Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Cek Turnitin Gratis 2024

Cara Cek Turnitin Gratis

Cara Cek Turnitin Gratis 2024- Turnitin sebagai alat terbaik untuk saat ini untuk mengecek plagiasi berbagai tulisan/ karya ilmiah yang dibuat untuk diterbitkan dalam jurnal atau lainnya. 


Penggunaan turnitin sangat membantu penggiat tulisan karya ilmiah dari plagiasi yang akhir-akhir ini dijumpai. Adanya plagiasi akan mempengaruhi terhadap citra seseorang dalam menerbitkan karyanya baik jurnal hasil penelitian atau[un berbagai karya seperti buku atau hal-hal yang berbau dengan akademik.


Plagiat menjadi poin penting disebabkan hadirnya internet sebagai pengolah informasi yang memudahkan pengguna untuk membaca bahkan mengambil hak intelektual dari internet tanpa sepengetahuan pemilik teks/tulisan yang dimuat pada pada karyanya.


Selain turnitin juga banyak situs yang memberikan jasa cek plagiasi serupa namun kurang terkenal oleh akademisi, silahkan berkunjung ke artikel berikut: Web Cek Plagiarisme Gratis Rasa Premium


Turnitin menjadi syarat yang harus ditempuh oleh mahasiswa terutama mahasiswa yang sedang mengambil skripsi. Tidak hanya skripsi karena kebijakan oleh menteri pendidikan mahasiswa dibolehkan untuk tidak mengambil skripsi yang digantikan dengan jurnal penelitian.


Sebagaimana diketahui cara menggunakan turnitin gratis tidak akan didapatkan dengan percuma namun kebijakan kampus akan memudahkan mahasiswanya. 


Dengan kebijakan kampus dan mahasiswa segitu banyaknya maka pihak kampus tidak akan mengecek selalu atau memberi akses selalu kepada mahasiswa untuk mengecek plagiat nya.


Untuk itu cara menggunakan turnitin harus diketahui oleh mahasiswa untuk memudahkannya dalam mengecek plagiasi baik karya terakhir skripsi ataupun karya lainnya. Berikut cara cek turnitin gratis:


Sebelum mengetahui cara cek turnitin gratis, pertama yang harus dipelajari adalah cara mendapatkan turnitin gratis tanpa bayar sepeserpun.


Cara Mendapatkan Turnitin Gratis

  • Pertama, siapkan kuota internet
  • Kedua, buka youtube dan ketikkan: turnitin class id
  • Kemudian klik Filter kemudian pilih Hari Ini
  • Pilih video terbaru untuk mendapatkan Class ID dan Enrollment
  • Video yang membagikan class id turnitin biasanya akan berbentuk huruf dan bilangan yang berkelanjutan.
  • Catat bilangan atau huruf yang terdapat pada video tersebut kemudian masukkan ke turnitin.
  • Selesai.

Baca Juga: Cara Menonton TV di Laptop Terbaru


Setelah mendapatkan class id dan enrollment, buatlah akun turnitin untuk dapat memasukkan idnya. Perlu diingat setiap kelas yang dimasukkan file dokumen nantinya harus no repository. Selanjutnya cara cek plagiasi di turnitin, simak ulasannya:


Cara Cek Plagiarisme Turnitin

  • Pertama buka google ketikkan turnitin kemudian klik login
  • Klik New User lalu pilih student
  • Pada kolom Class ID dan Class enrollment key masukkan kode yang diberikan oleh channel youtube yang membagikannya secara gratis.
  • Isi kolom selanjutnya hingga selesai kemudian klik I Agree untuk buat akun turnitin
  • Untuk cek plagiat pada dokumen klik Class Name yang tertera dibawah
  • Klik Submit salah satu opsi jika ada, jika hanya satu maka klik submit pada pilihan satu tersebut
  • Pada judul, silahkan isi dengan nama dokumen yang akan di scan
  • Pastekan dokumen yang di scan pada kolom bawahnya
  • Klik Upload lalu confirm dan klik Return to assignments list
  • Untuk melihat hasil scan, pada bagian Similarity tertera tingkat plagiat. Misal 45% maka klik persenan tersebut untuk melihat hasil scan dan bagian teks mana saja yang dianggap plagiat.
  • Selesai.


Demikian cara untuk untuk mengecek plagiarisme turnitin yang cukup mudah diikuti. Selain mengetahui cara cek plagiarisme turnitin sebagai orang yang anti plagiat Anda harus mengetahui dan memahami cara membaca hasil turnitin. Setiap hasil yang telah diterbitkan oleh turnitin maka file dokumen yang dikirim untuk dicek berbentuk pdf.


Cara Membaca Hasil Turnitin


File pdf tersebut berupa dokumen yang telah di cek oleh turnitin yang memuat informasi seberapa besar plagiat yang terdapat pada dokumen tersebut. Biasanya terdapat pada bagian sebelah kanan.


Plagiat akan berwarna merah setiap tulisan yang terdeteksi plagiat dan plagiat akan dihitung dalam persenan. Selain itu turnitin juga menyertakan sumber yang di deteksi olehnya. Misalnya mengutip definisi otomasi dari website mana atau jurnal tertentu.


Baca Juga: Mengunduh Audio No Copyright Milik Youtube


No Repository Turnitin Itu Apa?


No repository banyak tercantum di thumbnail turnitin sebagai pernyataan bahwa, apabila seseorang masuk ke kelas tersebut dan mengecek plagiarisme dokumennya maka turnitin tidak memasukkan dokumen tersebut ke dalam databasenya melainkan hanya mengecek saja.


Apabila turnitin di setting repository maka dokumen yang di cek akan dimasukkan ke dalam database dan jika di cek ulang dokumen tersebut akan memuat hasil plagiat 100% disebabkan turnitin mengecek hasil plagiat dari database yang dikumpulkannya.


No repository menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap pengguna yang mengecek plagiarisme turnitin. Pilihlah video-video yang memang terbukti settingan turnitinnya no repository. Jika tidak maka untuk menghapus database yang sudah terlanjur salah akan sangat sulit. Menghubungi pihak turnitin tidaklah mudah dan banyak tahap-tahap yang harus dilalui oleh pengguna.


Apakah Class ID dan Enrollment Key yang dibagikan di Youtube Aman?

Aman tidaknya sangat bergantung kepada pengguna yang memakainya. Pengguna menggunakan Class ID dan Enrollment Key yang didapat melalui youtube disebabkan tidak adanya pengeluaran biaya yang dikeluarkan untuk mengetahui tingkat plagiasi pada dokumen.


Saran Kami jika mengecek dokumen penting lebih baik menggunakan yang berbayar, berbayar dalam artian memang dari pihak resmi seperti kampus. Jangan sampe tulisan dengan penuh perjuangan tersebar dari tindakan yang seharusnya tidak dilakukan.


Informasi penting bahwa dokumen yang sudah di unggah tidak dapat dihapus oleh pengguna melainkan pihak yang memegang kelas tersebut. Biasanya kelas yang diberikan oleh channel youtube akan dihapus dalam kurun waktu tidak sampai sehari disebabkan CUAN. hihi.. 


Baca Juga: Top Up Saldo Dana Melalui Mobile Banking BSI


Kesimpulan

Cara cek plagiasi di turnitin ternyata begitu mudah dan hal yang harus menjadi perhatian adalah "no repository" selain itu bermasalah. Penggunaan turnitin sebagai upaya untuk memudahkan mahasiswa dalam mengecek turnitin sebelum di cek ke pihak universitas. 


Disaat mengecek hasil plagiasi pada pihak kampus maka hasil plagiarisme sudah dikurangi sebanyak-banyaknya. Sekian, terima kasih telah berkunjung.

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Turnitin Gratis 2024"