Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengisi Daya HP Baterai Tanam Secara Manual

cara mengisi baterai tanam menggunakan alat Sunshine SS-904A

Hampir semua brand hp menerapkan pemasangan baterai tanam. lantas bagaimana cara mengisi daya hp baterai tanam secara manual. Sederhananya jika Anda ingat bagaimana mengecas baterai tanam seperti baterai lepas. 

Diingat-ingat dulunya banyak orang yang memiliki banyak baterai dengan mengecas baterainya saja, yakni menggunakan alat cas yang sering disebut cas kodok. 

Untuk baterai tanam sendiri juga bisa dilakukan dengan hal yang sama. Namun lebih baik menggunakan alat tambahan daripada menggunakan alat yang dibuat sendiri. Membuat sendiri alat cas untuk baterai tanam bisa dilakukan namun berisiko dan berbahaya. 

Kami disini hanya akan menyarankan alat cas baterai tanam untuk Anda yang membutuhkan dan tentunya sudah melalui pengalaman admin yang menggunakan alat cas tanam tersebut. 

Cara Mengisi Daya HP Baterai Tanam Secara Manual

Alat untuk mengisi daya hp baterai tanam secara menual adalah brand Sunshine dengan kode ss-904a. Jika ditelisik lebih jauh alat sunshine ini tidak digunakan untuk mengecas baterai tetapi untuk mengaktivasi baterai yang sudah mati suri. 

Sunshine SS-904A

Sunshine ss-904a adalah alat aktivasi untuk baterai mati suri namun juga bisa digunakan untuk mengecas baterai normal dengan teknologi yang cukup baik. Mulai dari lampu indikator pengecasan hingga maksimal pengisian baterai. 

cara mengisi baterai tanam menggunakan alat Sunshine SS-904A

Lebih jauh alat satu ini memberikan kemudahan untuk Admin salah satunya. Dengan tidak lagi sangkut paut dengan kabel cas atau listrik yang sedang dicolok. Menggunakan alat cas manual untuk baterai tanam ini hanya perlu menyiapkan beberapa baterai untuk digunakan selama seharian penuh. 

Tidak ada lagi pergantian konektor cas, kabel data yang rusak, hingga baterai yang kembung. Hal tersebut sudah membuat hp jadul satu ini merogoh kocek yang lumanyan untuk pergantian part-partnya. 

Memang alangkah baiknya untuk melakukan pergantian unit dengan unit yang lebih baru dan teknologi yang lebih baik namun hp satu ini masih layak digunakan dengan bantuan orang-orang yang selalu memberikan update baik secara pembaruan android hingga keamanan android itu sendiri. 

Untuk penggunaan alat cas manual ini dapat disimak ulasan berikut untuk mengetahui cara pengecasan yang benar menurut pengalaman admin. 

Cara Cas Menggunakan Sunshine SS-904A Untuk Baterai Tanam

Pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi baterai. Saran Kami baterai ada dipoisisi 20% kebawah untuk diatasnya Kami tidak menyarankan. Lebih baik gunakan dulu hingga mencapai 20%. 

Kedua pastikan Sunshine SS-904A cocok dengan konektor baterai Anda. Gimana cara memastikan hp anda cocok dengan konektor yang ada di Sunshine SS-904A? Caranya cukup membuka youtube kemudian cari dengan kata kunci aktivasi baterai merek HP Anda maka Anda akan mendapatkan nomor konektor yang cocok dengan baterai yang akan di diiisi.

Ketiga hubungkan baterai dengan konektor yang sesuai dengan papas cas Sunshine SS-904A. Sebagai contoh untuk hp redmi 4x cocok dengan konektor nomor 6. Setelah masuk maka lampu konektor berwarna MERAH akan menyala. Dalam artian baterai masih memiliki daya.

Hindari kesalahan dalam pencocokan konektor apabila Anda tidak memasukkan baterai ke dalam konektor yang sesuai maka Sunshine SS-904A akan rusak karena daya yang diberikan nantinya tidak sesuai dengan baterai yang dimasukkan ke dalam konektor. 

Baca juga: Cara Kunci Aplikasi Whatsapp Semua Tipe HP Android

Setelah sesuai pencocokan konektor dengan baterai maka lampu warna merah akan menyala kemudian hubungkan dengan kepala charger lalu hubungkan dengan listrik.

Lampu warna BIRU akan menyala, artinya mengisian baterai tanam sedang berlangsung. 

cara mengisi baterai tanam menggunakan alat Sunshine SS-904A

Tunggu hingga lampu berwarna merah kembali untuk memastikan bahwa daya baterai sudah terisi sesuai kapasitasnya. 

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Penggunaan Sunshine SS-904A

Baterai yang dihubungkan dengan alat cas dan sudah dihubungkan dengan listrik akan diisi dayanya. Perlu diartikan adalah lampu indikator untuk meminimalisir kerukan pada Sunshine SS-904A.

Apabila lampu indikator berwarna biru kemudian merah begitu seterusnya setelah berlangsungnya pengecasan selama sejam atau lebih maka baterai tersebut menandakan kurang baiknya dari kualitas baterai tersebut. Biasa terjadi pada baterai yang sudah usang atau baterai dengan kualitas yang kurang bagus. Hal tersebut terjadi yakni warna merah memberikan instruksi bahwa baterai masih memiliki daya sedangkan warna biru adalah sedang melakukan pengecasan.

Selain itu apabila baterai tidak memberikan warna merah saat dihubungkan ke papan cas Sunshine SS-904A namun baterai dengan konektor sudah sesuai atau cocok maka artinya baterai memang benar benar kehabisan daya. Setelah dihubungkan dengan listrik berwarna biru maka pengisian daya sedang dilakukan. 

Apabila sebaliknya yakni baterai sudah cocok dengan konektor dan berwarna merah saat dihubungkan dengan listrik masih berwarna merah maka segera cabut dari listrik dan masukkan ulang baterai dengan konektor Sunshine SS-904A. Hal tersebut terjadi karena tidak presisi antara baterai dengan konektor papan cas Sunshine SS-904A. 

Seharusnya adalah sebagai contoh redmi 4x dengan daya 4100 mAh maka pengisian baterai akan berlangsung dari 20% hingga 80-89% adalah sekitar 1jam 30mnt. Warna lampu akan langsung berwarna merah.

Untuk baterai kelap kelip yakni setelah di cas berwarna biru setelah sekian lama yakni seperti setelah 1jam 30mnt lebih muncul indikator merah biru secara terus menerus menandakan bahwa baterai sudah penuh namun kualitas baterai sudah menurun. Baterai tersebut tetap bisa digunakan untuk android Anda atau melakukan pengecasan melalui alat cas sunshine.

Sunshine SS-904A juga tidak akan mengecas baterai hingga 100% sudah Kami coba diamkan saat berwarna merah berlangsung yang padahal menandakan baterai sudah penuh menurut Sunshine SS-904A.

Baca juga: Cara Memperbaiki Video Tidak Bisa Diputar di Android

Sunshine SS-904A sendiri memberikan batasan kepada baterai yakni Anda tidak perlu khawatir untuk mengecas baterai tanam karena Sunshine SS-904A tidak akan mengisi daya baterai tanam hingga penuh melainkan tetap memberikan ruang sekitar 15-20 daya yang tidak akan diisi walaupun warna merah sudah muncul dan di diamkan dalam waktu yang lama tetapi tidak Kami sarankan. 

Terakhir lebih baik Anda pantau Sunshine SS-904A apabila sudah berwarna merah langsung dicabut baik dari listrik hingga baterai dengan konektornya. Jangan tinggalkan apabila Anda pergi jauh dalam jangka waktu yang lama karena alat satu ini harus di jauhkan dari jangkauan anak-anak atau orang yang tidak mengerti. Berhati-hatilah dengan listrik.

Saran Penggunaan Alat Cas Manual Sunshine SS-904A

Kami memiliki saran untuk ditambahkan yakni cooler biasa atau kipas kecil untuk mendinginkan papan cas Sunshine SS-904A. Pada penggunaan awal Kami rasa Sunshine SS-904A memberikan panas yang cukup ekstra karena diperuntukkan untuk baterai tanam mati suri dan memberikan daya lebih untuk membangkitkan si baterai itu. 

cara mengisi baterai tanam menggunakan alat Sunshine SS-904A

Jadi yang diperlukan adalah Sunshine SS-904A, kipas kecil atau cooler hp yang dihubungkan dengan kepala charger. Kepala charger sendiri lebih baik menggunakan dua colokan usb untuk memudahkan dan beberapa baterai untuk mempertahan baterai seharian. 

Setelah penggunaan lebih dari seminggu alat Sunshine SS-904A sudah tidak panas mungkin memasuki musim hujan juga. Menggunakan kipas kecil lebih aman untuk meminimalisir kesalahan atau panas berlebihan. 

Baca juga: Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Xiaomi

Lebih lanjut Kami akan menyarankan HP android yang cocok untuk melakukan pengecasan secara manual melalui artikel lain seperti redmi 4x yang mudah dilakukan. 

Jadi Anda dapat menghindar dari colokan langsung dengan listrik dan tidak membutuhkan kabel data lagi yang terus menerus diganti. Konektor cas juga tidak akan digunakan jangka waktu yang lama. 

Kesimpulan

Penggunaan Sunshine SS-904A sebagai alat cas baterai tanam adalah solusi. Admin dari dulu mencari alat cas manual untuk baterai tanam supaya lebi memudahkan dan dapat menggunakan baterai yang sudah usang. Usang dalam artian tidak kembung. 

Baca juga: Cara Mengatasi Handphone Panas Baterai Tanam

Masih bisa digunakan namun kapasitasnya sudah berkurang. Sunshine SS-904A sebagai alternatif yang baik untuk menghindari panasnya hp yang digunakan saat pengecasan berlangsung. 

Apalagi untuk Anda yang sudah berulang kali mengganti baterai. Kami harap SEBELUM ANDA MEMPRAKTEKKAN SUDAH MEMBACA ISI ARTIKEL INI. Sekian, terima kasih. 

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Mengisi Daya HP Baterai Tanam Secara Manual"