Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengganti Lampu Notifikasi Xiaomi

Cara Mengganti Lampu Notifikasi Xiaomi

Cara mengganti lampu notifikasi Xiaomi - Mengapa banyak orang menginginkan lampu notifikasi yang berbeda dari bawaan HP nya? Biasanya karena menginginkan tampilan yang berbeda dari biasanya atau dari kebanyakan HP yang serupa dengan merek HP yang dimiliki olehnya.

Mengganti lampu notifikasi Xiaomi tidak dapat dilakukan pada semua Hp keluaran brand tersebut.

 Ada beberapa hp xiaomi yang memang tidak disematkan fitur untuk mengganti lampu notifikasi. Tidak dapat mengganti lampu notifikasi dapat disebabkan oleh beberapa hal. 

Penyebab Lampu Notifikasi Xiaomi Tidak Dapat Diganti

Pertama, notifikasi atau lampu yang disematkan pada Hp tersebut hanya berwarna putih atau warna lampu untuk notifikasi hanya satu warna. Walaupun dipaksa untuk ganti warna sedangkan hardware tidak mendukung sama saja. 

Kedua, sistem atau fitur penggantian warna tidak disematkan pada HP walaupun hardware mendukung untuk mengganti lampu notifikasi menjadi beberapa warna. 

Sebagai pengguna Hp yang tidak mengotak ngatik perangkatnya maka pergantian warna pada hp xiaomi-nya tidak dapat dilakukan karena memang sistem OS atau MIUI tidak memberikan fitur tersebut. 

Ketiga, OS dan sistem mendukung pergantian warna notifikasi namun usernya tidak tahu cara mengganti lampu notifikasi hpnya. Poin ketiga akan menjadi pembahasan utama dan poin kedua akan Kami beri penjelasan secara singkat. 

Cara Mengganti Lampu Notifikasi Xiaomi

  • Buka pengaturan klik Setelan tambahan
  • Kemudian klik Lampu Notifikasi
Cara Mengganti Lampu Notifikasi Xiaomi
  • Bagian Warna Lampu ubah sesuai selera
  • Selesai

Cukup mudah untuk dipraktekkan namun terkadang fitur ini terlelau tersembunyi untuk diketahui oleh user yang menggunakan gawai sebagaimana defaultnya. 

Tidak ingin mengubah-ubah takutnya nanti malah tidak bisa mengembalikannya seperti semula. Adapun fitur yang didapatkan pada bagian Lampu notifikasi sebagai berikut:

Fitur Lampu Notifikasi

Lampu nyala saat isi daya

Bagian lampu nyala saat isi daya harus dihidupkan supaya pengisian daya baterai dapat diketahui. Penting karena permasalahan xiaomi kebanyakan pada kabel daya atau pada konektor hp yang bermasalah. 

Dengan menghidupkan notifikasi lampu menyala saat mengisi daya akan membantu pengguna untuk mengetahui jika daya tidak masuk atau bermasalah.

Baca Juga: Cara Memblokir Akun Twitter Orang Lain Tahun 2022

Cahaya Kedip

Bagian cahaya kedip di-khususkan untuk notifikasi dari aplikasi yang terinstall di Hp. Misalkan pesan masuk, whatsapp, telegram dan sebagainya. 

Cahaya notifikasi akan berkedip tandanya adalah pemberitahuan dari aplikasi seperti yang sudah disebutkan diatas.

Warna Lampu

Disinilah tempat untuk mengubah warna lampu notifikasi. Terdapat 3 perubahan yang dapat dilakukan pertama pada warna lampu notifikasi, panggilan, dan lampu pesan. 

Untuk warna lampu seperti whatsapp, facebook dapat diubah pada warna lampu notifikasi karena mencakup semua aplikasi. 

Adapun warna yang diberikan oleh UI-nya terkadang tidak berfungsi untuk semua warna. Jadi baiknya Anda mencoba satu per-satu untuk mengetahui warna yang bisa digunakan atau warna yang tidak bisa digunakan. 

Warna yang disematkan adalah warna biru, merah, kuning, hijau, sian, putih, dan violet. 8 warna yang diberikan hanya berfungsi pada xiaomi Kami adalah warna putih, biru, hijau, dan merah. Untuk lainnya tidak berfungsi sama sekali. 

Singgungan Poin Kedua

Hardware support namun software atau MIUI tidak memberikan fitur penggantian warna. Apa yang dapat Anda lakukan? 

Jawabannya tidak harus melakukan apa-apa, terima saja apa yang diberikan oleh pihak resmi Xiaomi. Namun jika menginginkan fitur tersebut harus diubah sistem MIUI-nya. 

Lantas sebelum mengubah MIUI untuk mengetahui hardware Hp support untuk ganti warna notifikasi, gimana caranya? Caranya cukup gabung dengan fansbase merek Hp xiaomi tersebut. 

Mengubah MIUI memiliki risiko tersendiri karena memaksakan Hp yang diperuntukkan untuk MIUI 9 misal-kan namun karena menginginkan lampu notifikasi yang bisa ganti warna kita mengganti menjadi MIUI 12. Kembali kepada pengguna karena risiko ditanggung oleh penggunanya. 

Baca Juga: Tips Menghapus File Secara Menyeluruh Xiaomi

Kesimpulan

Cara mengganti lampu notifikasi xiaomi dapat dilakukan dengan mudah namun kebanyakan user tidak mengetahui letak penggantian warna lampu di pengaturan. 

Memaksa untuk mengganti warna lampu notifikasi Kami rasa tidak perlu karena tidak terlalu penting. 

Namun jika fitur tersebut memang disematkan pada gawai xiaomi yang mendukung maka tidak salah untuk memanfaatkannya. Terima kasih telah berkunjung.

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Lampu Notifikasi Xiaomi"