Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Solusi Tidak Bisa Instal Aplikasi di Play Store

Solusi Tidak Bisa Instal Aplikasi di Play Store

Solusi tidak bisa instal aplikasi Play Store - Masalah tidak bisa instal aplikasi di playstore sering ditemui karena pembaruan aplikasi tertentu ataupun sistem sudah support dengan aplikasi yang akan diinstall.

Perangkat Anda tidak kompatibel adalah pernyataan yang seringkali ditemui oleh pengguna yang masih menggunakan gawai lawas. 

Oleh karena cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengupgrade HP. Cara mengatasi tidak bisa instal aplikasi di play store termutakhir adalah dengan menggunakan HP yang memiliki sistem Android terbaru.

Mengunjungi artikel satu ini adalah harapan atau masukan terhadap masalah yang dihadapi. Lagi-lagi permasalahan tidak bisa instal di playstore adalah karena perangkat Anda tergolong jadul untuk digunakan di masa sekarang. 

Namun hal tersebut masih bisa diatasi dengan berbagai cara. Untuk cara mengatasi tidak bisa menginstal aplikasi di playstore sebagai berikut:

Solusi Tidak Bisa Instal Aplikasi di Play Store

Identifikasi Masalah Tidak Dapat Menginstal Aplikasi di Playstore - Satu

Cara memperbaiki tidak bisa instal aplikasi di play store dapat dilakukan dengan berbagai cara namun sebagai pengguna HP harus mengetahui permasalahannya terlebih dahulu. 

Sebagai contoh penyebab tidak bisa install aplikasi di play store dapat disebabkan oleh perangkat yang digunakan tergolong jadul sehingga aplikasi yang ingin di install memuat tulisan "perangkat Anda tidak kompatibel". Jika mengalami masalah tersebut untuk mengatasinya sebagai berikut:

Solusi Playstore Tidak Bisa Instal Aplikasi "Perangkat Anda Tidak Kompatibel"

Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mengunduh aplikasi yang kompatibel dengan perangkat Anda. Caranya ketik di pencarian google dengan kata: nama aplikasi apk history sebagai contoh whatsapp apk history. Gunakan website-website yang terpercaya seperti apkpure dll.

Solusi Tidak Bisa Instal Aplikasi di Play Store

Tujuan dari mencari riwayat rilis aplikasi sekiranya akan menemukan aplikasi yang rilis setahun atau bulan yang kompatibel dengan perangkat. 

Play store tidak bisa install aplikasi dapat diatasi dengan cara tersebut. Berlaku untuk gawai jadul. Jadul? maksudnya masih menggunakan android lolipop di tengah gempuran android 13.

Baca Juga: Mudah Cara Tampilkan Subtitle Pakai Mx Player

Identifikasi Masalah Tidak Dapat Menginstal Aplikasi di Playstore - Dua

Penyebab tidak bisa instal aplikasi di playstore tidak hanya ditemui pada Hp jadul namun juga ditemui pada Hp yang sudah menggunakan sistem operasi terbaru. 

Hal tersebut disebabkan masih mempunyai bug pada sistem operasi tersebut. Sebagai contoh mengunduh atau update sistem MIUI, terkadang pengguna akan menemukan aplikasi yang tidak bisa di install di playstore. Untuk memperbaiki hal tersebut dapat disimak sebagai berikut:

Solusi Playstore Tidak Bisa Instal Aplikasi Disebabkan Update OS/MIUI

Apa yang harus dilakukan oleh pengguna yang telah mengupdate sistem operasi hpnya namun memiliki masalah pada instalasi aplikasi di play store? Jawabannya adalah menunggu. Mengapa? Developer OS dan pengembang aplikasi. 

Developer OS belum memperbaiki bug yang terdapat pada instalasi aplikasi, bukan kesalahan playstore. Kedua pengembang aplikasi yang hendak di install, mereka belum mengoptimalkan atau belum meng-uprade aplikasinya untuk bisa digunakan pada OS terbaru. Sabar adalah jawaban yang tepat pada kasus ini.

Solusi Terakhir Play store Tidak Bisa Menginstall Aplikasi

Masalah-masalah sudah Kami paparkan namun bukan karena masalah tersebut apa yang harus dilakukan? Lakukanlah beberapa hal ini setidaknya sebagai pengguna sudah berusaha.

Hapus Cache Play Store

Cache adalah data yang tersimpan setidaknya dengan menghapus cache pada play store akan memuat playstore seperti Anda membukanya pertama kali. Untuk caranya sendiri dapat dilakukan dengan masuk ke pengaturan aplikasi playstore kemudian klik penyimpanan lalu klik hapus cache.

Solusi Tidak Bisa Instal Aplikasi di Play Store

Restart HP (Handphone)

Restart dianggap sepele tetapi restart merupakan fitur yang harus digunakan oleh setiap pengguna untuk menjalankan perangkat hardware lebih baik setelah adanya jeda (mati) kemudian hidup kembali. 

Untuk merefresh kembali data-data yang berantakan. Restart merupakan cara terbaik untuk memperbaiki tidak bisa menginstall aplikasi di playstore.

Gunakan Pembersih Untuk Mengoptimalkan HP

Pembersih biasanya sudah disediakan oleh perangkat masing-masing handphone. Lakukan pembersihan menggunakan aplikasi pembersih bawaan Hp Anda untuk mengoptimalkan kinerja dari smartphone. Pembersih dapat melakukan clear cache dengan keseluruhan aplikasi yang akan membantu optimalisasi Hp.

Baca Juga: Membuka Dokumen Format DjVu di Android Terbaru

Kesimpulan

Tidak bisa instal aplikasi di Play Store dapat diatasi dengan mode sabar, permasalahan playstore disebabkan oleh beberapa faktor. Sabar dan telaten dalam mengikuti solusi diatas jalan keluar. 

Namun jika belum teratasi coba update play store, dapat Anda install melalui pencarian google. Terima kasih telah berkunjung.

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Solusi Tidak Bisa Instal Aplikasi di Play Store"