Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses

Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses

Wifi menolak akses saat masuk, padahal sebelumnya bisa bisa saja mengakses wifi tersebut. Hal ini terjadi disebabkan oleh beberapa hal. Oleh karena itu artikel ini ditulis untuk menelusuri penyebab terjadinya wifi menolak akses masuk ke usernya. 

Pengguna wifi saat ini sangat banyak apalagi wifi publik yang cenderung lemot namun masih dimanfaat dengan baik untuk sekedar mengirim pesan tanpa melihat kecepatan internetnya seperti untuk mengakses media sosial yang membutuhkan kecepatan dan kestabilan internet yang memadai.

Menolak akses yang dilakukan oleh wifi bukan tanpa sebab, biasanya wifi terkadang bermasalah di beberapa penyedia ISP namun hal tersebut jarang terjadi melainkan penyebab yang seharusnya adalah sebagai berikut.

Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses

1. Penuhnya Pengguna Wifi

Wifi sendiri memiliki keterbatasan dalam menampung penggunya maka wifi akan menolak user apabila batas penggunanya sudah penuh. 

Sebagai contoh sederhana adalah hotspot hp yang dapat memuat hanya 8 pengguna untuk tersambung dengan internet yang dihubungkan melalui hp yang hidup hotspot wifinya.

Begitu juga dengan wifi ISP memiliki keterbatasan yang sama namun batasan pengguna lebih banyak, mungkin mencapai 12 hingga lebih. 

Apabila wifi tersebut adalah milik Anda maka dapat dengan mudah yakni melakukan pergantian kata sandi ataupun merestart kemudian langsung masuk. Artinya Anda harus masuk lebih cepat dari kedepalan orang yang mana batas pengguna dari wifi tersebut.

2. Batasan Pengguna Wifi

Sama halnya seperti kepenuhan user tetapi ini sedikit berbeda yakni wifi yang disebarkan oleh router diatur untuk menerima pengguna sekian. Sebagai contoh router di setting untuk menerima pengguna hanya 5 sedangkan yang menggunakan wifi tersebut biasanya lebih daripada 5. 

Maka pengguna ke 5,7 dan selanjutnya tidak akan dapat masuk ke wifi dan akan ditolak aksesnya oleh wifi itu sendiri. 

Cara untuk memberikan akses kepada pengguna adalah dengan masuk ke pengaturan router kemudian mengubah batasan yang ditetapkan sebelumnya yakni 5 menjadi batasan maksimun yang dapat diberikan oleh router tersebut. 

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Potong Video Laptop

Batasan maksimum yang dapat diberikan oleh router berbeda-beda teragntung brand dari router itu sendiri. 

3. Kesalahan Router Wifi

Wifi menolak juga dapat disebabkan oleh router yang mengalami kesalahan bukan kerusakan. Oleh karena itu banyak penyedia ISP menyaran untuk melakukan restart modem untuk dapat me-refresh kembali settingan router itu sendiri. Hal ini dapat Anda lakukan apabila modem/router tersebut adalah milik Anda.

Baca juga: Cara Membuat Bagan di Word Microsoft

Terkadang juga disebabkan oleh banyak hal lainnya seperti disambar petir dan hal yang tak terduga. 

4. Tidak Ada Akses 5 GHz

Wifi menolak akses dapat juga disebabkan oleh tidak mendukungnya perangkat pengguna yang masih menggunakan teknologi 2.4 GHz. 

Sebelumnya apabila Anda dapat terhubung dengan wifi dan dihari berikutnya tidak dapat terhubung namun kata sandi tidak berubah dapat disebabkan oleh perbedaan spektrum wifi yang dikeluarkan oleh wifi.

Hal ini terjadi juga akibat settingan yang diberikan oleh pemilik wifi. Biasanya untuk laptop saat ini sudah mendukung spektrum hingga 5 GHz namun untuk beberapa hp jadul masih belum mendukung untuk mengakses 5 GHz. 

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Pemutar Video Terbaik Desktop

Untuk mengatasi menolak akses wifi ini dapat dilakukan pada pengaturan wifi itu sendiri yakni dengan memberikan akses 2.4 GHz. Biasanya router dapat menyebarluaskan 2 spektrum sekaligus. 

5. Perangkat Pengguna

Selain kesalahan yang terdapat pada modem atau router terkadang juga dapat disebabkan oleh perangkat yang digunakan untuk dihubungkan dengan wifi. 

Alangkah baiknya perangkat yang dibugkan dengan wifi di restart atau dimatikan sejenak kemudian dihidupkan kembali. 

Kesimpulan

Itulah 5 cara untuk mengatasi wifi menolak akses pengguna. Hal ini sering terjadi apalagi menggunakan teknologi yang sama ditinggalkan namun kita masih menggunakanny, haha.. 

Baca juga: Rekomendasi Pemutar Musik Terbaik Desktop

Semua itu bisa diatasi. Mungkin banyak cara yang dapat Anda baca di artikel lainnya di luaran sana untuk menambah referensi dan mencari penyabab sebenarnya yang menyebabkan wifi menolak akses perangkat Anda. Semoga membantu, terima kasih. 

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses"