Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Solusi Mutakhir Tidak Bisa Instal Aplikasi di Luar Playstore

Solusi Mutakhir Tidak Bisa Instal Aplikasi di Luar Playstore

Solusi mutakhir untuk mengatasi tidak bisa instal aplikasi di luar playstore adalah dengan mempunyai pengetahuan dasar terhadap beberapa syarat pada instalasi terutama pengguna android. Ilmu dasar instalasi seperti halnya windows mengetahui perbedaan 32bit dan 64bit.

Dengan adanya pengetahuan dasar dalam instalasi maka menginstall berbagai aplikasi diluar playstore akan lebih mudah dan hambatan akan jarang ditemui. 

Dengan mengetahui beberapa syarat nantinya dapat dipastikan jika terjadi permasalahan yang sama berarti kesalahan terletak pada developer pembuat aplikasi yang akan di instal.

Terkadang instalasi aplikasi tidak melihat kepada rangkaian komponen yang akan dibahas dibawah disebabkan beberapa penyedia layanan aplikasi berbentuk apk akan memberikan untuk semua opsi. 

Hal tersebut akan memudahkan pengguna jika layanan yang menyediakan berbagai aplikasi memberikan pilihan semua pilihan pada arsitektur kernel pada CPU.

Solusi terbaik untuk mengatasi tidak bisa instal aplikasi di luar playstore dapat Anda ikuti sebagai berikut:

Solusi Mutakhir Tidak Bisa Instal Aplikasi di Luar Playstore

Biasanya pengguna melakukan berbagai kesalahan seperti menginstall aplikasi yang tidak sesuai dengan HP yang digunakan oleh karena itu pengguna HP harus mengetahui ilmu dasar sebelum menginstall berbagai aplikasi. Berikut ulasannya:

Mengetahui Perbedaan ARM, ARM64, dan X86

Mengapa harus mengetahui arsitektur kernel pada CPU? Mengetahui ARM, ARM64, dan X86 yang digunakan pada HP untuk meminimalisir terjadinya aplikasi tidak bisa install. ARM beroperasi pada 32bit, ARM64 pada 64bit dan X86 pada keduanya.

Pengguna HP seharusnya mengetahui jenis arsitektur kernel yang digunakan pada gawainya untuk memudahkan pencarian aplikasi apk untuk di install.

Situs yang menampilkan ARM, ARM64, dan X86 akan memudahkan pengguna untuk memilih aplikasi mana yang harus ia unduh supaya support dengan sistem operasinya. Jika terdapat X86 akan sangat memudahkan baik pengguna 32bit ataupun 64bit karena versi tersebut akan berjalan pada keduanya.

Untuk mengetahui ARM, ARM64, dan X86 pada HP. Pengguna harus menginstall aplikasi pihak ketiga seperti cpu z. Untuk langkah-langkah mengetahui jenis ARM, ARM64, dan X86 pada Hp android sebagai berikut:

Cara Mengetahui Jenis ARM, ARM64, dan X86 Android

  • Install CPU Z melalui playstore
  • Buka CPU Z, klik pada bagian system
  • Kemudian lihat pada Kernel Architecture akan tertera keterangan ARM atau ARM64
  • Selesai.

Setelah mengetahui jenis kernel architecture pada android Anda, langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi yang diinginkan di luar playstore langkahnya dapat diikuti sebagai berikut:

Mengunduh Aplikasi di Luar Playstore

  • Buka Google.com
  • Ketik pada pencarian Nama aplikasi apk. Contoh Telegram apk
  • Kemudian pilih website terpercaya untuk mengunduh aplikasi Telegram
  • Unduh aplikasinya lalu Install
  • Selesai

Situs layanan berbagi aplikasi seperti apkpure, uptodown dan sejenisnya memang memberikan aplikasi yang memiliki kernel arsitektur X86 supaya pengguna yang mengunduh dapat langsung berjalan pada 32 bit ataupun 64bit.

Kegunaan dari mengetahui ARM dan ARM64 pada Hp adalah untuk mengunduh aplikasi yang dibuat khusus untuk 64bit atau 32bit. Biasanya terdapat pada situs berbagi aplikasi lainnya. Biasanya tertera pada deskripsi bahwa aplikasi tersebut diperuntukkan untuk 64bit atau 32bit.

Sebelumnya telah Kami ulas mengenai Cara Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi di Play Store, silahkan dibaca jika mengalami masalah pada instalasi dalam playstore.

Kami (harisdiscussion.com) merasakan bahwa permasalahan terbesar terletak pada kernel arsitektur tersebut. Masalah tidak bisa instal aplikasi diluar playstore bukan terletak pada pengguna awam yang baru menggunakan Hp yang tidak mengerti cara instalasi aplikasi diluar playstore.

Jika instalasi diluar playstore Anda harus mengizinkan aplikasi luar untuk menginstalnya. Cara menginstal aplikasi di luar playstore sebagai berikut:

Cara Mengizinkan Aplikasi Tidak Dikenal Untuk Diinstall

  • Aplikasi telah diunduh berbentuk apk dan disimpan di File Manager
  • Buka pengaturan, klik Apl lalu klik Kelola Aplikasi
  • Cari File Manager kemudian klik, Scroll kebawah
  • Klik Instal apl dari sumber yang tak diketahui
  • Kemudian klik Izinkan dari sumber ini
  • Setelah mengizinkan, buka file manager klik aplikasi yang akan di instal
  • Klik next-next agar terinstall aplikasi yang diinginkan
  • Selesai.

Kesimpulan

Pengetahuan dasar dalam mengetahui jenis kernel arsitektur pada CPU masing-masing hp yang digunakan akan membantu pengguna memecahkan masalah tidak bisa instal aplikasi di luar playstore. 

Adapun permasalahan yang serupa diakibatkan tidak mengizinkan aplikasi untuk diinstal melalui instalasi bawaan sistem.

Kedua cara di atas Kami rasa sudah cukup memberi solusi terhadap masalah-masalah yang sering dialami. Sekian terima kasih telah berkunjung.


Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Solusi Mutakhir Tidak Bisa Instal Aplikasi di Luar Playstore"