Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Laptop

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Laptop

Mengembalikan file yang terhapus di laptop dapat dilakukan hanya dengan satu cara dan cara membackup data laptop adalah solusi sebelum terhapusnya data. Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop tidak selamanya berhasil dengan mulus dan baik.

Terdapat data-data yang tidak dapat dikembalikan menjadi seperti semula walaupun dipaksa dikembalikan maka file tersebut akan corrupt atau error. File yang dikembalikan tidak dapat dibuka atau diakses sebagaimana file tersebut dioperasikan.

File dapat dikembalikan tidak hanya pada perangkat seperti laptop namun juga untuk perangkat hp dapat juga dikembalikan file yang sudah terhapus. 

Mungkin anda pernah mendengar bahwa file yang terhapus tidak hilang permanen melainkan file tersebut akan diganti dengan file lain. Singkatnya file yang terhapus akan terus ditimpa selama memori penyimpanan masih ada.

Hanya saja file yang ditimpa tersebut tidak selamanya bertahan dalam beberapa file tersebut akan kehilangan part-part sehingga saat dikembalikan maka file tersebut co
rrupt.

Perlu diketahui juga bahwa untuk mengembalikan file yang sudah terhapus di laptop harus menggunakan aplikasi pihak ketiga dan berbayar. Kenapa berbayar? supaya mendapatkan akses lebih mudah dan dalam pengoperasian mudah untuk dilakukan.

Baca Juga: Cara Setting Kecepatan Mouse Windows 10

Sebaiknya sebagai pengguna laptop yang memiliki banyak data penting di dalamnya sudah seharusnya memiliki aplikasi berbayar satu ini. 

Apabila ada data yang ingin dikembalikan akibat ketidaksengajaan dalam menghapus file maka dengan mudah dapat mengembalikannya. Berikut ulasan cara mengembalikan file yang terhapus di laptop.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Laptop

  • Pertama pasang Recuva di laptop Anda
  • Untuk yang belum memiliki Recuva silahkan pasang terlebih dulu ccleaner.com/id-id/recuva
  • Setelah memasang Recuva kemudian buka app tersebut
  • Ikuti langkah-langkahnya tunggu hingga selesai memindai data
  • Kemudian masukkan nama file yang sedang dicari
  • Setelah dapat file tersebut kemudian centang
  • Terakhir klik Recover samping bawah kanan app Recuva
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Laptop
  • Selesai.

Demikian cara mengembalikan data yg terhapus di Laptop. Anda dapat menggunakan aplikasi recuva versi gratis. Jika dirasa cukup membantu maka sebaiknya Anda upgrade ke versi yang berbayar.

Untuk aplikasi sejenis apakah ada yang versi gratis? jawabannya ada. Walaupun tidak sebanyak yang berbayar. 

Baca Juga: Cara Simpel Mengubah Format Word dan Powerpoint ke Pdf

Jika ditinjau versi gratis maka pengoperasiaanya akan sedikit susah jika Anda tidak terbiasa dengan memasukkan perintah di command prompt. Aplikasi serupa yang gratis tetapi mudah dioperasikan juga ada. Silahkan simak ulasan di bawah.

Mengembalikan Data Yang Terhapus di Laptop Pakai Aplikasi Gratisan

Aplikasi gratisan tetapi masih dapat mengembalikan file dengan sempurna. Perlu diingat kembali untuk versi gratis kemungkinan file yang kembali atau recovery tidak akan sempurna. Menggunakan aplikasi berbayar saja masih terdapat file yang tidak dapat dikembalikan dengan sempurna apalagi menggunakan aplikasi gratis.

Untuk aplikasinya sendiri bernama FreeRecover yang dibuat oleh dcorphan dan aplikasi satu lagi bernama Kickass Undelete yang dibuat oleh arbitershadow, joshoosterman, dan qu4z. Kedua aplikasi tersebut mudah dioperasikan untuk mengembalikan file yang hilang di Laptop Anda.

Cara mengembalikan data yang hilang di laptop menggunakan kedua aplikasi tersebut dapat dilakukan dengan mudah disebabkan interfacenya mudah dipahami dan jangan mengharap lebih dengan kedua aplikasi tersebut. Terakhir update dari salah satunya tahu 2018.

Terpaut cukup jauh untuk era sekarang ini namun masih bisa digunakan untuk mengembalikan data yang dihapus di windows Anda. Kedua aplikasi hanya dapat dijalankan di windows.

Baca Juga: Ekstensi Chrome Yang Membuat New Tab Chrome Anda Menarik

Jika dilihat lebih jauh baik aplikasi berbayar maupun gratis sekalipun masih memiliki kekurangan dalam mengembalikan file yang terhapus. Apalagi file tersebut sudah terhapus dalam jangka waktu yang lama.

Kesimpulan

Cara mengembalikan file yang terhapus dapat dilakukan menggunakan aplikasi berbayar ataupun aplikasi gratis.

Lebih baik adalah melakukan backup secara berkala pada file laptop Anda. Apabila terjadi penghapusan file yang tidak sengaja akan mudah dikembalikan.

Baca Juga: Melihat Password Yang Tersimpan di Chrome

Upgrade ke versi berbayar apabila merasakan manfaat dari aplikasi pengembali file yang terhapus. Berbayar berarti tidak harus Recuva terdapat aplikasi lain yang memiliki fungsi serupa dan mungkin saja memiliki harga relatif terjangkau. Sekian, terima kasih.

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Laptop"