Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DNS? Apa Hubungannya Dengan Blokiran Kominfo

kominfo ancam blokir

Cerita-cerita saja, sebagai orang awam dalam pemahaman DNS dan blokir-blokir kominfo yang baru-baru ini cukup ramai dibicarakan di tanah air tercinta ingin sedikit mengulas jalan kerja dari penggunaan dns untuk membuka blokiran. Dns paling banyak digunakan saat ini merupakan milik google dan cloudfire, dilihat dari kecepatan kebanyakan dns, kedua dns tersebutlah paling ngebut dari banyaknya penyedia dns gratis. Gimana sih cara kerja dns hingga dapat membuka blokiran dan kominfo? caranya seperti vpn tetapi bukan seperti vpn, hehe.. Nanti coba saya ilustrasikan dengan gambar biar mudah dipahami, ilustrasinya akan sama dengan penggunaan vpn tetapi saya juga kurang mengerti sesungguhnya cara kerja Dns dalam membuka blokiran kominfo. Jadi untuk apa artikel ini dibuat? Untuk nambah-nambah postingan atuh. Kali aja ada yang gabut butuh bahan bacaan. 

Ilustrasi yang saya pahami sebagai orang awam dalam memahami Dns sebagai berikut: Ip address kita yang berasal dari Indonesia masuk kedalam Dns google atau cloudfire kemudian masuk ke website yang diblokir. Berbeda dengan vpn, apabila vpn diaktifkan maka ip address kita akan berubah menjadi ip address negara lain dan lalu lintas akses jaringan yang kita lakukan di internter akan dienkripsi. 

kominfo ancam blokir

Demikian ilustrasi yang saya pahami, perbedaan dengan vpn lalu lintas internet akan di enkripsi. Permasalahan blokir-blokir sudah lama dilakukan oleh Kominfo terutama pada situs terlarang. Adapun akses paypal yang sempat diblokir oleh Kominfo ada baiknya tidak menggunakan dns saat mengakses situs tersebut karena jika terjadi perubahan Ip address maka Paypal akan mencurigai penyalahgunaan akun karena perbedaan Ip Address dan enkripsi jaringan. Biasanya ini terjadi karena penggunaan Vpn bukan karena Dns, hemat saya Dns tidak akan mengubah Ip address. Pemblokiran paypal jelas merugikan penggunanya karena paypal diibaratkan bank digital dunia, transaksi antar negara paling mudah ya menggunakan Paypal. Alasan sederhananya karena jelas dan resmi. Walaupun dalam beberapa tahun adanya blockchain sangat membantu transaksi antara negara dengan cara yang baru.

Penggunaan Dns harusnya dapat dilakukan tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga, cukup memanfaatkan fitur yang disematkan pada sistem Os yang Anda gunakan. Sebagai contoh pengguna windows dapat dengan mudah mengaktifkan dns dengan pengaturan internetnya. Penggunaan aplikasi pihak ketiga akan memakan memori perangkat Anda terlebih sekarang browser sudah menyematkan fitur Dns. Supaya Anda tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga ataupun menggunaan add ons tambahan. 

Lantas apa hubungannya Dns dengan Kominfo? Adanya penggunaan dns pada lalu lintas internet dapat membuka website yang diblok oleh Kominfo, beberapa kasus penggunaan Dns juga tidak tembus yakni tidak dapat membuka website yang telah diblokir Kominfo, nggak hapus cache kali.

Kesimpulan

Selama Kominfo masih memblokir penyedia layanan yang tidak mendaftar maka akan terus menerus orang mencari tahu mengenai permsalahan ini dan ingat jangan gunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengaktifkan dns karena bisa Anda aktifkan sendiri di perangkat. Mengapa jangan? karena aplikasi pihak ketiga sangat rentan dengan virus terutama untuk orang-orang yang memanfaatkan momen seperti ini. Dengan banyaknya pilihan aplikasi dns pihak ketiga dan adanya penawarkan kecepatan internet untuk menarik perhatiaan pengguna untuk mengunduh. Maaf untuk kesalahan-kesalahan yang terdapat pada ulasan diatas. Sekian, terima kasih sudah berkunjung. 

Posting Komentar untuk "DNS? Apa Hubungannya Dengan Blokiran Kominfo"