Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Simpel Mengubah Format Word dan Powerpoint ke Pdf

Cara Simpel Mengubah Format Word dan Powerpoint ke Pdf

Haris Discussion - Kembali lagi untuk belajar dan mencari tahu hal-hal yang sekiranya harus diketahui. Hal kecil seperti ini mungkin dianggap remeh karena dengan adanya koneksi internet kita dapat mudah menemukannya. 

Sebenarnya software yang menjalankan sudah menyediakannya. Tanpa harus mencari aplikasi ataupun software convert pihak ketiga. 

Pemakaian word dan ppt dari microsoft mungkin paling banyak digunakan di dunia. Walaupun banyak juga diluar sana dengan kegunaan yang sama hanya saja mereka-mereka itu kurang lengkap. 

Dari segi dasar alat-alatnya tersedia tetapi untuk lebih detail dalam penulisan dan alat lainnya masih ketinggalan. Adanya software open source sangat-sangat membantu untuk kalangan penikmat gratisan. Mungkin ada yang iseng mencoba, terlalu bosan dengan yang lama, hehe..

Untuk cara simpel mengubah format word ke pdf sebenarnya dalam microsoft sendiri seudah disediakan, terkadang kita saja yang kurang teliti atau kurang ngulik perihal software itu sendiri. Berikut cara mudah mengubah format word ke pdf

Tatacara Ubah Word ke Pdf

  • Buka file dokument word yang akan di ubah ke pdf. Anggaplah sebagai contoh nama filenya Home Design.docx
  • Setelah terbuka klik File samping kiri atas

Cara Ubah Word ke Pdf

  • Klik Save as
  • Disini kita biasanya kurang memperhatikan dan langsung klik ok atau enter
  • Di Save as type pilih PDF kemudian klik Ok untuk menyimpannya, selesai.
Cara Ubah Word ke Pdf

Jika dilihat dari cara diatas cukup mudah untuk dipraktekkan tanpa harus menggunakan aplikasi online untuk mengubah formatnya. 

Dalam penggunaan aplikasi online jika dokument kita penting disarankan untuk tidak menggunakannya, karena dalam database mereka akan menyimpan sejenak sebelum dihapus. Jika di logikakan untuk pengconvert online, diharuskan untuk meng-upload file dokument kemudian diubah formatnya. 

Nah saat peng-uploadan file, seakan-akan kita memberikan file dokument tersebut. Jika dokument bersifat penting lebih baik tidak melakukan secara online. Baik online maupun offline menggunakan microsoft word sendiri sangatlah mudah. 

Adapun format powerpoint sama saja dengan cara diatas tetapi alangkah baiknya diulangi saja untuk lebih memudahkan. Berikut cara mudah mengubah format ppt ke pdf

Tatacara Ubah Powerpoint (PPT) ke Pdf

  • Buka file dokumen ppt yang akan diubah menjadi pdf. Sebagai contoh Home Design.pptx
  • Setelah terbuka klik File samping kiri atas lalu klik Save as
  • Pada Save as type pilih PDF, supaya format yang akan disimpan dalam format pdf

Cara Ubah Powerpoint (PPT) ke Pdf

  • Jika sebelumnya Home Design.pptx maka menjadi Home Design.pdf

Ini hanya cara sederhana dan simpel jika kalian sedang menggunakan desktop, jika menggunakan handphone ada baiknya menggunakan tool online. keduanya memberikan kemudahan, tergantung keadaan dan kondisi serta kenyamanan dari penggunanya. 

Sekian postingan mengenai cara mengubah format word, ppt ke pdf. Belajar hal kecil itu memang diperlukan karena ada saja hal-hal yang mengharuskan kita mengetahuinya kelak walaupun untuk sekarang tidak terlalu perlu. Jika saja ada kendala dalam koneksi internet maka ini adalah solusinya. 

Ilustrasi: Andre A. Xavier 

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Simpel Mengubah Format Word dan Powerpoint ke Pdf"