Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Shortlink Sendiri Dengan Google Firebase

Cara Membuat Shortlink Sendiri Dengan Google Firebase

Shortlink, pemendek tautan yang biasa digunakan untuk mempersingkat url yang berkepanjangan ataupun sebagai cara untuk memudahkan dalam membagikan dan mengingat tautan tersebut. 

Beberapa tahun kebelakang disaat shortlink besutan google yakni go gl dimatikan sebenarnya google sudah menyediakan alternatifnya. Hanya saja kurang promosi dengan alternatifnya tersebut sehingga banyak orang yang tidak mengetahuinya. 

Dengan mengulang kaji lama ini ada yang sudah mengetahui adapula yang tidak. Terlepas dari shortlink yang diberikan oleh google, diluar sana banyak sekali shorlink bertebaran. 

Hanya saja jika dilihat mungkin tidak akan bertahan lama seperti halnya google. Paling populer mungkin bitly yang menjadikan ia nomor satu setelah google menutup layanan gogl. 

Firebase sendiri memiliki banyak fungsi, pemendek link hanya salah satunya saja, untuk pembahasan ini hanya akan membahas mengenai shortlink saja. Karena banyak yang bertanya opsi selain bit,ly jawabannya adalah dari google sendiri. 

Dinamakan dengan DinamicLink. Penggunaannya cukup sederhana dengan penambahan beberapa opsi didalamnya. User dipersilahkan untuk menamai shorlinknya sendiri itu sudah biasa tetapi ini user diberi kebebasan untuk menamai sub-domain yang akan dijadikan pemendek tauntannya. 

Sebagaimana shorlink google sebelumnya dengan langsung direct ke alamat yang dimaksud, tidak ada embel-embel skip dan sebagainya. Berikut cara membuat shorlink menggunakan firebase google.

Cara Membuat Pemendek Tautan Dengan Google Firebase

Langkah-langkah:

  • Pada tahap pertama diharuskan untuk login akun google terlebih dahulu
  • Kamudian menuju link address firebase.google.com lalu klik All Product, pilih Dinamic Link

Cara Membuat Shortlink Sendiri Dengan Google Firebase


  • Scroll kebawah kemudian klik Mulai, lalu diharuskan untuk membuat project baru. 
  • Untuk tahap selanjutnya bisa diaktifkan, kemudian buat baru Google Analysis atau jika ada yang lama bisa menggunakan yang lama (default)

Cara Membuat Shortlink Sendiri Dengan Google Firebase

  • Tunggu sejenak, akan dibawakan ke halaman utama dari firebase. 
  • Scroll kebawah samping kiri dipoin Engage akan ada Dinamic Links. 
  • Pilih Dinamic Links, lalu klik Mulai

Cara Membuat Shortlink Sendiri Dengan Google Firebase


  • Ditampilkan untuk membuat shortlink, mulai dari penamaan domain, seperti contoh "discus" akan menjadi discus.page.link

Cara Membuat Shortlink Sendiri Dengan Google Firebase


  • Kemudian klik next-next dan akan dibawakan kehalaman untuk membuat pemendek link.
  • Akan terdapat sebagaimana biasanya membuat pemendek tautan, yakni dengan cara klik Tautan Dinamis baru

Cara Membuat Shortlink Sendiri Dengan Google Firebase
  • Selanjutkan akan diberikan terlebih dahulu link singkatnya dengan otomatis ataupun bisa diubah

Cara Membuat Shortlink Sendiri Dengan Google Firebase

  • Kemudian isi dengan link yang akan dituju, harus memasukkan https ataupun http disertai dengan judul
  • Terdapat pilihan, pilihlah deep link di browser dan centang lewati halaman pratinjau aplikasi, kemudian klik buat. Selesai.

Cara Membuat Shortlink Sendiri Dengan Google Firebase

Demikian cara membuat shorlink sendiri menggunakan shorlink google, alternatif yang cukup bagus dari google dengan menghilangkan shorlink sebelumnya dengan memperbaharui dengan DynamicLinks. 

Dengan Dynamiclink kita lebih leluasa untuk menentukan akhiran dari sebulah link. Misalkan untuk url yang penting dan mudah untuk diingat maka dengan dynamiclink bisa diatur sesuka penggunanya. 

Sama halnya dengan shortlink lainnya hanya saja untuk shorlink lama google kita sebagai user tidak bisa mengubahnya melainkan google sendiri yang memberikan akses link randomnya. 

Shorlink sendiri memudahkan untuk memendekkan link yang panjang menjadi pendek tetapi jika dilihat lebih jauh ada juga orang yang menggunakan shorlink untuk keteraturan atau lebih tepat kepada kerapian dalam melihat link. 

Ya, kembali lagi kepada masing-masing orang. Biasanya shortlink yang diuabah akhirannya untuk memudahkan orang-orang dalam mengingatnya adalah link seminar atau sekarang webinar, jika secara acak untuk url yang tidak terlalu penting untuk diingat.