Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Shortlink Google, Siapa Penggantinya?

Alternatif Shortlink Goole Terbaik

Haris Discussion - Mengingat dua tahun yang lalu tepat pada tanggal 13 April 2018 google resmi memberhentikan layanan shortlinknya, menurut hemat saya shortlink ini paling simple dari yang lain tanpa harus banyak syarat dan langsung redirect ke alamat link tujuan.

Saya dulu punya keyakinan, jika ada blogger yang menggunakan shortlink ini untuk keperluan blognya, ia termasuk orang yang nggak mau ribet dan nggak nyari keuntungan melalui shortlink bukan berarti dengan menggunakan shortlink yang menghasilkan tidak diperbolehkan ya, hahaha...

Shortlink google sebernarnya tidak sepenuhnya mati tapi digantikan oleh Firebase Dinamic Link, di postingan mendatang akan kita coba bahas, secara singkat saja, ngapain panjang-panjang.

Ada banyak shortlink yang bertebaran di internet, yang paling terkenal ya punya google, banyak juga shortlink lain yang mirip dengan google tapi saya tetap menggunakan punya google dengan dalih google nggak akan tutup shortlink ini, karena butuh backup jika dia mau tutup.

Jika menggunakan shortlink lain takutnya saat websitenya tutup malah nggak ada backup sama sekali ataupun tanpa pemberitahuan.

Baca Juga: Mainkan Game Online Gratis, Alternatif Friv

Seperti kasus hosting Ziddu tempat upload file, udah banyak upload file tapi malah tutup, ada pemberitahuannya emang tapi download ulang dan upload ulang membutuhkan waktu, kuota, lebih-lebih dulunya saya menggunakan laptop yang spesifikasinya rendah, cukup menyulitkan dan beralih ke penyedia layanan upload file terbaru.

Kembali ke topik, short link yang saya maksud adalah bitly, yap shortlink yang sudah populer hampir di semua dikalangan. Shortlink ini sangat mirip dengan shortlinknya google yang membedakannya cuma di alamat websitenya saja, haha.. tapi di bitly ada antivirusnya.

Jika menurut sistemnya alamat yang di pendekkan mengandung hal yang melanggar prosedur shortlink bitly maka akan ada pemberitahuan, jika memang resikonya parah, bitly sama sekali tidak akan memberikan akses redirect terhadap alamat tujuan tersebut.

Tampilan Desktop Bitly



Seperti kita ketahui bitly juga sama dengan beberapa shorlink lainnya yang memberikan gambaran mengenai pengunjung yang mengakses shortlinknya, mulai dari pengunjung yang mengakses, perangkat apa yang mengakses, lokasi, dan total klik.

Baca Juga: IPusnas: Aplikasi Peminjaman Buku Digital, Gratis!

Tampilan Mobile Bitly



Bitly, silahkan sobat daftar jika memerlukan shortlink yang user friendly, semoga dapat memberikan gambaran lebih mengenai shortlink, untuk penggunaan shortlink baik berbayar yang beriklan maupun yang langsung direct tanpa adanya halaman yang menghambatnya itu kembali lagi kepada penyedia link itu sendiri.

Sekian postingan hari ini mengenai Pengganti Shortlink Google, Apa masih ada? User Friendly?. Semoga bermanfaat.
Haris Discussion
Haris Discussion Mahasiswa tingkat akhir.