Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memunculkan Garis Angka di Microsoft Word

Cara Memunculkan Garis Angka di Microsoft Word
Microsoft Word

Haris Discussion - Memunculkan garis angka pada microsoft word, itulah keyword yang saya gunakan untuk mencari hal yang tidak saya ketahui sebelumnya. Terkadang menggunakan kata kunci yang tidak diketahui maksudnya oleh mesin pencari. 

Pada saat itu bingung mencari kata yang tepat untuk menggambarkan maksud yang saya tuju maka jadilah "garis angka", hahaha.. Dibalik ketidaksesuaian kata yang dimasukkan dalam mesin pencari tetap saja menemukannya jawabannya kecuali mencari maksud dalam aplikasi yang jarang digunakan. 

Untuk microsoft word sih sudah sangat banyak orang yang menggunakan mungkin hampir seluruh manusia. Adapun tujuan maksud saya membuat artikel ini adalah sebagai pengingat saja atau mungkin ada yang senasip, hehe.. mencari dengan kata kunci yang  sama. 


Garis angka di microsoft word sederhananya adalah ruler atau penggaris. Awal mulanya saya kehilangan itu garis dan tidak tahu cara memunculkannya kembali. Dengan kosakata yang terbatas maka muncul-lah kata garis angka. 

Walaupun caranya sangat sederhana tetapi ada saja orang yang awam dalam pengoperasian microsoft word akan mencarinya. Contohnya adalah saya. Mengapa tidak menggunakan kata kunci penggaris atau ruler yang biasa dipakai oleh orang lain. 

Ini lebih kepada naluri dalam pencaharian yang kita sendiri tidak mengetahui kosakatanya. Berikut cara memunculkan ruler di microsoft word.

Cara Memunculkan Ruler Microsoft Word

Langkah-langkah:

  1. Buka Microsoft Word, sepertinya berlaku untuk semua versi microsoft word
  2. Klik View, centang Ruler
  3. Setelah dicentang, muncul ruler atau penggarisnya. Selesai
Cara Memunculkan Garis Angka di Microsoft Word

Sederhana tetapi sangat membingungkan jika kita tidak akrab dengan aplikasinya. Apalagi tidak mempunyai permasalahan dalam menjalankan aplikasinya. Adapun microsoft word yang saya gunakan adalah versi tahun 2019. 

Dengan segala fitur kelengkapannya walaupun yang digunakan yang utama-utama saja. Bosan dengan tampilan yang lama tetapi versi yang lama seperti word 2007 sudah sangat membantu dalam mengerjakan tugas maupun kerjaan lain. Penggunaan microsoft word tidak hanya dalam pengerjaan tugas tetapi banyak hal yang bisa dilakukan dalam pengoperasiannya. 

Misalnya dalam hal mengerjakan surat resmi, menulis catatan, menulis buku, bahkan sebagaian orang menulis artikel blog dalam microsoft word. Microsoft word beragam macam versi, ada yang berlangganan seperti 360 ada pula yang sekali beli lisensinya. 

Jika untuk perusahaan kebanyakan melakukan kerja sama dengan microsoft dengan menggunakan office 360. Tergantung perusahaannya juga, sepertinya setiap perusahaan yang sudah berjaya sudah semestinya berlangganan karena kembali lagi kepada fitur-fitur yang tawarkan. 

Dalam pengerjaan yang simple seperti tugas perkuliahan bisa saja menggunakan aplikasi word yang open source atau dengan kata lain aplikasi yang gratis tetapi banyak diluar sana yang menggunakan microsoft word sebagai alat bantu untuk mengerjakan tugasnya. 

Jika mengerjakan secara individu mungkin bisa-bisa saja tetapi jika dalam kelompok akan sedikit bermasalah karena satu orang menggunakan aplikasi word open source dan satunya lagi menggunakan aplikasi microsoft word, permasalahannya saat membagikan fila yang sudah dikerjakan, karena pembacaan file dan kesesuain format dalam word itu berbeda-beda. 

Dalam versi microsoft pun terdapat perbedaan jika Anda membuka dokumen yang dibuat dimicrosoft word 2007 pada word 2019. Berantakan dan harus dirapikan kembali. Ini  sama halnya jika Anda menggunakan aplikasi word yang berbeda pembuatnya, yang  sama saja dalam versinya bisa berantakan apalagi dalam aplikasi yang berbeda pembuatnya. 

Sering juga terjadi saat ngeprint dokumen, berbeda cerita jika Anda membawa laptop ke tempat print-nya. Kebiasaan menggunakan flashdisk atau melalui kabel usb untuk mentransfer dokumen ke komputer yang disediakan untuk ngeprint. 

Nah disini biasanya terjadi permasahan juga. Jika Anda pengguna word 2007 sudah seharusnya mengupgrade setidaknya ke versi word 2010. Karena rata-rata penyedia layanan print menggunakan word 2010. Word 2010 juga sudah support untuk word keatasnya. 


Sekian pembahasan sederhana mengenai cara menampilkan ruler pada microsoft word walaupun pembahasan akhir-akhir sedikit melenceng, tetapi masih menjadi fokus utamanya microsoft word, tidak apa-apa supaya artikelnya sedikit panjang. Toh yang membutuhkan akan langsung ke poin utamanya. Semoga bermanfaat

Ilustrasi: Glenn Carstens-Peters