Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengkonversi Gambar ke Format WebP

Mengonversi Gambar ke Format WebP dengan XnConvert

Haris Discussion - Hari ini saya akan membahas mengenai Cara Mengubah Gambar Menjadi Format WebP, terciptanya tutorial ini dikarenakan pagespeed google yang mengatakan bahwa jika menggunakan format webp lebih menghemat data dan waktu loading blog.

Lama Memuatnya blog bagi setiap orang berbeda-beda, ada yang tidak mempermasalahkannya ada juga yang mempermasalahkan. Lama memuat suatu blog juga berpengaruh pada visitor, bukan berarti visitor tidak akan mengunjungi tapi lebih kepada memilih alternatif blog lainnya, dikarenakan jika membuat konten yang cenderung sama dengan kebanyakan website lainnya.

Jika konten blog tersebut hanya di dapatkan di blog tersebut mungkin visitor akan menunggu walaupun lama. Lamanya loading blog juga sangat bergantung pada kecepatan jaringan, contohnya saja Telkomsel yang stabil di kota saya tapi sangat tidak tercangkau untuk kantong mahasiswa.

Cara converter gambar ke webp ini adalah offline, artinya menggunakan software. Jika online sangat banyak menggunakan data, dari upload gambar hingga mendownload kembali gambar yang sudah di konversi.

Ada saja kesalahan kecil saat mengupload gambar ke website converter seperti ukuran gambar belum sesuai tapi sudah menguploadnya, harus upload ulang lagi. Berawal dari situlah saya mencoba software ini. Adapun software yang saya maksud adalah XnConvert.

XnConvert sangat ringan dan sangat memduahkan penggunya. XnConvert tidak hanya dapat menkonversi gambar ke format gambar webp tapi bisa mengkonversi ke berbagai format gambar, seperti yang kita ketahui Png, Jpeg, Gif, Psd dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Format JPG dan PNG

XnConvert juga bisa diatur tingkat kompres data gambar yang bermakna dapat mengecilkan ukuran gambar, misal ukuran gambar 50kb menjadi 20kb tanpa mengurangi kualitas gambar yang dikompres. Jika diatur high kompres ya pasti akan memperngaruhi kualitas gambar.

Untuk menjaga kualitas gambar tingkat kompresnya kisaran 75% - 80%. Berikut cara mengkonversi gambar menjadi format Webp, disini saya memberikan contoh gambar format Png menjadi gambar format WebP.

Langkah - Langkah

  • Mengunduh softwarenya XnConvert, install
  • Buka softwarenya kemudian ke menu Output
  • Pada bagian Format, samping kanan.
  • Pilih format gambar yang akan di konversi, contoh Webp
  • Pada bagian settings, dapat mengatur kualitas gambar yang akan dikompres


  • Untuk gambar yang akan di convert bisa di drag ke dalam XnConvert atau seperti biasa Open file
  • Kemudia klik convert untuk mengkonversisinya, selesai.


Hasil dari XnConvert


Hasil dari XnConvert

Jika sobat menguploadnya ke blog dengan ukuran gambar 20kb dengan format Webp, saat mendownload gambar tersebut dengan otomatis akan di convert menjadi Jpg oleh blogger, ukuran jpg pastinya lebih besar dari Webp.

Baca Juga: Cara Screenshot Fullpage di Semua Browser Pc

Sekian postingan mengenai pembahasan Mengonversi Gambar ke Format WebP, semoga bermanfaat. Terutama untuk sobat yang sedang memperbaiki kecepatan blognya, gambar salah satu yang cukup mempengaruhinya.

Kebiasaan saya jika gambar ukuran gambar Png masih terlalu besar walaupun sudah dikompres maka saya akan kompres sekali lagi dengan software ini.

XnConvert tidaklah menjadi salah satu software yang dapat mengubah format gambar, ada banyak software yang mirip XnConvert diluar sana tapi XnConvert lebih memudahkan penggunanya menurut saya, tidak ribet. Sekian, terimakasih sudah berkunjung.

Ilustrasi: Markus Spiske