Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Alternatif Notepad, Selain Notepad Bawaan Windows

Alternatif dari Notepad Bawaan Windows

Notepad bawaan windows merupakan aplikasi yang sangat sederhana dan mudah dioperasikan oleh semua spesifikasi laptop maupun komputer. Baik dengan spesifikasi kentang maupun dengan spesifikasi dewa. 

Nah, untuk kali ini Kami ingin menawarkan alternatif yang mungkin cocok untuk Kamu gunakan khususnya dalam menulis berbagai hal yang singkat dan tidak terlalu panjang. Jika panjang sekalipun ya tidak mengapa. 

Berawal dari bosannya melihat tampilan notepad yang seperti ini dari pertama kali mengoperasikan windows hingga sekarang, mulai dari kebosanan itu akhirnya mencari-cari notepad yang mempunyai tampilan menarik dan dapat menambah semangat dalam menulis tepatnya sih mengetik, haha..

Dulunya artikel biasa Kami tulis di notepad bawaan tidak menggunakan word karena memerlukan tampilan yang luas namun dengan notepad bisa lebih leluasa. Dengan melihat hal lain seperti youtube dan sosial media lainnya. Akhirnya Kami menemukan beberapa referensi yang mungkin cocok untuk Kamu yang sedang mencarinya. Berikut alternatif notepad bawaan windows yang patut kamu cobain.

Alternatif dari Notepad Bawaan Windows

1. Zettlr

Notepad yang paling sering Kami gunakan untuk menulis artikel, dikarenakan tampilannya yang sederhana tetapi tidak sesederhana notepad bawaan windows. Dengan kelengkapan fiturnya sudah sangat membantu apa-apa yang diperlukan. Walaupun notepad ini sendiri diperuntukkan lebih dari sekedar menulis artikel pendek, terserah kepada user yang menggunakannya. 

Alternatif dari Notepad Bawaan Windows

Zettlr menggunakan format ".md" dalam sistemnya, jika dilihat-lihat mirip dengan notepad yang ada di Apple, Kami sendiri bukan pengguna apple ya, hanya praduga saja. Biasanya untuk notepad bawaan windows menggunakan format ".txt" untuk penulisannya. 

Format md sendiri memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan format txt, salah satunya format md dapat mempertahankan penulisannya sebagainya penulis dalam menuliskan gaya dari tulisannya. 

Misal terdapat paragraf, huruf tebal, penempatan gambar dan sebagainya. Hal ini tidak dapat dilakukan oleh notepad bawaan windows. Dalam notepad bawaan windows hanya dapat mengubah font dan huruf kapital sebagaimana biasanya. 

Keunggulan dari Zettlr

Zettlr sudah menggunakan berbagai bahasa dalam pengoperasiannya, termasuk Bahasa Indonesia, Jerman, Inggris, Spanyol, Francis, Rusia dan beberapa bahasa lainnya. Keunggulan dari Zettlr ini memiliki format penyimpanan yang beragam, seperti html, pdf, word, rST, RTF, TeX, TXT, Bdl, Pck. Hanya saja untuk melakukan penyimpanan format selain "md" diperlukannya aplikasi pihak ketiga, yakni Pandoc. 

Sederhananya pandoc merupakan aplikasi pengubah format "md" ke berbagai format lainnya. Ukurannya cukup besar untuk ukuran mengubah format saja. Kami sendiri tidak menggunakannya karena dirasa tidak perlu untuk mengubah format. Jika dirasa perlu sepertinya untuk mengubah format seperti itu sudah banyak bertebaran di Internet. 

2. Typora

Typora juga merupakan salah satu alternatif yang Kami tawarkan untukmu, notepad ini memang tidak memiliki ukuran yang kecil untuk seukuran notepad namun eksperiens yang ditawarkan cukup bagus untuk memulai kembali menulis. 

Sama halnya dengan apa yang sudah dibahas diatas, untuk fiturnya sendiri terdapat beberapa perbedaan, seperti Typora hanya bisa dioperasikan menggunakan bahasa inggris. Kami mengghadirkan Typora hanya referensi lain dari Zettlr walaupun keunggulan fitur dari Zettlr lebih banyak. 

Kekurangan dari Typora

Seperti Typora tidak memiliki fitur statistik yang menghitung perkata untuk melihat penulisan Kamu dalam seminggu, bulan bahkan tahun. Untuk penyimpanan formatnya sendiri menggunakan "md" untuk format lainnya diharuskan menggunakan pihak ketiga yakni Pandoc. 

Alternatif dari Notepad Bawaan Windows

Akhir kata

Artikel ini dibuat untuk pencari notepad yang dioperasikan melalui windows. Mungkin sudah terlalu bosan dengan tampilan notepad bawaan, jika dilihat dari notepadplus, sama saja dengan tampilan notepad bawaan. Walaupun lebih dieruntukkan untuk orang-orang ngoding. 

Untuk notepad yang kami tawarkan sendiri lebih cocok untuk penulisan artikel, jika dipergunakan untuk ngoding-pun masih bisa-bisa saja. Hanya lebih kepada referensi saja. Sekian mengenai Alternatif notepad bawaan windows, semoga dapat membantu. 


Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Alternatif Notepad, Selain Notepad Bawaan Windows"