Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Email Anda Terindikasi Kebocoran? Check Now!

Apakah Akun Tokopedia Anda Teridentifikasi Kebocoran? Check Now!!

Haris Discussion - Baru-baru ini telah menggaduhkan dunia maya dengan bocornya data akun Tokopedia, salah satu website penyedia barang dan jasa terbesar di Indonesia. 

Kebocoran akun Tokopedia diperkirakan mencapai puluhan juta akun, angka yang tidak sedikit mengingat banyaknya pengguna yang berbelanja di website tersebut. 

Dengan adanya kebocoran ini kembali menjadi pengingat bagi kita bersama bahwa pentingnya mengganti password setiap minggu demi keamanan atau dengan menggunakan verifikasi dua langkah, verifikasi ini memang tidak menjamin terjaganya akun tapi dapat membantu menghambat orang yang menyalahgunakan untuk login dengan akun tersebut.

Beberapa hari sebelum terjadinya kebocoran pada Tokopedia, ada kebocoran yang cukup mengemparkan dunia juga, yakni kebocoran akun Zoom, banyaknya yang menggunakan akun Zoom demi keperluan perkantoran, perkuliahan, hingga persekolahan. 

Mempergunakan layanan Zoom untuk proses belajar mengajar tatap muka. Dengan adanya data tersebar maka yang menyangkut dengan kepentingan kita juga ikut tersebar, apalagi menggunakan satu akun untuk banyak aplikasi, yap tapi ini adalah salah satu cara untuk memudahkan login ke akun mana saja tanpa harus mengingat-ngingatnya lagi karena sudah terbiasa. 

Baca Juga: Rss Feed Yang Akan Memotivasi Dirimu, Setiap Hari!

Disini saya akan membagikan salah satu website yang di usung oleh Firefox, website ini merupakan layanan dimana Anda bisa mengecek akun email, apakah ada teridentifikasi kebocoran atau tidak. 

Website ini mengumpulkan data-data kebocoran, bukan untuk disebarkan tapi karena memang sudah tersebar. Dengan adanya website ini Anda dapat mengetahui email anda pernah bocor di database mana. Berikut cara melakukan pengecekan email dengan Firefox Monitor, apakah ada teridentifikasi kebocoran atau tidak.


Langkah-langkah

  1. Menuju websitenya Firefox Monitor
  2. Masukkan alamat email Anda, tidak berbahaya karena Monitor Firefox ini merupakan layanan pengecekan saja, sampai saat ini belum ada indentifikasi bahwa MonitorFirefox ini menginput email yang dimasukkan.
  3. Tunggu hingga proses selesai

Jika teridentifikasi akan diberitahui email anda bocor di layanan mana, contohnya seperti email saya, saya juga baru tahu ternyata email saya pernah bocor pada salah satu penyedia website design, yaitu Canva. 

Dari pihak canva sendiri pada saat itu langsung memberi pemberitahuan untuk ganti password tapi pada saat itu saya tidak tahu bahwa Canva mengalami kebocoran data. Untuk akun saya sih tidak kenapa-kenapa mungkin karena akun gratis bukan premium. 

Jika tidak ada kebocoran pada firefox Monitor maka akan diberitahu bahwa akun anda tidak mengalami kebocoran data. 


Dengan adanya kejadian ini agar dapat lebih peduli dengan data Anda sendiri terlebih data-data yang bernilai, seperti akun paypal, m banking, dan sebagainya. 

Terakhir untuk mengganti password seminggu sekali dengan kombinasi yang rumit, seperti menggunakan huruf kapital, bilangan, emoticon, tulisan aksara dan masih banyak lagi kombinasi yang rumit.

Update


Ternyata, tidak hanya Firefox yang menyediakan layanan pengecekan data email tapi antivirus ternama Avast juga mempunyai layanan yang serupa, silahkan melakukan pengecekan di Avast check. Avast check sedikit berbeda dengan Monitor Firefox, bedanya terdapat di pemberitahuan teridentifikasi kebocorannya. 

Jika teridentifikasi maka Avast akan mengirimkan pemberitahuan melalui email mengenai data yang bocor di layanan mana saja. Saya sendiri mencoba pengecekannya dan terdapat dua layanan yang menyebabkan data saya bocor. Data yang dimaksud adalah email dan password.

Baca Juga: Laam Muslim, Aplikasi Untuk Perkembangan Programer

Sekian postingan hari ini mengenai Cara Pengecekan  Email, apakah ada terindikasi kebocoran atau tidak. Semoga bermanfaat, adapun akun-akun sosial media sebaiknya tambahkan verifikasi dua langkah tapi ini juga menyulitkan. 

Jika tertimpa musibah yang menyebabkan hilangnya nomor handphone untuk melakukan verifikasi dua langkah.

Ilustrasi: Kenny Luo