Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Kunci Aplikasi Semua Tipe Xiaomi

Cara Kunci Aplikasi Semua Tipe Xiaomi

Cara kunci aplikasi Xiaomi - Mengunci aplikasi menjadi satu keharusan supaya privasi tetap terjaga dengan baik. Dibalik mengunci aplikasi terdapat alasan lain supaya aplikasi tersebut jarang dibuka untuk membentuk fokus atau ketergantungan terhadap suatu aplikasi.

Xiaomi sendiri sudah menyediakan aplikasi kunci tersendiri. Dimana pengguna tanpa perlu lagi menggunakan aplikasi kunci aplikasi tambahan. 

Hampir semua brand HP memiliki kunci aplikasi tersendiri. Hanya saja penempatan di pengaturan jika tidak diulik secara mendalam maka pengguna tidak akan menemukannya.

Cara kunci aplikasi terbilang mudah untuk dilakukan terutama untuk pengguna xiaomi. Xiaomi menempatkan pengaturan kunci aplikasi dalam satu alat lainnya seperti pembersih cache, pindai virus, dan sebagainya. 

Pengguna pasti akan melihat salah satu fiturnya yaitu kunci aplikasi. Walaupun tidak digunakan karena tidak mengetahui kegunaannya.

Terkadang mengunci aplikasi menggunakan aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga tidak disarankan. Mengapa demikian? Pihak ketiga bisa saja mengambil data pengguna atau hal yang berkaitan dengan privasi pengguna HP. 

Oleh karena itu jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi pihak ketiga maka aplikasi tersebut harus dari sumber terpercaya. 

Baca Juga: Alternatif Lain Untuk Menekan Volume Up dan Down yang Rusak

Seperti developer yang sudah dikenal dan digunakan oleh banyak orang. Lagi-lagi tidak menjamin bahwa data Anda akan aman.

Hindari aplikasi yang membutuhkan banyak izin, kehati-hatian sangat diperlukan. Satu hal juga jangan over kehati-hatian. Adapun cara kunci aplikasi xiaomi seperti berikut.

Cara Kunci Aplikasi Semua Tipe Xiaomi

  • Pertama buka aplikasi Keamanan
  • Kedua geser ke bawah kemudian klik Kunci Aplikasi
    Cara Kunci Aplikasi Semua Tipe Xiaomi
  • Masukkan Pola kemudian konfirmasi ulang Pola yang sudah dibuat
  • Pilih aplikasi yang akan dikunci
  • Selesai.

Tidak ada batasan untuk mengunci seberapa banyak aplikasi. Kembali kepada pengguna aplikasi mana saja yang akan dikunci dan jumlah aplikasi yang dikunci. 

Selain mengunci aplikasi pada alat kunci aplikasi terdapat fitur menyembunyikan aplikasi. 

Caranya sama saja dengan tap pada pilihan di sebelah Kunci Apl yakni Apl Tersembunyi kemudian pilih aplikasi yang akan disembunyikan di layar HP Xiaomi.

Baca Juga: Aplikasi Pengingat Shalat Terbaik

Fitur Lain Selain Kunci Aplikasi Pada Aplikasi Keamanan Xiaomi

Selain kunci aplikasi ternyata terdapat fitur disamping kunci apl yaitu fitur menyembunyikan aplikasi di layar HP. 

Jadi icon aplikasi yang disembunyikan tidak akan tampak dan tidak dapat di buka aplikasi tersebut. Untuk membukanya kembali pengguna harus unchecklist aplikasi yang telah disembunyikan tersebut.

Kelebihan Mengunci Aplikasi Xiaomi

Untuk kelebihan mengunci aplikasi sangat beragam terutama untuk orang tua yang memberikan HP kepada anaknya. Anggaplah semua aplikasi dikunci dan hanya diberikan kepada aplikasi yang menunjang aktivitasnya saja, seperti game yang melatih otak dan sebagainya. 

Mengunci aplikasi juga dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti akses pribadi yang dibatasi kepada pengguna lain yang bisa saja menggunakan HP tanpa sepengetahuan penggunanya.

Tujuan utama dari mengunci aplikasi adalah membatasi pengguna lain untuk mengakses aplikasi tertentu disebabkan adanya privasi yang harus dijaga. 

Adapun alasan lain yaitu supaya lebih fokus, aplikasi mengunci aplikasi dengan pola yang sulit sehingga pengguna yang mengunci aplikasi sendiri malas untuk membukanya.

Baca Juga: Backup Chat Whatsapp

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengunci Aplikasi

Perhatian harus tertuju pada kelupaan pola, sering terjadi lupa pola atau sandi untuk membuka aplikasi yang sudah di kunci. 

Untuk Xiaomi sendiri memberikan banyak opsi pengguna dapat membuka aplikasi yang dikunci dengan tiga cara. 

Pertama menggunakan pola, kedua menggunakan sidik jari, ketiga menggunakan wajah. Dengan ketiga cara diatas seharusnya pengguna tidak perlu khawatir jika kelupaan pola nantinya.

Namun untuk mereset ulang pola yang sudah lupa pengguna Xiaomi harus mengingat akun cloud-nya. Jika lupa pola maka xiaomi memberikan opsi untuk lupa password dan dapat dikonfirmasi dengan memasukkan sandi dari cloud xiaomi. Setelah memasukkan sandi maka pola dapat dibuat ulang.

Baca Juga: Browser Terbaik Android Untuk Kamu

Hal ini juga berlaku jika Anda menggunakan aplikasi tambahan untuk mengunci aplikasi yang terdapat pada HP. 

Perhatikan cara mereset pola sebelum menggunakannya dalam jangka panjang. Supaya tidak kerepotan untuk membuka aplikasi yang terkunci.

Kesimpulan

Cara kunci aplikasi semua tipe xiaomi dapat dengan mudah dilakukan. Pengguna yang terbiasa membersihkan cache maka akan sering melihat fitur kunci aplikasi. 

Baca Juga: Cara Kompres Foto Menjadi 200kb

Kunci aplikasi memiliki banyak manfaat seperti yang sudah dijelaskan dan memberikan proteksi terhadap aplikasi yang dirasa memiliki data penting untuk tidak ketahui oleh banyak orang termasuk orang terdekat. 

Penting diperhatikan sebelum menggunakan kunci aplikasi adalah cara mereset pola atau sandi jika nantinya pengguna lupa dengan pola/sandi yang sudah dibuat. Sekian, terima kasih.



Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Kunci Aplikasi Semua Tipe Xiaomi"