Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Scan Dokumen Menggunakan CamScanner

Cara Scan Dokumen Menggunakan CamScanner
Cam Scanner

Haris Discussion - Pada akhir-akhir ini aplikasi scanner lagi banyak digunakan sebagai cara untuk pengumpulan tugas. Dengan adanya pandemi covid-19 aplikasi scanner semacam ini banyak diminati oleh orang banyak. Walaupun diluar sana masih banyak aplikasi yang mirip dengan CamScanner ini. 

Tetapi dari banyaknya pilihan saya lebih memilih aplikasi ini karena kemudahannya dalam penggunaannya. Aplikasi Camscanner tidak serta merta gratis tetapi ada yang gratis dan munculnya watermark sebagai penanda bahwa aplikasi camscanner yang digunakan gratis. 

Awal mula saya mengenal aplikasi camscanner karena pengumpulan tugas yang diberikan oleh dosen yang mengharuskan difoto kemudian dimasukkan dalam file format pdf. Dengan menggunakan aplikasi camscanner hanya memerlukan sekali kerja saja. 

Yaitu dengan memfoto melalui aplikasi tersebut kemudian discan lalu disimpan dalam file berbentuk format pdf. Itu untuk versi yang gratisnya. Dalam versi premium alias berbayar Anda bisa mendapatkan beragam fitur salah satunya menscan tulisan yang ada difoto untuk disunting dalam handphone. 

Menggunakan aplikasi camscanner dalam memudahkan Anda karena hanya memerlukan satu aplikasi untuk sekali kerja. Cara diatas sudah saya ulas dipostingan yang lalu, kekurangannya karena menggunakan yang gratis harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk dapat menscan tulisan kemudian disunting dalam handphone. 

Cukup menyusahkan, mau gimana namanya juga pemakai gratis, hehe.. Adapun postingan yang saya maksud: Cara Scan Tulisan Bahasa Arab

Tidak hanya scan tulisan saja yang diberikan oleh camscanner tetapi masih banyak lagi, itu hanya salah satunya. Fitur premium lainnya seperti diberikannya 10gb ruang data untuk penyimpanan cloud dokumen, dalam versi gartis hanya diberikan 200mb saja. 


Adanya E-signature yaitu scan tanda tangan Anda yang tertulis diketas untuk dihasilkan tanda tangan elektronik, adanya scan buku dengan dua halaman sekaligus. 

Tetapi untuk seorang siswa atau mahasiswa tidak memerlukan fitur itu semua karena yang diperlukan hanya dapat menscan foto dan dimasukkan dalam format pdf. Aplikasi camscanner juga diperlukan jika Anda menscan sertifikat atau kertas-kertas penting.  

Wabah Covid-19 ini membuat setiap orang yang mendaftar sekolah, universitas, dan juga untuk pelamar kerja juga mengharus mengirimkan file dokumen melalui email atau melalui web resminya. Berikut cara menggunakan aplikasi Camscanner.

Cara Mengunakan Camscanner 

Langkah-langkah:

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasinya melalui playstore dengan kata kunci: CamScanner
  2. Buka aplikasi Camscanner, klik icon kamera 
  3. Kemudian foto dokumennya atau Anda bisa memilihnya di galery jika sudah mempunyai foto dokumen. Ini yang biasa saya lalukan dengan memfoto terlebih dahulu dengan kamera hp kemudian dimasukkan dalam camscanner.
  4. Sesuaikan dengan tulisan yang ingin discan kemudian klik berikutnya
  5. Setelah itu sesuaikan warna sebelum disimpan, biasanya saya mengunakan yang asli
  6. Lalu klik menyimpan dan klik icon pdf samping kanan sebelah atas, selesai.
Cara Scan Dokumen Menggunakan CamScanner
Hasil Scan

CamScanner tidak hanya bisa menscan dokumen seperti ulasan saya diatas tetapi juga bisa dokumen sebagai berikut. Seperti ppt jika Anda memfoto file ppt di laptop, Ocr sebagai scan tulisan untuk disunting kembali, Kartu ID, seperti ktp atau sim, buku, jika Anda ingin menscan buku dengan dua halaman sekaligus, question book, kartu ucapan dan qr code. 

Jika Anda ingin beralih menggunakan fitur premium, tentunya berbayar dengan harga $1,99. Bisa disanggupi jika Anda memang benar-benar memerlukan aplikasi ini untuk memudahkan pekerjaannya. Pembelian fitur premium ini dengan cara membelinya di playstore dengan keyword: Camscanner (License) dalam bentuk apk. 


Jadi menggunakan aplikasi premium camcanner memerlukan dua apk, yang pertama apk utama sebasar 50mb dan aplikasi lisensinya kurang dari 1mb. 

Tidak mempunyai pengaruh besar karena jika Anda sudah menginstallnya maka aplikasi lisensi tersebut akan hilang dari aplikasi home handphone Anda.

Sekian postingan mengenai cara scan dokumen menggunakan aplikasi Camscanner, semoga dapat membantu dan mempermudah pekerjaan Anda. Terlebih pada kalangan pelajar.