Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengubah DNS Wifi Android Tanpa Aplikasi Lain

Cara menambahkan DNS pada koneksi internet yang terkoneksi dengan wifi tanpa aplikasi tambahan

Cara menambahkan DNS pada koneksi internet yang terkoneksi dengan wifi tanpa aplikasi tambahan mungkin judul tersebut lebih tepat untuk menggambarkan fokus pembahasan. Sebelumnya sudah dibahas tentang DNS? Apa Hubungannya Dengan Blokiran Kominfo

Penggunaan Dns pada koneksi internet dapat membantu lalu lintas internet lebih lancar namun tidak mempercepat kecepatan internet itu sendiri. 

Untuk meningkatkan kecepatan internet sangat berpengaruh terhadap spesifikasi handphone atau perangkat dalam mengirim dan menerima data, provider, dan lokasi. Hal tersebut akan sangat berpengaruh dalam meningkatkan kecepatan intenet. 

Dns memperlancar dapat dicontohkan pada suatu website yang tidak menerima secara langsung akses melalui jaringan dasar melainkan harus melalui pengantar. 

Pengantar yang dimaksud adalah dns, umumnya dns diketahui adalah milik google dengan 8.8.8.8 dan cloudfire dengan 1.1.1.1

Dns yang biasa diketahui umum hanya dua tersebut, biasanya menggunakan dua Dns tersebut sudah mampu untuk memperlancar lalu lintas atau berjelajah di internet. 

Adapun cara menambahkan DNS pada handphone yang terkoneksi dengan internet melalui wifi sebagai berikut: 

Cara Menambahkan DNS di Handphone yang Terkoneksi Wifi

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah ke Pengaturan Wifi
  • Koneksikan perangkat dengan Wifi
  • Klik Rincian Jaringan Wifi (Nama wifi yang dipilih)
Cara menambahkan DNS pada koneksi internet yang terkoneksi dengan wifi tanpa aplikasi tambahan
  • Pada bagian Setelah IP, dari DHCP pilih menjadi Statis
  • Ubah pada DNS 1 (1.0.0.1) dan DNS 2 (1.1.1.1)
Cara menambahkan DNS pada koneksi internet yang terkoneksi dengan wifi tanpa aplikasi tambahan
  • Untuk Alamat Ip, Gateway, Panjang Awalan itu merupakan alamat default yang diberikan oleh wifi terkonesi
  • Klik simpan atau centang (samping kanan atas). Selesai.

Ulasan diatas merupakan DNS cloudfire dengan 1.0.0.1 dan 1.1.1.1. Goolge 8.0.0.8 dan 8.8.8.8. Kedua Dns merupakan Dns paling umum dengan kecepatan Dns yang stabil, jika mencari dns lain diluar sana maka Anda akan menemukan dns yang banyaknya luar biasa namun kecepatannya tidak stabil google maupun cloudfire. 

Untuk mendapatkan Dns dengan kecepatan yang tinggi Anda harus menggunakan Dns premium yang disediakan oleh penyedia layanan Dns itu sendiri. 

Baca Juga: Tempat Lirik .lrc dan Menggunakannya di Android

Penggunaan Dns juga dilakukan pada saat bermain game online yang membutuhkan kestabilan internet, perlu diingat bahwa penentu kestabilan internet bukan terletak pada dns namun pada provider, perangkat dan lokasi yang Anda tempati. Dns bertujuan untuk melancarkan koneksi Anda yang terhubung dengan server game. Berhati-hati untuk tidak menggunakan Dns diluar sana dengan iming-iming kecepatan tinggi jika tidak mengetahui sumber asal Dns tersebut. 

Setelah menggunakan dns Anda akan merasakan perubahan saat melakukan browsing di internet namun perubahan tersebut tidak signifikan. Perubahan ini terjadi karena adanya pengaruh dari dns yang sebelumnya akses internet Anda langsung ke server setelah menggunakan dns akses internet tidak langsung keserver lainkan dihantarkan oleh dns. 

Baca Juga: Scanner Ocr Terbaik Android

Perubahan-perubahan yang terjadi tidak terlihat besar-besaran namun jika Anda sering memperhatikan kecepatan, tingkat proses memuat saat memasuki platform internet maka perubahan tersebut akan terasa. 

Apakah Dns harus digunakan? jawabannya adalah iya untuk melihat efektivitas dari penggunaan Dns itu sendiri pada handphone Anda. Jika berbicara saja tanpa adanya tindakan hanyalah bualan saja. 

Kesimpulan

Penggunaan dns pada handphone sangat jarang digunakan dan lebih menggunakan aplikasi pihak ketiga. Penggunaan aplikasi pihak ketiga tidak salah namun sistem OS dirancang memang menyematkan fitur dasar tersebut. Oleh karena itu jika Anda sudah mengetahui hal tersebut maka hapuslah aplikasi pihak ketuga dan gunakan fitur dns yang sudah disematkan pada sistem Os handphone. Terimakasih telah berkunjung. Sekian.

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah DNS Wifi Android Tanpa Aplikasi Lain"