Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Masih Menggunakan Uc Browser Mobile Maupun Desktop

Alasan Masih Menggunakan Uc Browser
harisdiscussion

Browser lawas sebutan yang pas untuk browser yang tidak pernah update lagi semenjak 2017. Hanya saja masih menggunakannya walaupun beberapa fitur didalamnya sudah dihilangkan. Perbedaan browser satu ini dengan browser lainnya terdapat pada penggunaan memori. 

Dulunya saya menggunakan notebook dengan spesifikasi yang cukup rendah. Telanjur nyaman dengan satu browser ini, hehe.. Berikut alasan mengenai menggunakan Uc Browser hingga saat ini.

1. Singkronasi Data Mobile Desktop

Alasan satu ini cukup sudah untuk bertahan hingga saat ini, dengan banyaknya data yang tersimpan di Uc Browser kala itu dan mendapat dukungan dengan singkronasi melalui mobilenya. Contohnya saja untuk keperluaan website-website yang perlu disimpan untuk dilihat-lihat untuk kemudian hari.

Bookmark, singkronasi satu ini sangat diperlukan karena ada data desktop yang sekali-kali ingin dilihay melalui mobile tidak harus membuka notebook lagi cukup dengan singkronasi saja.

Bagusnya dari bookmark Uc browser, website yang disimpan akan dipisah jika menyimpannya menggunakan desktop maka akan ada pilihan tersendiri untuk bookmark desktop, begitupun sebaliknya. 

2. Berbeda Dengan Browser Lain

Untuk saat ini jika ditebak-tebak yang paling mirip dengan Uc browser yakni Opera Mini. Walaupun dalam tampilan UI-nya masih kalah jauh dibandingkan dengan Uc Browser. Bukan berarti tidak bagus, ini hanya lebih keselera saja. Terkadang apa yang menjadi kebiasaan lebih diutamakan. Opera mini sampai saat ini masih ada update dari developernya, Uc sendiri sudah tiada kecuali untuk versi mobile yang masih update. 

3. Fitur Simple dan Clean

Hampir semua browser memiliki fitur yang sama, Uc mempunyai kelebihan tersendiri bagi saya terutama dalam hal mengunduh file, mengedit screenshot, membaca file dokument dan sebagainya. Walaupun beberapa fitur dengan perkembangan versi beberapa dari fitur itu tidak mendukung lagi. Seperti halnya untuk mengakses add ons chrome. 

Alasan Masih Menggunakan Uc Browser

Pada dasarnya Uc browser baik desktop maupun mobile tampilan UI-nya bersih hanya saja untuk sekarang ini dalm versi mobilenya sangat iklan yang berserakan. Ya demi pemasukan developernya. 

4. Theme

Semenjak fitur theme dihilangkan bukan berarti theme tidak bisa digunakan. Mungkin jika fitur ini dihilangkan saya juga akan beralih ke browser lain. Jika pengguna Uc browser desktop pada awal-awal update mengenai fitur tema, terdapat banyak tema yang menarik untuk dicoba. Hanya saja tidak dikembangkan secara banyak, terdapat beberapa saja. 

Setelah emncoba salah satu tema dan cocok dengan tema tersebut. Alih-alih mencoba lain pada jangka waktu yang lama ternyata fitur tema ini dihapus oleh developernya. Kembali menjadi putih seperti sediakala, ternyata untuk mengakses tema sebelumnya diperlukan login menggunakan akun Uc dan langsung disingkronkan dengan tema semula. 

Jika ada orang baru saat ini mencoba menggunakan Uc browser dan mengakses temanya maka hal tersebut tidak bisa, dikarenakan fitur tersebut sudah dihapus. Namun untuk pengguna lama yang sudah menggunakan tema dengan akses masuk, saat masuk menggunakan akunnya akan langsung disingkronkan. 

Ini hanya berlaku untuk Uc Desktop, Uc Mobile setiap menginstall terbaru biasanya akan menjadi seperti pertama membuka aplikasinya dan harus mensetting kembali apa aja yang menjadi kebiasaan kita dalam Uc browser, seperti singkronisasi, login lagi menggunakan Amakun Uc. Ada juga saat update tidak harus login dan dapat menikmati fitur baru yang ditawarkan. 

Sama halnya dengan desktop untuk saat ini theme versi mobile sudah tidak bisa diakses tetapi masih bisa menggunakan wallpaper melalui gallery Anda sendiri. 

5. Dark Mode

Handphone saya belum memiliki fitur dark mode dalam Uc sendiri sudah disediakan sejak lama, terlebih untuk menghemat daya tahan baterai. Percaya atau tidak katanya dengan menggunaan fitur dark mode daya baterai handphone akan bertahan lebih lama karena mode gelap tidak membutuhkan banyak daya. Fitur dark mode disediakan baik desktop maupun mobile.

Alasan Masih Menggunakan Uc Browser

Kesimpulan 

Terdapat banyak kelebihan yang saya sukai dari Uc Browser dibandingkan dengan browser lain hanya saja developernya tidak melakukan update lagi untuk versi desktop dan untuk versi mobilenya saja mulai dihilangkan beberapa fitur. 

Walaupun tidak adanya update untuk saat ini saya sendiri masih belum menemukan browser yang tepat untuk daily browsing. Penggunaan chrome maupun mozilla sepertinya kedua browser tersebut termasuk kedalam browser yang lumrah digunakan. Saya sendiri menggunakan chrome untuk akses email dikarenakan untuk Uc sudah tidak mendukungnya. 

Sekian pembahasan mengenai alasan masih menggunakan Uc Browser baik dekstop maupun mobile. Jika dilihat lebih jauh Uc Browser mobile biasanya masih mengadakan undian dengan beberapa syarat supaya penggunanya tidak kabur, ya mau gimana lagi iklannya bejibun, hehe..