Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Streaming Radio Online di Laptop

Cara Streaming Radio Online di Laptop

Haris Discussion - Pada postingan hari ini saya akan membahas mengenai streaming radio online. Ada baiknya kita mengetahui radio itu senda apa sih? haha.. siapa tahu benda yang mati tetapi hidup. Radio adalah alat canggih pada masanya yang dipergunakan untuk mengirim sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik.

Gelombang frekuensi radio merupakan elektromagnetik yang diperuntukkan untuk penyaran, gelombang elektromagnetik merambat di udara dan ruang hampa tanpa adanya pengantar buatan. Gelombang atau frekuensi radio merambat pada frekuensi 100,000 Hz sampai 100,000,000,000 Hz.

Sebelum melangkah lebih jauh, mengulang sekali lagi nih, pengingat, hehe.. Untuk cara mendengarkan radio di hp itu sangat mudah, di handphone jadul saja ada. Buka kumpulan aplikasi sistem, kemudian cari yang namanya Radio, biasanya ada tuh. Buka dan mainkan tetapi untuk aplikasi radio di hp tidak bisa menangkap frekuensi di luar daerah.

Oiya terkadang aplikasi di hp memerlukan headset, bukan headset tapi earphone. Mari memperbaiki kotasa kata dengan perlahan-lahan. Bagaimana cara untuk aplikasi radio yang di hp supaya dapat menangkan frekuensi di luar daerah? caranya dengan mengunduh aplikasi radion online di playstore. Cari yang rating aplikasi yang bagus ya, hehe..

Radio merupakan salah satu alat yang sangat membantu pada awal-awal kemerdekan Republik Indonesia. Dengan adanya radio pada saat itu telah membantu tersebarnya informasi yang ditunggu-tunggu oleh seluruh orang yang pernah memperjuangkannya.

Radio merupakan alat informasi yang sangat populer, diawal-awal adanya radio saya yakin tidak banyak orang mempunyai alat tersebut. Seperti halnya televisi pada awal-awalnya tidak dimiliki oleh semua orang. Orang-orang akan mendengarkannya disuatu tempat, biasanya di warung kopi atau di rumah kepala desa.

Baca Juga: Cara Mengunduh Lagu Dan Video Dari Youtube Sangat Mudah

Mendengarkan radio zaman dulu dengan sekarang sangat berbeda terutama pada kalangan anak muda, mungkin untuk yang sudah berumur masih mempergunakan radio sebagai sarana informasi seperti halnya koran.

Untuk koran cetak juga sudah mulai ditinggalkan karena hadirnya koran digital yang dapat diakses hanya menggunakan gadget. Koran digital ada di berbagai situs seperti contoh situs berita mainstrem hingga media sosial.

Seiring berjalannya waktu zaman semakin canggih dari mulai radio, televisi, handphone, dan internet. Dari informasi yang datangnya dari merpati membuat tersebarnya informasi sangat lama sampai sekarang dengan kecanggihan zamannya hanya memrlukan beberapa detik untuk sampainya informasi bahkan secara langsung pun bisa dilakukan tanpa hambatan.

Radio dulunya hanya bisa dinikmati melalui sinyal frekuensi dengan alat bentuknya tersendiri yaitu Radio kemudian adanya televisi. Bedanya alat radio dengan radio yang ada di televisi adalah alat radio cuma bisa menangkap frekuensi yang terdapat disekitarnya sedangkan radio televisi hanya bisa menangkap sinyak dari satelit channel yang menyairkan radio. jadi untuk frekuensi radio disekitar tidak akan bisa tetapi tidak tahu dengan smart tv.

Hadirnya internet banyak perubahan yang terjadi salah satunya ya radio, dari yang hanya dinikmati dengan frekuensi yang ditangkap saja hingga dapat mendengarkan radio luar daerah bahkan luar negeri.

Majunya teknologi tidak membuat orang meninggalkan radio bukan berarti tidak ada yang beralih karena banyaknya pilihan dengan perkembangan zaman. Mengenai radio online saya akan membagikan salah satu software yang populer disalah satu website penyedia berbagai aplikasi, yakni Majorgeeks.

Adapun software yang saya maksud untuk mendengarkan radio di laptop adalah PRP atau dengan nama lengkapnya Pocket Radio Player. Pocket Radio Player merupakan salah satu software yang memberikan layanan streaming radio online yang sangat simple.

Terlihat jadul juga iya tetapi sangat mudah digunakan tidak ribet, apalagi untuk spesifikasi laptop yang kentang alias low spek apa low budget, hehe..

Baca Juga: Mainkan Game Online Gratis, Alternatif Friv

Pendengar radio mempunyai tujuan masing-masing. Mendengarkan radio bagi saya adalah salah satu cara untuk menemukan berbagai lagu yang belum didengarkan, mencari referensi. Terkadang melalui radiolah kita menemukan lagu-lagu yang enak didengarkan tetapi tidak populer.

Disini saya memiliki pendapat bahwa tidak semua lagu bisa populer atau viral tetapi setiap lagu mempunyai pendengar setianya. Entah benar atau tidak, hanya pendapat itu mah, hehe..

Kekurangan dari Pocket Radio Player adalah tidak adanya radio dari negera kita tercinta. Tidak tahu juga kenapa tidak ada untuk negara Indonesia saat mencari dengan kata kunci Indonesia, Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan.

Biasanya akan muncul tapi ini tidak sama sekali berbeda dengan software radio online streaming lainnya. Di lain waktu akan di share untuk software radio online yang ada frekuensi dengan radio-radio online di Indonesia.

Tetapi untuk postingan kali ini sebagai referensi lagu-lagu yang berbahasa inggris. Terkadang ada lagu bahasa inggris yang tidak dipahami maknanya tetapi enak saja didengarkan, haha.. Berikut Cara Streaming Radio Online di desktop dengan Pocket Radio Player.

Penampakan Pocket Radio Player


Cara Streaming Radio Online di Laptop

Cara Mendengarkan Radio Online di laptop

Langkah - langkah


  1. Mengunduh softwarenya Pocket Radio Player
  2. Buka Pocket Radio Player
  3. Pocket Radio Player bentuknya portabel jadi tidak akan menginstall di drive c hanya dalam satu folder yang di unduh
  4. Mainkan, enjoy.

Kelebihan dari Pocket Radio Player memiliki fitur recording atau dapat merekam audio dari pemutaran radio yang sedang berlangsung. Fitur ini sepertinya harus dimiliki oleh setiap penyedia layanan online terutama yang berbasis aplikasi.

Beberapa Keterangan Mengenai Pocket Radio Player

Cara Streaming Radio Online di Laptop

Keterangan


  1. Nama channel radio
  2. Genre dan ukuran bit
  3. List lagu yang sudah diputar dan sedang berlangsung
  4. Volume
  5. Record atau rekam
  6. Pemilihan Genre

Adapun fitur dasar lainnya recently added, highest rated, dan my playlist. Pocket Radio Player juga terdapat berbagai genre seperti alternative, anime & asian, classical, club electronic, rock, pop, country dan masih banyak lagi.

Mendengarkan radio yang bahasa inggris juga dapat membantu meningkatkan kemampuan listening, sering mendengar penyiar yang berbicara menggunakan bahasa inggris juga dapat menambah kosa kata.

Terutama dalam hal pengucapan, seperti kita ketahui jika orang India berbicara dalam bahasa inggris mereka mereka mempunyai ciri khas tersendiri dalam pengucapnnya. Berbeda dengan orang pada umumnya yang akan mengikuti akses bahasa itu sendiri.

Tahukah Anda mendengarkan radio jadul adalah suatu hal yang sangat mengesankan, tombol dan bentuknya memiliki ciri khas tersendiri. Berbicara tentang jadul atau Barang antik jika masih berfungsi sebagaimana mestinya akan memberikan nilai yang sangat tinggi.

Untuk barang antik banyak penggemarnya selain mempunyai nilai yang tinggi harganya pun bisa melambung, haha.. Pengoleksi biasanya bisa menjual dengan harga yang mahal, bisa Anda lihat di situs-situs pelelangan barang antik.

Baca Juga: Tempat Streaming Music User Friendly Selain Youtube

Mendengarkan radio sepanjang hari merupakan perilaku yang menonton jadi tidak usah keseringan mendengarkannya. Sesuatu yang menonton itu terkadang tidak baik bagi kesehatan tubuh, hahaha..

Ada juga hal yang menonton yang berdampak baik seperti hidup, bersuara, bernafas dan lain sebagainya. Semangat!!

Sekian mengenai pembahasan streaming radio online. Dari sekian banyak pilihan genre di radio online saya sendiri lebih menyukai genre country karena terdapat banyak lagu yang bergenre country dari berbagai belahan dunia yang dapat menjadi inspirasi, liriknya terutama dan sebagai tambahan playlist. Semoga bermanfaat.

Ilustrasi: Christian Lue
Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.