Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menghidupkan Dark Mode in Chrome Desktop

Dark Mode in Chrome Desktop

Dark Mode in Chrome adalah mode gelap yang selalu menjadi pilihan selain membuat mata nyaman dalam memandang layar monitor juga menghemat daya baterai.

Chrome sendiri tidak memberikan fitur dark mode atau mode gelap di browsernya. Dengan tidak adanya mode gelap maka pengguna chrome harus mencari ekstensinya sendiri di chrome web store. 

Ekstensi dark mode cukup banyak di chrome web namun yang terbaik dari sekian banyak itu tidak akan diketahui jika sebagai penggunanya tidak mencobanya satu persatu.

Pengguna Chrome dapat mencoba salah satu dari banyaknya ekstensi tersebut namun jika mengharapkan fitur lebih yakni tidak sekadar dark mode maka harus mencoba ekstensi lain supaya tidak hanya memenuhi kebutuhan dark modenya saja.

Selain add ons dark mode biasanya akan disematkan dengan mode sephia yakni warna kekuning oranyean. Serpia merupakan mode supaya mata lebih nyaman dalam membaca teks yang terpampang di layar monitor.

Dark mode in chrome memberikan banyak dampak positif pada mata tetapi juga memiliki kekurangan. Terdapat dua pengguna, pertama pengguna yang terbiasa dengan mode dark mode maka browser yang digunakan-pun harus memiliki fitur untuk mengaktifkan mode gelap sedangkan yang kedua adalah pengguna yang terbiasa dengan tampilan seperti biasa yakni clean atau putih. 

Baca Juga: 4 Permasalahan .Net Framework dan Solusinya

Pengguna kedua akan merasa tidak nyaman jika menggunakan mode gelap disebabkan kontras cahaya yang kurang diterima oleh mata. Adapun cara menghidupkan dark mode in chrome sebagai berikut.

Cara Menghidupkan Dark Mode In Chrome (Baca Update)

  • Pertama pengguna chrome masuk ke chrome web store
  • Chrome web store chrome.google.com/webstore/
  • Kemudian masukkan kata kuncinya yaitu: Dark Mode
  • Kami memilih ekstensi Moonrise Dark Theme - Dark Theme Suite
  • Lalu klik Tambahkan ke Chrome dan Klik Tambahkan ekstensi
  • Klik icon Puzzle samping kanan atas lalu PIN ekstensi yang telah ditambahkan
Dark Mode in Chrome Desktop
  • Klik Ekstensinya kemudian Klik ON pada ekstensi
Dark Mode in Chrome Desktop
  • Selesai.

Demikian cara mengaktifkan fitur dark mode pada chrome web desktop. Dark mode sudah lama sekali diperkenalkan karena kegunaanya. Tentu dark mode memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk mengetahui manfaat dan kekurangan dari dark mode dapat disimak sebagai berikut.

Update Ekstensi Chrome Dark Mode

Mohon maaf sebelumnya sudah merekomendasi yang kurang baik kepada pembaca mengenai ekstensi dark mode untuk chrome. Pemberitahuan dari chrome menyatakan bahwa ekstensi yang terlihat di gambar atas atau saran ekstensi dari Kami mengandung malware. Berikut pemberitahuan dari Chrome. 

Dark Mode in Chrome Desktop

Adapun saran Kami Anda dapat memilih ekstensi lainnya untuk mendapatkan mode gelap di chrome seperti Dark Theme Suite atau lainnya. Ekstensi Dark Theme Suite memiliki banyak pengguna lebih dari 2000 pengguna. Sekian pemberitahuan tentang ekstensi yang mengandung virus yang diberitahukan langsung oleh Chrome. Semoga lebih berhati-hati kedepannya, termasuk Kami. 

Baca Juga: Alternatif Notepad, Selain Notepad Bawaan Windows

Kelebihan Dark Mode In Chrome

Dark mode memiliki banyak kelebihan diantaranya, pertama adalah memberikan kenyamanan kepada mata dan mengurangi kelelahan mata dengan latar belakang gelap pengguna dapat melihat dengan mudah dan nyaman. 

Kedua mengurangi cahaya biru, selain menggunakan dark mode Anda juga bisa menggunakan kacamata anti radiasi untuk memaksimalkan. 

Penggunaan dark mode hanya mengurangi karena radiasi yang dipaparkan tidak dapat diukur menggunakan aplikasi yang tertanam pada desktop. 

Terakhir daya tahan baterai akan lebih meningkat, jika anda menggunakan hp dan menghidupkan fitur daya tahan baterai ekstra maka hp akan berubah menjadi gelap dan memutuskan aplikasi yang berjalan di latar belakang. 

Baca Juga: Cara Menampilkan Kecepatan Internet Desktop

Dengan menggunakan darkmode setidaknya sudah meningkatkan daya tahan baterai dari segi layar yang redup.

Kekurangan Dark Mode In Chrome

Kekurangan dark mode juga dijumpai saat mengakses website-website yang membutuhkan warna. Tidak mungkin mengakses canva tetapi menghidupkan fitur darkmode kecuali anda hanya mengedit teks karena template sudah siap. 

Perlu diketahui juga bahwa tidak semua website menyetujui kehadiran dark mode di situsnya. 

Baca Juga: Cara Screenshot Fullpage di Semua Browser Pc

Terdapat beberapa website yang tidak mengizinkan dark mode hidup disebabkan menghilang nilai estetika. Jelas website art atau website-website yang penuh dengan warna akan anti dengan dark mode. Terakhir tidak terbiasa dengan mode gelap.

Kesimpulan

Mengaktifkan dark mode in chrome desktop cukup mudah namun sangat disayangkan mengapa chrome sendiri tidak menyematkan fitur tersebut pada browsernya. 

Baca Juga: Tempat Mencari Music Bebas Hak Cipta

Jika menyematkan fitur kecil tersebut maka akan lebih mudah tanpa harus meminta developer membuat fitur sederhana itu. Kembali lagi kepada pengguna mungkin lebih nyaman dengan tema putih atau dengan tema gelap. 

Untuk Anda yang menginginkan lebih dari ekstensi chrome web store maka gunakan ekstensi lain yang memberikan ragam fitur. Menggunakan saran ekstensi dari kami hanya memberikan fitur darkmode saja tanpa adanya fitur tambahan, sekian, terima kasih.

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Menghidupkan Dark Mode in Chrome Desktop"