Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Penggunaan Mode Hening atau Jangan Ganggu

Penggunaan Mode Hening

Mode Hening atau Mode Jangan Ganggu ini sering dijumpai di berbagai handphone namun saat ini yang akan di bahas mengenai mode hening yang ada di Xiaomi MIUI 12. 

Berbicara mode hening di xiaomi juga akan berbicara di handphone-handphone lain hanya saja akan ada beberapa perbedaan yang tidak signifikan. 

Adapun membaca mengenai mode hening ini Anda juga membaca mode hening secara umum namun sedikit menyenggol Xiaomi dalam penempatan fitur dan kegunaannya. Untuk fungsinya akan sama saja dengan mode hening di handphone lainnya.

Jika Anda pengguna MIUI 12 maka di navigasi bar akan terdapat icon "Bulan Sabit" bertuliskan Jangan Ganggu. Dari kata yang disematkan sudah mengetahui apa maksud dari fitur atau mode tersebut. Yakni jika diaktifkan handphonenya tidak akan diganggu. 

Artian diganggu ini bermacam-macam, entah digunakan saat main game yang mengaruskan fokus dan tidak menghiaraukan notifikasi. Dilihat dari berbagai game, jika dimainkan muncul notifikasi akan membuat lag bahkan keluar ke menu utama handphone. 

Hal ini sangat menjengkelkan. Adapula kegunaan mode hening ini untuk melakukan Shalat berjamaah di Masjid. 

Larangan atau tidak sudah seharusnya kita mematikan handphone dari segala suara dan notifikasi yang mengganggu. Hal ini dilakukan untuk membuat kusyuk untuk diri sendiri dan untuk orang lain. Dalam fitur yang disematkan pada MIUI 12 terdapat 3 mode yang bisa diaktifkan, berikut.

Penggunaan Mode Hening

3 Mode Hening MIUI 12

Pertama Mode Reguler, ini merupakan mode standart, alaminya sebuah ponsel tanpa ada pengaturan atau settingan apapun pada ponsel tersebut. 

Baca Juga: Menampilkan Subtitle di Smartphone Menggunakan Mx Player

Dalam arti kata mode hening belum diaktifkan. Mengapa fitur ini juga disematkan? pada beberapa kasus ponsel yang sudah lama tidak berfungsi sebagaimana biasanya dengan ada fitur ini, jika bermasalah saat menekan pada navigasi bar, maka dapat menekan di pengaturannya.

Penggunaan Mode Hening

Kedua Mode Hening, mode ini yang akan diheningkan adalah suara panggilan dan notifikasi. Namun untuk suara alarm tetap akan menyala. Nah biasanya orang banyak menggunakan mode ini untuk bermain game atau shalat berjamaah. 

Jika menghidupkan mode pesawat memang akan meredam notifikasi dan panggilan telepon namun kita tidak mengetahui siapa yang menelpon kita barusan saat melakukan kegiatan tersebut. 

Dengan menggunakan mode hening walaupun meredam suara panggilan dan notifikasi kita masih dapat melihat siapa yang memanggil dan notifikasi tetap masuk. 

Baca Juga: Membuka Dokumen Format DjVu di Android

Jika terdapat hal penting kita tetap tidak ketinggalan infonya saat sudah selesai melakukan kegiatan dalam proses mode hening. Pada mode hening yang perlu diperhatikan adalah alarm, jangan jadwalkan bunyi alarm saat melakukan shalat berjamaah karena akan mengganggu jamaah lainnya.

Penggunaan Mode Hening

Ketiga Mode Jangan Ganggu, mode satu ini akan lebih meningkat lagi karena pada mode ini suara akan diheningkan dan getaran dimatikan. Suara? Oke dimatikan namun untuk getaran juga ikut dimatikan. Walaupun panggilan tetap masuk tetapi tidak adanya getaran. 

Walaupun mode ini tidak terlalu disarankan. Mengapa? karena jika kelupaan meletakkan ponsel pada suatu tempat akan lebih menyusahkan, ditelpon tidak akan diketahui posisinya. Mode ini dipakai saat memang Anda ingin menjauhi ponsel beberapa saat tidak ingin melihatnya. Nah mode ini sangat cocok untuk Anda.


Penggunaan Mode Hening

Perbedaan Icon Status Bar

Pada mode pertama karena mode tersebut adalah mode normal maka tidak akan muncul apa-apa. Mode kedua yaitu hening, apabila diaktifkan akan muncul icon Lonceng yang disematkan garis miring yang berarti hening. 

Terakhir adalah mode jangan ganggu, icon yang muncul adalah bulan sabit. Dilihat dari makna icon bulan sabit yang berarti malam. 

Mode ketiga ini diperuntukkan untuk Anda yang akan terlelap tanpa gangguan suara dan notifikasi dari handphone. Mode ketiga ini juga cocok digunakan saat Anda membaca buku, melakukan aktivitas yang seharusnya tidak ada kehadiran handphone dan melatih ketidaktergantungan terhadap smartphone.

Selain 3 mode yang disebutkan diatas terdapat fitur tambahan yang disematkan, yakni kita dapat mengatur ketiga mode tersebut dimulai kapan, mode apa, dan berakhirnya kapan, cukup lengkap untuk pengaturannya.

Penggunaan Mode Hening

Lihatlah pengaturannya sangat lengkap untuk menunjang Anda menggunakan mode tersebut. Namun mode ini masih sangat jarang digunakan oleh orang Indonesia terutama bahkan orang luar negeri.

Setidaknya mode ini akan membantu kita dalam menjalani aktivitas yang padat dan membutuhkan waktu senggang sejenak. Sekian pemaparan mengenai mode jangan ganggu pada miui 12. 

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Penggunaan Mode Hening atau Jangan Ganggu"