Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Mencari Warna Senada Untuk Design

Tips Mencari Warna Senada Untuk Design

Desain dan warna merupakan unsur yang tidak dapat dipisahkan. Kesinambungan antara keduanya membuat sebuah karya akan mengagumkan. Banyak karya dengan perpaduan warna yang bagus. Untuk pembahasan ini Kami akan membahas mengenai hal tersebut. Keterpaduan warna atau bisa dikatakan kecocokan antara warna A dan B. Tetapi tidak membahas dalam perspektif Kami melainkan untuk keterpeaduan warna sendiri sudah banyak tool maupun website yang menyediakannya. 

Warna yang senada atau cocok dalam berbagai desain akan membuat orang yang melihat karyanya takjub sekaligus kagum dengan perpaduan warna yang cocok. Jika tidak cocok orang terkadang akan berkomentar, kembali lagi kepada selera dan cara pandang masing-masing.

Adapun tips dari Kami, jika masih awam sebaiknya untuk menggunakan warna-warna yang sudah disediakan oleh berbagai website maupun tools. Berikut tips mencari warna yang cocok untuk desain.

Tips Warna Senada untuk Design

Terdapat Canva, salah satu website penyedia layanan desain tidak lengkap jika tidak memasukkan fitur satu ini, yakni mencari warna yang terdapat dalam suatu gambar, lengkap dengan warna paletnya. Untuk warna paletnya sendiri sangat banyak lebih dari 99 halaman untuk warna templatenya. 

Tips Mencari Warna Senada Untuk Design

  • Canva juga menyediakan fitur untuk mengetahui warna palet dari suatu gambar, misal Anda memiliki gambar yang ingin diambil kode warna yang pas, maka Canva jawabannya. Fitur ini terdapat dalam aplikasi Canva dan website Canva tanpa perlu adanya login untuk menggunakan fitur tersebut. Dulunya fitur ini setahu Kami untuk dalam desain harus berlaih ke premium, untuk sekarang sudah bebas alias gratis. 

Tips Mencari Warna Senada Untuk Design

  • Penggunaan dari generator warna palet ini sangat sederhana, jika untuk gambar kita sendiri tinggal upload gambar dan akan langsung diproses dan hasilnya akan ada disebelah kanan, lengkap dengan penamaan warna. Bisa juga untuk melihat berbagai warna palet dengan klik "try demo image" untuk melihat gambar dan warna yang disediakan oleh Canva. 


Dalam pembahasan ini tidak Kami sertakan penggunaan dalam aplikasinya walaupun sudah disertakan. Hanya untuk orang-orang tidak mendesain melalui Canva lebih mudah menggunakan websitenya saja. Template warna palet dan generator bisa diakses melalui browser desktop maupun mobile. 

Mobile juga banyak memiliki aplikasi serupa di Playstore maupun appstore, dikarenakan Kami hanya memakai Android dan akan merekomendasikan aplikasi yang terdapat di Playstore saja. Playstore menyediakan beragam aplikasi yang mempunyai fungsi untuk mencari warna pada gambar. Mulai dari gratis beriklan, gratis no ads, dan premium. 

Pertama, Color Pallete. Aplikasi ini menyediakan warna palet dan bisa mencari warna yang pas untuk gambar yang diinginkan. Hanya saja untuk penyediaan warna palet kurang beragam jika Anda tidak beralih ke versi berbayar. 

Dalam versi berbayar Anda bisa mendapatkan fitur untuk mengetahui warna palet dari gambar. Jika versi gratisnya hanya dapat menikmati warna yang sudah disediakan dengan iklan yang terkadang ikut muncul. Kami sarankan untuk mencoba ke versi premium. Berikut kami sertakan cara dalam penggunaan Color Pallete.


Color Pallete

  • Playstore dengan keyword: color pallete

Tips Mencari Warna Senada Untuk Design

  • Tampilan halaman utamanya akan langsung terdapat warna paletnya walaupun tidak terdapat keterpaduan satu warna dengan warna lainnya. 

Tips Mencari Warna Senada Untuk Design

  • Cara untuk mengetahui warna palet dari gambar yakni dengan klik "icon canvas" samping kiri bawah. Kemudian pilih gambar dan akan langsung diproses, dan untuk hasilnya seperti dibawah.

Tips Mencari Warna Senada Untuk Design

Kedua adalah Just Pallete, aplikasi yang terdapat di Playstore juga yang memiliki kesamaan tetapi dalam aplikasi satu ini, merekomendasikan berbagai warna untuk usernya hanya menekan reload untuk mengganti warna referensi. Memiliki fitur yang sama yakni bisa mengetahui warna dalam gambar tentunya dengan kombinasi warna yang pas. 

Tips Mencari Warna Senada Untuk Design

Dalam mencari warna yang pas untuk desain tidaklah gampamh terutama untuk yang masih awam, adanya website dan tools yang berserakan di Internet tidak ada salah untuk dipergunakan untuk mempermudah kita sebagai pemula. 

Rekomendasi yang Kami berikan masih sedikit karena itu-itu saja yang Kami pergunakan untuk saat ini. Jika ada perubahan dan menemukan cara lebih mudah lagi akan dibagikan kembali dengan artikel selanjutnya. Jika dari Anda memiliki referensi yang patut untuk dicoba jangan lupa untuk berkomentar dibawah.

Itulah beberapa referensi yang Kami berikan untuk mencari warna yang senada untuk design. Semoga bermanfaat.

Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.

Posting Komentar untuk "Tips Mencari Warna Senada Untuk Design"