Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Benar Mencari Buku di Ipusnas

Cara Benar Mencari Buku di Ipusnas

Ipusnas merupakan salah satu perpustakaan digital yang menyediakan berbagai buku dengan format pdf namun tidak dapat diunduh hanya dapat dibaca saja. 

Dengan hadirnya ipusnas sangat membantu banyak insan terutama yang sedang berkutat dengan karya ilmiahnya. Banyak hal yang didapatkan pada perpustakaan satu ini. 

Dengan banyaknya buku yang disediakan oleh penyedia ipusnas maka pencaharian buku terdapat beragam cara. Nah untuk caranya akan diulas sebagai berikut.

Mencari Buku di Ipusnas (Perpustakaan Digital) Melalui Desktop

Adapun cara yang digunakan dalam pencaharian desktop tidak ada yang khusus lebih kepada penggunaan pencarian dengan maksimal dan tertata dengan baik sehingga fitur yang disediakan oleh Ipusnas dapat digunakan dengan maksimal. 

Pencaharian Melalui Tab Koleksi

Judul Buku

Hampir seluruh pengguna Ipusnas menggunakan tap koleksi untuk mencari nama buku karena secara dafault sudah diatur oleh sistemnya koleksi menjadi default saat melakukan pencaharian. 

Pencarian pada tab koleksi ini bertujuan untuk mencari judul buku secara gamblang. 

Terkadang ada saja judul buku yang tidak sesuai atau kesalahan dalam pengetikan maka saat dicari tidak akan ketemu. Untuk melakukan pencarian dengan benar lebih baik untuk judul buku dua kata atau lebih gunakan kata demi kata. 

Seperti Laskar Pelangi gunakan terlebih dulu Laskar biasanya akan langsung muncul judulnya sebelum di enter. Jika masih belum muncul bukunya lanjutkan dengan kata selanjutnya. 

Mencari Buku di Ipusnas


Nama Penulis

Pada tab koleksi juga dicari dengan nama penulis buku tersebut sebagai contoh untuk novel 01 Januari penulisnya Pudjangga Lama. 

Menulis nama penulisnya juga akan muncul nama buku-bukunya. Untuk pencarian nama penulis biasanya orang akan mencari buku-buku apa saja yang dipublish oleh Ipusnas yang ditulis oleh penulis buku tersebut. 

Cara ini dilakukan jika dalam pencarian judul tidak ditemukan dapat dilakukan dengan pencarian nama penulis buku. Sama seperti sebelumnya untuk nama yang lebih dari dua kata untuk tidak langsung menulis namanya sekaligus namun tahap pertahap. 

Mencari Buku di Ipusnas


Pencarian Melalui User

Emangnya tab user dapat mencari buku? jawabannya dapat sekali. Banyak pengguna Ipusnas yang tidak mengetahui cara sederhana ini. Fitur ini disematkan untuk mencari pengguna lainnya untuk dilihat riwayat bacaanya pada Ipusnas. 

Tab user ini digunakan saat mencari disatu pengguna ditemukan judul bukunya dan di user lainnya tidak ditemukan. Hal seperti ini pernah terjadi pada pengalaman Kami. 

Baca Juga: Rekomendasi Apps RSS Feed Terbaik

Kegunaan user atau kawan yang menggunakan Ipusnas juga dapat membantu pencarian buku yang sudah pernah dibaca olehnya. Dengan cara mencari nama kawan di tab User kemudian mengklik profil kemudian langsung diarahkan ke profil pada menu riwayat. 

Mencari Buku di Ipusnas

Tidak hanya riwayat yang dapat dilihat saat membuka profil user lainnya tetapi dapat juga melihat buku yang sedang diantri oleh pengguna user yang dicari. 

Baca Juga: Relaksasi Menggunakan App Bawaan Xiaomi

Kesimpulan

Jika kedua cara ini sudah diselesaikan maka selesai sudah ulasan mengenai mencari bahan bacaan di perpustakaan digital Indonesia. 

Kedua cara yang dipaparkan mempunyai keunggulan tersendiri, alasan penulisan artikel ini supaya pengguna dari ipusnas memaksimalkan fitur yang diberikan. Biasanya fitur yang diberikan adalah fitur-fitur yang memudahkan penggunanya. 

Namun banyak orang yang tidak menguliknya dengan anggapan lebih kepada fungsinya saja, yakni membaca dan mengambil manfaatnya serta tidak mempedulikan hal remeh temeh, haha 

Permasalahan yang masih terjadi di Ipusnas adalah masalah antri-mengantri yang seharusnya bisa dibebaskan sebebasnya karena versi digital. 

Mungkin banyak pertimbangan dan lain hal untuk menyematkan aturan antri mengantri dan banyak orang berkomentar mengenai antri-mengantri di kolom komentar. Hal ini sebenarnya terdapat cara namun tidak tahu benar tidaknya, hanya sekedar akal-akalan. 

Untuk peminjaman untuk aplikasi lain biasanya akan dikembalikan pada pukul 00.00. Nah setelah waktu tersebut coba dilihat apakah tersedia buku untuk dipinjam.

Masih menjadi mistri untuk Kami sendiri atau malah baca aturannya kurang, haha.. Komen ya kalo tahu. Terimakasih.

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Benar Mencari Buku di Ipusnas"