami gunakan browser chrome dan aktifkan tampilan desktop.

Tujuan Mengecilkan ukuran Foto Online Tanpa Mengurangi Kualitas

  • Menggunakan website akan lebih mudah dioperasikan
  • Banyaknya pilihan website yang dapat dijadikan acuan
  • Tidak Menguras Kuota walaupun untuk mengkompres foto dalam skala banyak sama saja

Kesimpulan

Cara mengecilkan ukuran foto online tanpa mengurangi kualitas dapat dijadikan acuan sebagai salah satu cara untuk mengurangi memori hp yang selalu penuh dengan menyimpan foto dari hasil jepretan kamera. 

Baca Juga: Panduan Perpanjang Domain Rumahweb

Menggunakan kamera canon, kamera mirrorless, dan sejenisnya pasti menghasilkan jepretan dengan kualitas lebih baik dari kamera hp dan memiliki ukuran yang cukup tinggi apalagi hasil tersebut disimpan dalam jangka waktu yang lama dan terus menumpuk akan memakan memori yang lebih besar. 

Oleh karena itu mengecilkan ukuran foto tanpa mengurangi kualitas adalah salah satu caranya. Sekian artikel tentang cara mengecilkan ukuran foto online tanpa mengurangi kualitas. Terima kasih.


Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Mengecilkan Ukuran Foto Online Tanpa Mengurangi Kualitas"