Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Format Flashdisk Dengan Mudah

Cara Format Flashdisk Dengan Mudah

Cara format flash disk adalah cara paling mudah untuk dilakukan tetapi tidak bagi pemula, terutama bagi mereka yang masih memulai hidupnya dengan belajar komputer.

Belajar cara format flash disk adalah salah satu jalan untuk mengetahui seluk beluk dunia komputer.

Penggunaan komputer terus berkembang walaupun cara ini mudah dilakukan, apabila penggunanya sendiri tidak belajar maka akan sangat memerlukan cara-cara yang akan kami sampaikan dibawah ini.

Format flashdisk memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu untuk memperbaiki flashdisk itu sendiri.

Perlu Anda ketahui flashdisk jadul atau flashdisk lama yang masih anda gunakan bisa saja tidak menggunakan sistem keamanan yang baik oleh karena itu seringnya memasang flash disk pada perangkat komputer orang lain membuat flash disk tidak terbaca dengan baik bahkan mengalami error.

Untuk memperbaikinya ya dengan memformat keseluruhan isi dari flash disk tersebut.

Format flash disk berarti menghapus semua file baik dokumen, mp3, movie dan lainnya. Kegunaannya yaitu untuk mereset ulang, tampak seperti baru tetapi barang lama. Kira-kira demikian penjelasan format.

Baca Juga: Memunculkan Garis Angka di Microsoft Word

Cara format flashdisk terbilang mudah disebabkan pengguna tidak harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan tindakan reset pada flashdisknya. 

Hal ini juga berlaku untuk memformat harddisk ataupun micro sd. Adapun cara format flash disk sebagai berikut:

Cara Format Flash Disk Dengan Mudah

  • Pertama hubungkan flashdisk dengan komputer/laptop
  • kemudian buka Windows Explorer
  • Klik Kanan pada flashdisk kemudian klik format
Cara Format Flashdisk Dengan Mudah
  • Untuk Pengaturannya sendiri tidak perlu Anda ubah karena sudah diatur otomatis oleh windows
  • Terakhir Klik Start untuk Format
  • Tunggu hingga proses format selesai.
  • Selesai.

Format flashdisk adalah proses penghapusan semua data yang tersimpan di dalamnya dan mengatur ulang sistem file pada flashdisk sehingga dapat digunakan kembali.

Proses format akan menghapus semua data yang ada di dalam flashdisk, sehingga pengguna harus memastikan bahwa data yang ingin disimpan telah disalin terlebih dahulu ke tempat lain sebelum melakukan format.

Baca Juga: Mengatur Kecepatan Scroll Mouse di Windows 10

Berhubung format flash disk biasa dilakukan saat flash disk itu sendiri maka backup data tidak dapat dilakukan. Terlebih flashdisk tersebut sudah teridentifikasi oleh virus sebaiknya jangan di backup apalagi Anda masih menggunakan anti virus gratis.

Alasan Format Flashdisk Harus Dilakukan

Pertama kesusahan menghapus banyak file terutama untuk perangkat kentang yang akan memakan waktu lama. Kedua, flashdisk tersebut ingin digunakan namun isi dari flashdisk adalah file iso windows yang sudah di bootable.

Ketiga flashdisk mengalami error atau kerusakan. Terakhir yakni format merupakan cara termudah dan singkat untuk menghapus semua file di dalam flash disk.

Akhir-akhir ini flashdisk sudah mulai ditinggalkan oleh adanya layanan penyimpanan awan yang lebih efisien dan lebih hemat ruang. Flashdisk tidak lagi menjadi pilihan nomor satu, banyaknya pilihan yang disediakan dan flashdisk sudah tertinggal dari segi efisiensi walaupun pada beberapa bagian masih dibutuhkan.

Baca Juga: Mengatur Penomoran Makalah Judul, Romawi, dan Bilangan

Layanan cloud kini menjadi pemenang dengan kecepatan internet yang stabil membuat layanan satu ini mulai digandrungi dan menjadi layanan penyimpanan awan nomor satu yang digunakan saat ini.

Kesimpulan

Cara format flash disk dapat dilakukan baik menggunakan laptop maupun komputer bahkan handphone yang mendukung OTG.

Memformat flashdisk terbilang gampang oleh mereka yang sudah lama mendalami ilmu komputer namun tidak bagi pemula yang baru terjun ke dunia ini, perlu adanya belajar dan progres untuk menguasai dasar-dasar komputer itu sendiri.

Baca Juga: Mengkonversi Gambar ke Format WebP

Format flash menjadi ilmu dasar dari sekian banyak cara memahami ilmu komputer. Sekian, terima kasih. 

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

1 komentar untuk "Cara Format Flashdisk Dengan Mudah"

  1. Insyaallah akan dicoba. Biar gaptek si nenek ini tidak berlapis-lapis. He he ....

    BalasHapus