Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Backup Chat Whatsapp

Cara Backup Chat Whatsapp
Backup Chat Whatsapp

Haris Discussion
- Backup chat whatsapp, hal sering dilakukan oleh orang-orang yang merasa penting dengan isi chattingannya. Jika tidak ya tidak diharuskan mencadangkannya.

Ada juga cara untuk mencadangkan chat yang sudah hilang dari aplikasi whatsapp dengan database yang masih tersimpan di folder whatsapp. Tetapi pada pembahasan ini kita tidak akan membahas sampe sedemikian detailnya.

Karena software bisa disalahgunkan walaupun softwarenya open souce. Software yang open source bisa digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Maka dari itu sata tidak akan membahasnya tetapi menyinggung sedikit untuk menyatakan bahwa ada software yang open source yang bisa mengakses chat walaupun sudah dihapus dengan catatn masih ada databasenya di folder whatsapp sistem.

Baca Juga: Cara Mengganti Email di Mi Akun

Adapun cara backup chat whatsapp yang akan menjadi materi postingan cukup mudah dan simple karena fitur ini sudah disediakan oleh whatsapp itu sendiri. Hanya dengan beberapa klik dan akan dikirmkannya backup chat.

Kekurangannya hanya tidak bisa mengbackup chat seluruh orang melainkan hanya orang yang ingin kita backup saja. Hanya per-orang tidak bisa sekaligus banyak. Kekurangan ini juga menjadi kelebihan jika dilihat dari sisi yang lain.

Karena tidak semua chattingan itu penting jadi Anda bisa memilih chat mana saja yang akan di backup.

Walaupun cara backup chat wa ini mempunyai tujuan yang baik (positif) yakni untuk menyimpan history chat tetapi ada saja orang-orang yang memanipulasi menjadi kejahatan semata.

Misalnya dengan membackup tanpa sepengetahuan pemilik whatsapp. Tidak semua yang positif akan tetap dengan positifnya begitupula dengan negatif. Terjemahkan sendiri, haha..

Ada juga aplikasi yang menyediakan backup, munculnya aplikasi ini sebelum adanya fitur di wa itu sendiri. Mungkin developer mengetahuinya jadi dibuat saja tanpa harus mempunyai aplikasi pihak ketiga untuk mengbackup chat tersebut.

Ini berlaku di whatsapp versi terbaru ya karena di whatsapp versi lama tidak ada fitur ini. Untuk versi tepatnya saya sendiri tidak mengingatnya. Berikut cara untuk mencadangkan chat di whatsapp.

Cara Backup Chat Whatsapp

Langkah-langkah:

  1. Buka aplikasi whatsapp
  2. Pilih chat yang akan di backup
  3. Klik titik tiga sebalah kanan atas pilih lainnya dan pilih ekspor chat
  4. Di sudutkan dengan dua pilihan sertakan media atau tidak, yakni sertakan gambar atau file-file yang pernah dikirimkan
  5. Setelah itu akan diberikan pilihan chat tersebut akan dicadangkan kemana.
  6. Ada googledrive, gmail dan sebagainya


Cara Backup Chat Whatsapp

Nah untuk ekspor chat wa biasanya orang-orang menggunakan email lebih tepatnya gmail karena kemudahannya. Anda pun bisa mempraktekannya. Jika ingin ke google drive juga bisa. Toh banyak pilihan yang bisa dipilih. Ada juga bluetooth sebagai alternatif lainnya.

Fitur ini juga bisa digunakan oleh para orang tua untuk menjaga aktifitas anaknya di dunia maya. Seperti kita ketahui dunia maya sangatlah bebas, bisa mengakses apapun yang dia mau dan jika tanpa adanya pengawasan orang tua sangat dimungkinkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika tidak mampu mengawasi 24 jam.

Dengan edukasi yang baik dan mendidik anak pasti akan memahaminya. Banyak cara untuk mengontrol aktifitas anak bisa dengan menggunakan google family atau dengan aplikasi lainnya. Aplikasi tersebut bertujuan untuk menutupi akses yang dibatasi oleh umurnya.

Baca Juga: Membuka Dokumen Format DjVu di Android

Jika ada konten yang mengandung kekerasan atau hal dewasa tidak akan tampil di smartphonenya. Fitur backup di wa ini bisa membantu orang tua untuk memantau anaknya, bergaul dengan siapa aja, gimana pembicaraan anaknya.

Bukan untuk dikomentari tetapi untuk sekadar tahu saja. Anak-anak biasanya tidak akan suka dengan orang tua yang menggangu privasinya juga, haha..

Sekian postingan mengenai cara backup chat yang ada di whatsapp. Semoga membantu.

Ilustrasi: Priscilla Du Preez