Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pandangan Indexing Google & Bing Extensions Chrome

Pandangan Indexing Google & Bing Extensions Chrome

Perlu nggak sih menggunakan plugin atau ekstensi untuk melakukan indexing secara cepat? jawabannya ya tergantung kepada pengguna masing-masing. Sebelum lebih jauh ada baiknya mengetahui apa itu indexing? indexing dapat diartikan adalah tindakan google dalam menampilkan laman website pada mesin pencarinya. 

Singkatnya laman situs yang di input kemudian google menampilkannya di laman pencari mesinnya. Periode indexing sangat beragam tergantung dari kualitas situs yang dinilai oleh google itu sendiri.

Disini kami hanya membahas tentang ekstensi yang tersedia di chrome yang gunanya untuk indexing url ke google secara cepat.

Namun dibalik itu semua terdapat pundi-pundi cuan yang harus dikeluarkan sebelum Anda menggunakannya. Ya, setidaknya menggunakan jasa dari developer yang sudah membuatnya sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakannya.

Tanpa harus masuk lagi ke webmaster untuk submit satu persatu artikel yang sudah di publish. Tanpa panjang lebar inilah ekstensi indexing yang terdapat pada ekstensi chrome.

Indexing Google, Bing, Yandex Extensions Chrome

1. SEO Indexing Tool for Google

Indexing satu ini memiliki kesamaan dengan indexing berikutnya, tidak jauh berbeda. Perbedaan hanya terdapat pada tampilannya saja. Ekstensi satu ini hanya akan mengindex ke dalam google saja, tidak berlaku untuk mesin pencari selain google seperti Bing, Yahoo, maupun Yandex.

Apakah SEO Indexing Tool for Google memiliki kelebihan?

Selain cepat dalam proses indexing yakni tanpa harus memasukkan captcha seperti yang biasa dilakukan pada webmaster. Seo indexing ini dapat melakukan indexing dengan banyak url sekaligus tanpa harus menghabiskan banyak waktu luang. Hal ini tidak berlaku bagi Kami yang menerbitkan artikel satu dua dalam sehari.

Untuk media yang menerbitkan lebih dari 100 artikel perhari sudah seharusnya menggunakan ekstensi semacam ini untuk mempercepat indexing.

2. Google and Bing Instant Indexing Tool

Sama seperti diatas, adapun kelebihan pada ekstensi satu ini adalah adanya penambahan indexing Bing walaupun webmaster bing sendiri sudah cukup mudah untuk dioperasikan. 

Sama seperti sebelumnya sebelum Anda menggunakan ekstensi satu ini Anda diharuskan membayar untuk mendapatkan lisensi yang akan disematkan pada pengaturan ekstensi tersebut guna diberi akses indexing sebanyak mungkin.

Apakah Indexing Diatas Terdapat Masa Trial?

Ada tetapi dibatasi untuk indexing perharinya. Jadi Anda hanya dapat mengindex beberapa artikel. Disebabkan Ekstensi tersebut diperjualbelikan untuk memudahkan pengguna. Tentunya untuk pengguna yang membutuhkan. Lantas apakah ada alternatif lain supaya dapat mengindex tanpa menggunakan GCS? ada dong, simak sampai akhir.

3. IndexOrId

Lagi-lagi sama, apa yang membedakannya dengan yang lain? pembedanya adalah metode pembayaran. Indexing satu ini dibuat oleh orang Indonesia dengan metode pembayaran tentunya menggunakan rupiah. 

Cara sama dengan dua ekstensi diatas yaitu membeli lisensi untuk dapat melakukan indexing secara banyak-banyak tanpa harus melewati captcha.

Baca Juga: Mengetahui Cakupan Jaringan 4G Plus di Tempat Asal

Segi tampilan juga sama dengan dua ekstensi di atas, tidak ada yang membedakan sama sekali. Metode indexingnya juga sama, yakni sama-sama menggunakan Indexing API google. 

Untuk Indexing API sudah dijelaskan sangat lengkap dari ketiga ekstensi diatas. Anda dapat dengan mudah mengikutinya apalagi disertai dengan video youtube.

Apa Alternatif Indexing Google, Bing, Yandex Ekstensi Google?

Setelah mencari-cari ada nggak ya indexing yang dapat dilakukan tanpa harus menggunakan GCS dan tentunya gratis dan indexing dapat dilakukan baik menggunakan desktop maupun mobile. Indexing tersebut adalah Google Indexing API for Blogger Instant Indexing buatan Vishal Verma.

Google Indexing API for Instant Indexing

Google indexing yang ini dapat Anda operasikan baik di desktop maupun di mobile dengan menautkan terlebih dahulu dengan akun google. Adapun cara menggunakan indexing buatan Vishal Verma sama dengan tuga ekstensi diatas. Perbedaanya terletak pada upload file json API google. Pada ekstensi Anda hanya perlu mengcopy file json tetapi pada indexing Vishal Verma Anda hanya harus mengupload file json disaat akan digunakan. Berikut cara menggunakan Google Indexing API Vishal Verma

Cara Menggunakan Indexing API Google Vishal Verma

  • Pertama Anda harus memiliki file json yang dibuat melalui Google Indexing API, tidak akan kami jabarkan secara panjang lebar Anda dapat mengikuti tatacara yang sudah ditulis secara lengkap oleh salah ekstensi diatas. 
  • Berikut tatacara yang dapat Anda ikuti https://xml.my.id/p/tutorial-google-indexing-api Ikuti cara berikut sehingga Anda mendapatkan file jsonnya. (Ikuti saja akan terunduh otomatis file jsonnya).
  • Setelah Mendapatkan file json saatnya masuk ke dalam alat yang diberikan oleh Vishal Verma https://colab.research.google.com/github/vishal-verma27/Google-Indexing-API-For-WordPress-and-Blogger-For-Instant-Indexing/blob/main/Google_Indexing_API_%7C_Blogger_%7C_WordPress.ipynb
  • Ketiga klik start tunggu sampai muncul tombol untuk upload file kemudian upload file jsonnya
  • Keempat klik start kembali pada pilihan Import Necessary Libraries
  • Kelima masukkan url artikel yang akan di submit ke google
  • Pada request type pilih Updated
  • Terakhir klik Start pada Provide Site URL
  • Tunggu hingga muncul tulisan successful
  • Selesai.

Indexing diatas hanya dapat dilakukan dengan satu persatu artikel. Tidak bisa langsung banyak. Cara diatas juga dapat membantu Anda dalam submit artikel tanpa harus login akun utama. Cukup menggunakan file json yang sudah dibuat.

Apakah Terkena Captcha Menggunakan Indexing API Vishal Verma?

Sejauh ini kami belum mengalaminya mungkin saja hal tersebut akan terjadi pada Anda. Indexing ini hanya dilakukan pada saat menerbitkan artikel terjadwal sehingga tidak harus lagi membuka laptop atau browser yang menggunakan akun utama.

Kesimpulan

Ekstensi indexing yang terdapat pada chrome memiliki kelebihan tersendiri yakni dapat mensubmit artikel dalam jumlah banyak. Tetapi dengan adanya alternatif indexing dari Vishal Verma juga cukup membantu Kami sebagai penulis artikel dalam jumlah sedikit. 

Penggunaan indexing sebenarnya sama saja yaitu submit melalui webmaster hanya saja terdapat beragam jalan untuk melakukan indexing. Sekian, terimakasih.

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Pandangan Indexing Google & Bing Extensions Chrome"