Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mencari Spektrum Frekuensi Terbaik Untuk Lock Band

Mencari Spektrum Frekuensi Terbaik Untuk Lock Band

Mencari spektrum frekuensi terbaik untuk Lock Band bagaimana caranya? apakah harus dilakukan setiap hari? lantas bagaimana caranya untuk mendapatkan frekuensi terbaik dari sekian banyak frekuensi yang tujuannya agar kestabilan internet tidak lambat tidak juga terlalu cepat.

Beberapa artikel yang sudah ditulis menggambarkan cara dan cara namun tidak memberikan gambaran seharusnya mencari dan mendapatkan frekuensi terbaik untuk dikunci oleh pengguna modem atau perangkat yang serupa.

Mencari spektrum frekuensi terbaik untuk penguncian band ini hanya berdasarkan pengalaman Kami, alat yang dibutuhkan cukup mudah yakni perangkat modem atau mifi yang serupa dapat memberikan informasi jaringan secara lengkap dan mudah didapatkan oleh pengguna yang menggunakannya.

Lebih jauh simak cara mencari spektrum frekuensi terbaik untuk lock band.

Mencari dan Mendapatkan Spektrum Frekuensi Terbaik Untuk Lock Band

  • Pertama perangkat mifi, modem atau perangkat yang serupa seperti handphone juga bisa.
  • Kedua support aplikasi tambahan lockband yang menampilkan informasi kekuatan jaringan. Seperti Huawei Manager atau HuaCtrl Pro
  • Seperti diketahui bersama bahwa di indonesia mendominasi 4 frekuensi band yakni 900 MHz, 1800 MHz, 2100 MHz, dan 2300 MHz.
  • Langkah selanjutnya adalah catat mencatat. Apa saja? RSSI, RSRP, RSRQ, SINR, dan Speedtest. Lihat gambar berikut
Mencari Spektrum Frekuensi Terbaik Untuk Lock Band
  • Cara menentukan RSSI, RSRP, RSRQ, SINR baik silahkan lihat gambar dibawah kembali. Hanya SINR dengan angka positif tinggi maka lebih stabil dari gangguan.
Mencari Spektrum Frekuensi Terbaik Untuk Lock Band
Source: teltonika

Mencari Spektrum Frekuensi Terbaik Untuk Lock Band
Source: teltonika
  • Apa langkah yang harus diambil setelah mengetahui itu semua?
  • Pertama kunci frekuensi paling rendah, terserah Anda juga. Supaya lebih runut saja.
  • Setelah di kunci catat semua angka baik RSSI, RSRP, RSRQ, SINR dan tahap terakhir adalah speedtest, bisa menggunakan ookla atau lainnya terpenting adalah pemilihan server harus sama. Lebih baik gunakan Ookla saja.
  • Catat kembali hasil speed test pada catatan
  • Sehingga terkumpul keempat-empat frekuensi sudah lengkap
  • Langkah terakhir adalah membandingkan dari keempat spektrum frekuensi tersebut. Ambil paling stabil dan speed internetnya tidak terlalu cepat atau lambat.
  • Selesai.

Lebih dalam mempelajari mengenai RSSI, RSRP, RSRQ, SINR silahkan dibaca artikel dari Teltonika: https://wiki.teltonika-networks.com/view/Mobile_Signal_Strength_Recommendations

Demikian cara mendapatkan spektrum frekuensi untuk lock band. Setidaknya Anda harus melakukan 4 pengetesan dalam mencari spektrum terbaik. 

Baca Juga: Lock Band Frekuensi Semua Produk Orbit

Perlu diketahui bahwa tidak semua provider memiliki keempat frekuensi, ada yang hanya dua frekuensi atau 3 frekuensi. Apabila Anda menggunakan provider yang tidak memiliki frekuensi maka aplikasi lock band tidak menampilkan apa-apa. Menampilkan "Tidak ada layanan".

Apakah Proses Mencari Spektrum Frekuensi untuk Lock Band hanya dilakukan sekali?

Jawaban paling mudah adalah semakin banyak data yang dibandingkan maka spektrum frekuensi yang didapatkan akan lebih lebih stabil nantinya. Tidak menutup kemungkinan bahwa kestabilan frekuensi bisa berubah-ubah diakibatkan oleh cuaca bahkan padamnya listrik di area Anda.

Baca Juga: Tips Penggunaan HP Baterai tanam seperti HP Baterai Lepas Pasang

Saran Kami dapat dilakukan setidaknya tiga waktu, pertama pada waktu sibuk-sibuknya orang menggunakan internet. Jam sibuk biasanya pada waktu makan siang. Kedua menjelang malam yakni sore hari yang mendekati malam hari. Terakhir adalah jam-jam sepi pengguna yakni tengah malam. Bandingkan ketiga data dengan kesesuaian jam tersebut dalam empat frekuensi band maka Anda akan menemukan frekuensi terbaik yang dapat dikunci di lokasi Anda.

Itu yang Kami lakukan untuk mendapatkan frekuensi terbaik, walaupun di jam-jam tertentu frekuensi lain lebih baik dari frekuensi yang kami kunci.

Baik dalam artian kecepatan internet. Mendapatkan internet stabil adalah keharusan dalam kunci mengunci frekuensi itu menurut Kami.

Baca Juga: Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Handphone

Apabila ada pengguna yang mengejar kecepatan internet yang tinggi maka tidak masalah dengan mengunci kembali pada waktu-waktu tertentu untuk mendapatkan kecepatan tertinggi.

Kesimpulan

Mencari Spektrum Frekuensi Terbaik Untuk Lock Band dapat dilakukan dan butuh sedikit kesabaran apabila aplikasi yang Anda gunakan mengalami kendala karena frekuensi yang diproses oleh perangkat tidak ada.

Terkadang juga harus melakukan reset ulang perangkat supaya dapat digunakan kembali, satu yang yang penting diketahui bahwa melakukan penguncian frekuensi tidak merusak perangkat. Lock band dilakukan hanya dalam sehari saja lebih dari itu Anda pasti akan betah dan nyaman pada satu frekuensi dan tidak beralih ke frekuensi lain.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Paket Darurat Telkomsel

Itulah cara singkat untuk mendapatkan spektrum frekuensi terbaik di area Anda, tentu tidak didapatkan dalam sekejap namun butuh satu hari untuk benar-benar mendapatkan data lengkap yang dibandingkan nantinya. Sekian, terima kasih. 


Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Mencari Spektrum Frekuensi Terbaik Untuk Lock Band"