Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memasukkan Dokumen ke Google Drive

Cara Memasukkan Dokumen ke Google Drive

Memasukkan dokumen ke google drive dapat dilakukan menggunakan handphone ataupun laptop. Untuk caranya sendiri cukup mudah dengan adanya bantuan internet.

Apabila internet tidak disertakan maka memasukkan dokumen ke google drive tidak dapat dilakukan.

Memasukkan dokumen ke google drive terdapat dua tipe yakni publik atau privat.

Dokumen yang masuk ke google drive biasanya akan langsung masuk ke tipe private atau pribadi sebelum pembuat akun mengubahnya menjadi publik supaya dokumen yang dimasukkan nantinya dapat dibuka atau diakses oleh orang lain dengan mudah.

Selain memberikan akses publik pada dokumen drive supaya dapat dilihat oleh orang lain yang perlu diperhatikan adalah izin melihat oleh orang lain.

Apabila Anda sebagai orang yang memasukkan dokumen kemudian ingin membagikan hanya kepada orang terpilih maka dapat berbagi pranala secara langsung atau melalui email yang disediakan oleh google drive.

Jika ingin membagikan kepada orang banyak namun orang-orang harus meminta izin terlebih dulu kepada Anda maka Anda dapat mensettingnya di pengaturan berbagai pranala.

Baca Juga: Mengunduh Audio No Copyright Milik Youtube

Jika akses izin yang diminta oleh orang-orang cukup banyak maka saran Kami jangan gunakan izin demikian cukup bagikan secara publik saja. Untuk cara memasukkan dokumen ke google drive dapat disimak sebagai berikut.

Cara Memasukkan Dokumen ke Google Drive

  • Pertama masuk menggunakan akun google Anda
  • Kemudian masuk ke pranala berikut https://drive.google.com/drive/
  • Kemudian buat folder baru supaya lebih tertata 
  • Cara membuat folder klik Buat (samping kiri atas) lalu klik Folder Baru
  • Klik 2 kali pada folder yang dibuat untuk masuk ke dalam folder tersebut
  • Kemudian klik Baru (samping kiri atas) kembali kemudian klik Upload File lalu pilih dokumen yang akan dimasukkan ke dalam google drive
Cara Memasukkan Dokumen ke Google Drive
  • Hal ini juga serupa apabila Anda memasukkan file ke dalam pranala yang diberikan oleh guru untuk mengumpulkan tugas
  • Selesai.

Demikian cara memasukkan dokumen ke google drive, cukup mudah dilakukan. Cara diatas juga dapat dilakukan menggunakan handphone yakni menggunakan browser Chrome sebagai alat bantu.

Baca Juga: Mengosongkan Penyimpanan Google Drive

Menggunakan aplikasi drive juga bisa namun akan lebih leluasa jika menggunakan browser Chrome dengan mensetting Chrome mode Desktop.

Keunggulan Menyimpan Dokumen di Google Drive

Google drive seperti diketahui bersama merupakan layanan cloud untuk menyimpan data.

Data penyimpanan yang diberikan kepada pengguna sebesar 15 gb. Oleh karena itu penyimpanan dokumen atau lainnya yang diunggah dalam drive akan dapat diakses jika sewaktu-waktu dokumen atau file tersebut diperlukan.

Layanan penyimpanan awan ini memberikan kemudahan akses kepada pengguna dalam hal akses dan fleksibelitas.

Drive google dapat diakses kapan saja dan dimana saja dengan bantuan internet tentunya.

Walaupun sebagian pengguna mengeluhkan bahwa penyimpanan google drive terlalu kecil maka Anda dapat meng upgradenya dan harus merogoh kocek untuk mendapatkan layanan drive lebih besar.

Baca Juga: Mencari Sesuatu Berdasarkan Gambar di Pencaharian Google

Server yang diberikan oleh google tergolong cepat baik dalam hal unggah ataupun unduh dokumen. Oleh karena itu google drive menjadi salah satu dari yang terbaik dalam hal penyimpanan data awan.

Kerugian Menyimpan Dokumen di Google Drive

Penyimpanan awan memiliki kekurangan tersendiri yakni masalah terbesar adalah kebocoran data. Apabila dokumen yang diunggah adalah dokumen penting maka Anda harus menjaga dengan sangat baik terutama akun google.

Melakukan keamanan ekstra terhadap akun dengan menerapkan verifikasi dua langkah dan terus mengupdate password. Kebocoran data mungkin tidak terjadi di google drive namun pada akun sosial media lain yang memiliki kesamaan email ataupun kata sandi.

Kesimpulan

Cara memasukkan dokumen ke google drive belakangan ini banyak dicari disebabkan oleh adanya pandemi yang mengharuskan siswa bahkan mahasiswa mengumpulkan tugas secara daring.

Pengumpulan tugas biasanya dilakukan baik melalui elearning ataupun melalui google drive seperti ini.

Baca Juga: Membuat Shortlink Sendiri Dengan Google Firebase

Dengan mempelajari cara memasukkan dokumen ke google drive Kami rasa Anda tidak akan kebingungan lagi. Sekian, terimakasih.


Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Memasukkan Dokumen ke Google Drive"