Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mudah Mengetahui Size Folder Windows Dalam Local Disk C/D/E

Cara Mudah Mengetahui Size Folder Windows Dalam Local Disk C/D/E

Mengetahui ukuran atau besaran file yang terdapat pada folder windows mengharuskan keharusan bagi mereka yang memiliki penyimpanan dengan ukuran kecil.

Dengan mengetahui size folder pada windows secara keseluruhan sebagai pengguna dapat menimbang file mana yang akan dihilangkan supaya penyimpanan menjadi lega kembali.

Terdapat dua program yang dapat menjalankan perintah tersebut. Program bawaan windows sendiri seperti windows explorer tidak melengkapinya dengan semua data.

Jika pengguna ingin mengecek satu persatu maka tidak masalah hanya mengobarkan waktu saja yang mana menggunakan program pihak ketiga dapat mempersingkat waktu tersebut.

Dua program tersebut menurut Kami adalah yang terbaik untuk mengecek besaran file yang terdapat pada partisi C, D, E ataupun lainnya yang terhubung dengan laptop/pc.

Lebih lanjut tentang dua program yang Kami maksud untuk mengetahui size folder windows dalam local disk C/D/E silahkan simak.

Cara Mudah Mengetahui Size Folder Windows Dalam Local Disk C/D/E

Dua program ini hanya menjalankan fungsi utamanya yakni sebagai media explorer yang memberikan data lebih lengkap daripada explorer bawaan windows. Adapun program yang dapat melihat size folder windows, yakni:

1. WinDirStat

WinDirStat adalah program yang dijalankan sebagaimana fungsi explorer bawaan windows namun dengan kelengkapan informasi ukuran/besaran setiap file.

Pengguna tidak harus lagi klik kanan kemudian klik properties untuk mengetahui ukuran setiap file ataupun folder.

Hal ini memudahkan pengguna untuk mencari file ataupun menghapus file yang berukuran besar, sekiranya tidak diperlukan lagi maka menghapus adalah jalannya.

Terdapat satu hal yang harus diperhatikan oleh pengguna, Kami menyarankan pengguna untuk menghilangkan Treemap yang menyebabkan lambatnya loading.

Caranya cukup dengan klik Treemap kemudian hilangkan centang pada Show Treemap.

Cara Mudah Mengetahui Size Folder Windows Dalam Local Disk C/D/E

2. Folder Size Explorer

Program satu ini sudah diketahui dari namanya yang dikhususkan untuk mengetahui besaran/ukuran dari folder file windows. Tidak ada perbedaan program ini dengan program pertama. 

Baca Juga: Cara Update Aplikasi di Laptop

Kami menyarankan keduanya, apabila terdapat kendala pada program pertama yakni WinDirStat dapat menggunakan program satu nya lagi Folder Size Explorer.

Cara Mudah Mengetahui Size Folder Windows Dalam Local Disk C/D/E

Perlu diketahui juga bahwa kedua program ini dapat secara langsung mengetahui ukuran folder dari disk internal maupun eksternal. Seperti HDD eksternal, flashdisk, bahkan cloud lokal dapat dengan mudah dibaca oleh kedua program tersebut.

Baca Juga: Cara Share Screen di Microsoft Teams

Manfaat Mengetahui Size Folder Windows Dalam Local Disk C/D/E

Sempat Kami singgung diatas bahwa manfaat mengetahui size folder windows adalah memudahkan pengguna untuk menghapus file/folder yang sudah tidak digunakan/diperlukan lagi. Dengan menghapus folder atau file besar yang tidak diperlukan lagi maka penyimpanan akan lebih lega.

Biasanya file-file yang tidak diketahui jejaknya terdapat pada partisi C oleh karena itu program ini diperlukan. Apabila menggunakan explorer bawaan windows akan memakan waktu yang cukup lama untuk mengecek satu-persatu folder. Adanya program ini jelas memudahkan.

Baca Juga: Rekomendasi Pemutar Musik Terbaik Desktop

Sebagai contoh Anda pemakai aplikasi Canva namun canva sudah dihapus, untuk file-file yang tersimpan belum sepenuhnya terhapus maka dengan program ini Anda dapat menghapusnya dengan melihat besaran ukuran file pada setiap folder.

Kesimpulan

Cara Mudah Mengetahui Size Folder Windows Dalam Local Disk C/D/E cukup mudah digunakan oleh pengguna awam. Kami ingatkan kembali untuk program pertama hilangkan centang pada Show Treemap untuk memperlancar proses pembacaan ukuran dari setiap folder yang terdapat pada partisi.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Pemutar Video Terbaik Desktop

Apabila menggunakan pc dengan spek tinggi maka hal tersebut tidak diharuskan. Kami sendiri merasa lambat apabila menyalakan treemap oleh karena itu Kami menyarankan untuk menonaktifkan treemap tersebut.

Sekian, terima kasih. 



Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengetahui Size Folder Windows Dalam Local Disk C/D/E"