Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Cara Atasi Saluran Air Tersumbat Dalam Kamar Mandi

Cara Atasi Saluran Air Tersumbat Dalam Kamar Mandi

Lama tidak menulis, mengisi kekosongan ingin berbagi sedikit apa yang sudah saya alami baru-baru ini. Setelah acara makan-makan di rumah, beberapa hari kemudian saluran kamar mandi mampet atau tersumbat. 

Dugaan awal karena sisa makanan yang dicuci malah mengaliri saluran pembuangan air dalam kamar mandi. Maka dari itu tanya bertanya soal cara mengakali supaya air dapat mengalir tanpa menggenang. Untuk mari disimak.

Cara-cara Atasi Saluran Kamar Mandi yang Mampet

Soda Api

  • Pertama beli dulu Soda Apinya, jika sudah saatnya eksekusi.

Cara Atasi Saluran Air Tersumbat Dalam Kamar Mandi

  • Siapkan air hangat lebih tepanya air panas sebaskom lebih baik.
  • Gunakan pengaman seperti sarung tangan atau plastik supaya tangan tidak bersentuhan langsung dengan Soda Api. 
  • Perlu dicatat sebelum dituangkan kedalam lobang mampet, air yang tergenang dibiarkan mengering dulu karena soda api bereaksi jika bertemu dengan air. 

Cara Atasi Saluran Air Tersumbat Dalam Kamar Mandi

  • Tuangkan Soda Apinya kedalam lobang saluran air secukupnya, banyakin juga gpp. 
  • Setelah dimasukkan kedalam saluran air yang mampet, tuangkan air panas dan tunggu reaksinya hingga 15 menit. Jika sudah maka uji coba dengan air biasa. Jika  berhasil maka tidak akan tersumbat dan akan mengalir seperti biasanya. 
  • Jika masih tersumbat maka ulangi dari awal step-step yang sudah dijelaskan, jika masih saja tidak berefek maka lanjut cara kedua. Semoga berhasil.

Baca Juga: Mainkan Game Google Doodle Populer

Botol-botolan

Sebelumnya tidak tahu nama yang pas untuk menentukan judulnya. Pada percobaan ini kalian bisa menggunakan botol ukuran sedang atau ukuran jumbo. 

Disarankan ukuran Jumbo supaya tekanan airnya cepat dan menghempaskan kotoran-kotoran yang ada didalam saluran yang tersumbat. 

Cara Atasi Saluran Air Tersumbat Dalam Kamar Mandi

  • Untuk caranya, disini bisa langsung dicoba tanpa harus menunggu kamar mandi kering dari genangan air. Pertama isi penuh botol jumbonya, kemudian miringkan dan hadapkan botol yang terbuka kedalam saluran air. 
  • Ilustrasinya dapat dikatakan botol terbalik dengan runcing/lancipnya bagian bawah dimasukkan kedalam saluran air yang tersumbat. Kemudian ditekan sekuat-kuatnya supaya air didalam botol menyembur kedalam.

Cara Atasi Saluran Air Tersumbat Dalam Kamar Mandi

  • Jika ditekan menggunakan tangan tidaklah kuat, gunakan KAKI kalian untuk menekannya dari atas botol supaya tekanan air-nya sangat kuat. Biasanya hal ini dilakukan pada tahap pertama karena pengalaman, awalnya saya menggunakan soda api tapi tidak efektif saat menggunakan tahap kedua sangat efektif. Penulisannya saya tulis berdasarkan pengalaman saja.

  • Masih tidak berhasil, bagaimana caranya? Caranya harus menggunakan alat bantu yang dikhususkan untuk melancarkan saluran air yang tersumbat, berikut caranya


Pipe Cleaner

Pipe Cleaner merupakan cara terakhir untuk mengatasi saluran air yang tersumbat sebelum memanggil tukang menukang. 

Baca Juga: Menampilkan Subtitle Di Receiver Tanaka, Bagaimana Caranya?

Alat ini diciptakan khusus untuk melancarkan permasalahan yang dari tadi dibahas. Bentuk alat ini beragam namun caranya masih sama saja. Untuk ilustrasinya saya tampilkan dari salah satu toko online. 

Untuk alat yang paling efektif, kembali lagi kepada Anda jika cocok dikantong silahkan ambil karena alat ini ada yang diputar manual ada yang menggunakan tenaga mesin. 

  • Untuk caranya sendiri, masukkan pipanya kedalam saluran kemudian putar pipanya (biasanya terletak digagang pipa untuk memutarnya) dirasa sudah cukup untuk memutarnya silahkan ditarik kembali pipa atau silang tersebut dan lihat hasil kotoran yang didapatkan.

Cara Atasi Saluran Air Tersumbat Dalam Kamar Mandi

  • Pipe Cleaner biasa digunakan saat Anda memanggil tukang, tukang biasanya sudah menyediakan alat ini, nah untuk itu jika kamar mandi Anda sering tersumbat lebih baik mempunyai satu alat dari pipa pembersih tersebut. 
Pengalaman saya sendiri berhenti tahap kedua, yakni menggunakan botol-botolan, seharusnya yang dicoba pertama itu adalah botol-botolan, tahap kedua menggunakan soda api dan terakhir menggunakan Pipe Cleaner. Sekian pemaparan dari saya mengenai sumbat menyumbat kamar mandi. 

Silahkan berkomentar jika terdapat cara lain seperti apa yang dipaparkan diatas. Semoga dapat membantu.

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "3 Cara Atasi Saluran Air Tersumbat Dalam Kamar Mandi"