Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Scan Tulisan Bahasa Arab

Cara OCR Teks bahasa Arab

Haris Discussion - Sebelum lebih jauh menjelaskan cara scan tulisan arab, lebih baik mengenali dulu apa itu OCR? OCR berkepanjangan Optical Character Recognition dalam bahasa Indonesia Pengenalan Karakter Optik.

OCR ini adalah suatu aplikasi yang  dapat mengubah tulisan dalam bentuk gambar, buku, atau apapun yang berupa tulisan dan dapat dibaca untuk diubah menjadi teks yang dapat di sunting oleh komputer maupun handphone.

Nah, disini saya akan membahasnya di handphone khususnya android. Untuk aplikasi android sendiri sangat banyak aplikasi-aplikasi ocr yang bertebaran di google play store tapi setelah mencoba-coba, hanya aplikasi yang work di handphone saya walaupun rating di playstore sangat rendah.

Jika dibandingkan antara aplikasi ini dengan aplikasi lainnya pada ketentuan yang sama yaitu men-scan tulisan arab saja, maka aplikasi terbilang sangat unggul dibanding aplikasi lainnya, karena saya sudah mencoba beberapa aplikasi lain dengan rating di playstore yang rendah juga.

Baca Juga: Cara Unlock MI Akun Xiaomi Jalur Resmi

Berbeda cerita dengan OCR yang dapat membaca tulisan selain arab, seperti bahasa inggris, seperti kita ketahui bahasa inggris baha internasional, ya itu menjadi fokus utama dari developer-developer pembuat aplikasi pengenalan optik. Bahasa Indonesia juga termasuk karena bisa dengan menerapkan metode tulisan latin, yakin dari huruf abjad A sampai Z. Jadi bisa dideteksi dengan baik.

Alasan terciptanya postingan ini, kembali murni karena dulunya saya suka dengan kata-kata arab, terkadang tidak dicantumkan sumbernya membuat saya penasaran dengan sumbernya sekaligus arti dari kata-kata tersebut. Aplikasi ini juga bisa menjadi altenatif disaat ada kawan yang membuat status whatsapp, facebook, instagram atau media sosial yang berbahasa arab namun kita tidak mengetahui artinya.

Caranya screenshot status tersebut lalu masukkan kedalam scan aplikasi ocr yang saya berikan ini. Mudah dan cepat, anti ribet.

Dengan adanya fitur ini kita tidak harus lagi menanyakan kepada orang lain yang terkadang lambat respon, sibuk, mempertanyakan yang seharusnya tidak ditanyakan, seharusnya belajar bahasa arab, dan lain hal. Aplikasi sangat membantu Anda dalam meminimalisir respon yang tidak mengenakkan untuk Anda.

Aplikasi yang dapat men-scan tulisan arab adalah Text Scan Pro (Arabic-Only) - Recognition. Cara mempergunakan aplikasi Text Scan Pro untuk menscan tulisan arab, sebagai berikut.

Langkah-langkah


  1. Install  Text Scan Pro (Arabic-Only) - Recognition. Developernya: Infozone Inc.
  2. Dapat di install melalui Play Store melalui https://play.google.com/store/apps/details?id=kr.infozone.documentrecognition_en
  3. Buka aplikasinya, kemudian klik icon tambah (+)
  4. Untuk sebelah kiri pillh gambar dari gallery dan sebelah kanan untuk pangambilan langsung atau kamera
  5. Pilih gambar yang akan di jadikan tulisan, katanya buku bisa di scan? di foto dulu atuh tulisan bukunya
  6. Tunggu hingga selesai memuatnya dan akan menampilkan hasil scannya

Cara OCR Teks bahasa Arab

Baca Juga: Aplikasi Video Editing Terbaik di Android

Jika sudah termuat hasil scannya, hasil tersebut bisa disalin dan di sunting, seperti ulasan diatas. Jika menyukai kata atau quote bisa mendesign ulang background kata-kata tersebut.

Jangan lupa cantumin sumbernya, ya.. Sekarang lagi maraknya suara anti bajakan, dari segi mana saja terutama internet, suara yang harus di dengarkan dan disuarakan kembali demi hadirnya orang-orang kreatif dengan ide-idenya. Mari mendukung suara-suara anti pembajakan.

Sekian postingan mengenai pembahasan Cara Scan Tulisan Yang Berbahasa Arab, jika bahasa lain, gimana caranya? cari dengan kata kunci OCR Teks di playstore, pasti ketemu. Semoga bermanfaat.

Ilustrasi: Aran Martinez
Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.