Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menampilkan Kecepatan Internet Desktop

Cara Menampilkan Kecepatan Internet Desktop

Sebelumnya sudah dibahas mengenai cara menampilkan kecepatan koneksi versi mobile. Saat ini sesuai dengan artikel sebelumnya untuk membahas versi desktopnya. 

Ini berlaku untuk PC atau Laptop. Pada handphone tertentu memang sudah disematkan fitur untuk menampilkan kecepatan koneksi internet baik untuk upload maupun untuk download. 

Desktop sendiri tidak menyediakan hal tersebut, mengapa? karena desktop lebih mementingkan tampilan interface daripada fitur kecil yang kurang digunakan. 

Namun fitur ini sudah digantikan dengan menggunakan CMD, yakni bisa juga secara real time melihat kecepatan koneksi internet desktop. 

Untuk menampilkan kecepatan internet Up dan Down maka diperlukannya aplikasi tambahan, aplikasi tersebut akan terus berjalan dilayar belakang desktop supaya tidak harus membukanya kembali untuk melihat koneksi yang ditampilkan secara langsung.  

NetSpeedMonitor

Net speed monitor merupakan aplikasi yang akan menampilkan kecepatan internet Anda jika tersambung dengan internet. 

Penginstallannya sendiri cukup mudah, sebagaimana aplikasi pada umumnya. Namun yang akan dibahas singkat disini adalah hal apa saja yang diberikan oleh aplikasi sederhana ini dalam menampilkan koneksi internet desktop Anda. 

Aplikasi NetSpeedMonitor dapat diunduh melalui google tercinta dengan keyword seperti yang sudah ulang berkali-kali. 

Ditahun 2021 sudah mendapatkan update terbaru walau hanya di bulan Mei semoga saja tetap mendapatkan update yang berkelanjutan

Cara Menampilkan Kecepatan Internet Desktop

Fitur-fitur NetSpeed Monitor

Tampilan

Cara Menampilkan Kecepatan Internet Desktop

Tampilan yang diberikan oleh NetSpeedMonitor terbilang cukup sederhana dan memang hal tersebut yang dibutuhkan, untuk melihat kuota masih tersisa atau sudah habis total dan terkadang menjadi ajang untuk showoff kecepatan internet selain menggunakan IDM. 

Pada tampilannya ditampilkan Upload dengan simbol "U" dan Download dengan simbol "D". Pilihan Bitratenya cukup lengkap seperti kbit/s, Kibit/s, kB/s, KiB/s dan masih banyak lagi hingga MiB/min.

Data Trafic

Cara Menampilkan Kecepatan Internet Desktop

Data trafik pada NetSpeedMonitor berguna untuk melihat pemakaian kuota yang dihabiskan, cukup rinci yakni perhari. 

Baca Juga: Mengatur Penomoran Makalah Judul, Romawi, dan Bilangan

Jadi dapat melihat segila apa pemakaian kuota dalam sehari. Lagi-lagi akan membantu untuk target pembelian kuota namun perlu diingat biasanya pemakaian kuota juga sangat bergantung pada pemakaian. 

Data yang ditampilkan dapat di eksport untuk dicarikan rata-ratanya mungkin ya, jika Anda niat.

Connections

Cara Menampilkan Kecepatan Internet Desktop

Pada opsi connections ditampilkan aplikasi mana saja yang sedang menggunakan internet. Anda akan mengetahui aplikasi-aplikasi yang menggunakan internet bahkan aplikasi yang tak terlihat di CMD. 

Untuk Anda yang tidak menggunakan antivirus hal semacam ini diperlukan terkadang terdapat aplikasi yang memakan kuota dengan terus menerus dan menlambankan kecepatan internet. 

Configurations

Cara Menampilkan Kecepatan Internet Desktop

Pengaturan dari aplikasi NetSpeedMonitor, dapat diatur mulai dari jaringan yang akan dipilih untuk ditampilkan nantinya. 

Mengubah Bitrate disini tempatnya, bahasa, dan kegunaan dua kali klik dapat diatur disini dengan pengelompokan General. Selanjutnya ada Layout untuk mengganti font ukuran huruf dan ketebalan huruf jika dirasa yang ditampilkan oleh aplikasi tidak cocok dengan selera. 

Baca Juga: Mengkonversi Gambar ke Format WebP

Terdapat pengaturan untuk posisi tampilan, mau diubah center (tengah) vertikal dan sebagainya. Selain itu terdapat Database, Tooltip dan Advanced. Pada opsi advanced hanya untuk mereset pengaturan yang sudah dibuat untuk kembali menjadi seperti semula.

Quick Link

Cara Menampilkan Kecepatan Internet Desktop

Alternatif untuk memudahkan dalam hal Network Connections, Network Explorer dan sebagainya. Sebenarnya fitur dalam quick link ini sudah ada di Windows hanya mempersingkat dengan satu klik saja. Fitur tersebut hanya fitur-fitur umum yang sudah terdapat dalam sistem.

Banyak orang yang tidak tahu dengan aplikasi satu ini, biasanya hal ini terinstall karena melihat desktop kawannya memiliki tampilan koneksi secara langsung, dari itu dia-pun menginginkannya. Dalam banyak hal aplikasi ini tidak bisa digunakan oleh beberapa windows atau spesifikasi desktopnya rendah. 

Memakai aplikasi NetSpeedMonitor tidak membawa banyak perubahan jadi tidak harus bersedih karena tidak dapat menginstallnya. Sekian, terimakasih.

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Menampilkan Kecepatan Internet Desktop"