Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengaktifkan AutoPlay Music di Chrome Android

Cara Mengaktifkan AutoPlay Music di Chrome Android

Haris Discussion - Pada kesempatan kali saya akan coba membagikan tutorial yang dulunya sempat saya pelajari. Autoplay yang dimaksud disini yaitu file musik yang berputar otomatis.

Jika kita mengunjungi suatu website tapi entah kenapa website tersebut langsung memutarkan lagu, padahal kita tidak melakukan apapun.

Tutorial ini saya pelajari karena sedang suka-sukanya mengupload file yang berisi kata-kata motivasi dan dibarengi dengan backsound. Terdapat kendala dibeberapa browser khususnya browser android.

Disini saya mendapat kendala untuk browser Chrome, yap ternyata chrome menerapkan sistem hemat data pagi penggunanya. Supaya lebih irit kuota backsound yang seharusnya berputar secara otomatis tidak berputar ataupun memunculkan pop up untuk dapat diputarkan.

Baca Juga: Cara Unlock MI Akun Xiaomi Jalur Resmi

Setelah mencari kesana kemari, di sebuah forum ternama yakni Stack Overflow disana ada beberapa coder yang membahas persoalan ini, disanalah sumber tutorial ini, sudah lama tutorial ini tapi saya simpan jika suatu saat diperlukan.

Berhubung ngeblog ya dibagikan saja, siapa tahu permasalahannya sama dengan saya, tidak bisa memutarkan backsound secara otomatis di chrome.

Kenapa pop up memutar backsound tidak muncul? Ya karena chrome lebih mengutamakan hemat data bagi usernya.

Langkah - langkah

- Buka Chrome
- Ketik di address bar chrome://flags
- Tap 3 diatas sebelah kanan
- Pilih Cari di halaman
- Ketik Autoplay policy
- Dari Default ubah ke No user gesture is required.
- Restart browser. Done!!

Jika suatu saat ingin mengubah chrome menjadi hemat data lagi tinggal ubah dari No User gesture is required ke Default.

Adapun file yang saya upload dulunya mengenai kata-kata pejuang, hahaha.. silahkan dilihat, oiya ini (file) bukan karya saya sepenuhnya, karena untuk merangkai kata sedemikian rupa bukanlah bidang saya.

List Upload File - Backsound

Pertama.
You Are Not Alone - OCT 15TH, 2017
https://bit.ly/2z1fkYc

Kedua.
Hey You :) - MAR 10TH, 2018
https://bit.ly/35hMUpf

Ketiga.
Rise Up - DEC 18TH, 2018
https://bit.ly/35jw9K3

Ketiga judul file ini mempunyai makna yang cukup dalam saat saya pertama kali membacanya, maka dari itu saya mencoba mengabadikannya dengan membuat sedikit perpaduan kata berjalan seakan mengetik dengan perpaduan music.

Baca Juga: Ngabuburit Ditemani Game Ringan Dari Uc Browser

Sekian postingan mengenai Cara Mengaktifkan AutoPlay di Chrome Android, semoga dapat terpecahkan permasalahannya cuy.

Update

Versi terbaru dari google chrome sudah tidak support untuk menjalankan audio secara otomatis, jika kalian masih menggunakan google chrome versi lawas dapat dipastikan cara diatas masih bisa digunakan. Setelah cari mencari ternyata untuk versi terbarunya sudah tidak disertakan, untuk menjalankan audio harus ada tombol untuk play dan pause. 
Jika ada website yang menjalan audio secara autoplay dengan menggunakan chrome versi terbaru audio tersebut tidak akan berjalan. Browser yang support autoplay untuk android kalian bisa menggunakan mozilla firefox. Biasanya Chrome sudah include dalam apps sistem jadi tidak bisa dihapus tetapi bisa dipaksa hapus. Sekian update terkini mengenai autoplay chrome. 12/03/21.

Ilustrasi: Benjamin Dada
Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.